7 Tips Menulis Artikel Blog Agar Ramai Pembaca

08.01
Bagi sobat semua yang memiliki bisnis online, pastinya juga sering nge-blog (sebuah aktifitas menulis di blog), kehadiran sebuah blog sepertinya sudah menjadi keharusan dalam mendampingi sebuah bisnis online. Tapi kenyataannya menulis sebuah blog bisa menjadi tantangan yang mengasyik kan atau malah membuat penulis blog merasa terintimidasi, nah berikut ini ada 7 Tips Menulis Blog Agar Ramai Pembaca

Baca juga : Dapat uang dari blog.

7-Tips-Menulis-Artikel-Blog-Agar-Ramai-Pembaca
7 Tips Menulis Artikel Blog Agar Ramai Pembaca
Image courtesy of [
Gualberto107
] at FreeDigitalPhotos.net



1. Kunci Utama ada Pada Pemilihan Judul
Coba sobat ingat-ingat, berapa kali sobat membaca artikel hanya karena pemilihan judul yang menarik dan berkesan pada pandangan pertama. Sebuah judul yang menarik adalah kunci utama untuk menarik perhatian orang-orang untuk membaca sebuah artikel dan judul memiliki peranan penting dalam SEO terutama jika anda mencari pengunjung dari search engine, jadi pastikan sobat selalu memilih judul yang tepat, unik dan menarik untuk setiap artikel yang dibuat.

2. Menulislah untuk Pembaca
Nah sob, coba bayangkan jika saja isi blog saya ini semuanya menggunakan kata-kata kiasan seperti pujangga, pasti sangat-sangat "membosan kan". Karenanya saat membuat artikel posisikan diri sobat sebagai pembaca, cek dan ricek kembali apakah pemilihan kata-kata sobat sudah sesingkat dan sejelas mungkin, jangan sampai menggunakan kata-kata yang sulit dimengerti

3. Artikel yang Terstruktur
Saat menulis pergunakan sebuah paragraph pendek, berikan penanda seperti nomor, araupun bullet untuk sedikit memberikan kenyamanan pada mata si pembaca sehingga ada sedikit jeda waktu yang tercipta agar si pembaca blog sobat bisa mengerti isi dari artikel yang sobat buat.

4. Buat Artikel yang Informatif
Apapun artikel yang sobat buat, usahakan tidak kurang dari 300 kata, selain itu usahakan untuk tidak mempromosikan suatu produk tertentu. Isi artikel sobat haruslah bisa memberikan informasi kepada pembaca apapun bentuknya apakah berupa tutorial, tips dan trik, dan lainnya. Sehingga, pembaca akan datang kembali ke blog sobat karena merasa blog sobat itu memiliki info-info yang mereka butuhkan.

5. Arahkan Pembaca
Pada setiap artikel yang sobat buat berikanlah link ke artikel yang lain yang memiliki kaitan dengan artikel yang sedang dibuat seperti yang terlihat di artikel 7 Tips Menulis Blog Agar Ramai Pembaca ini, ada beberapa link yang mengarahkan sobat ke artikel yang lainnya, hal ini bertujuan untuk mengarahkan pembaca, setelah membaca suatu artikel pembaca akan melanjutkan membaca artikel yang lainnya lagi, sehingga waktu kunjungan akan lebih lama dan akan meningkatkan peluang pembaca tersebut untuk datang kembali ke blog sobat.

6. Sertakan Gambar
Ada pepatah yang mengatakan bahwa "Sebuah gambar mewakili ribuan kata-kata", nah sob, dengan menempatkan gambar pada artikel blog sobat akan membuat blog sobat lebih atraktif, tapi ingat jangan terlalu banyak menggunakan gambar karena akan memperlambat waktu akses blog itu sendiri.


7. Penelitian
Untuk setiap artikel yang akan sobat buat, ada baiknya sobat mengadakan penelitian terlebih dahulu, jangan sampai kualitas artikel yang sobat buat bernilai rendah, selain itu juga manfaat dari mengadakan penelitian akan membuat sobat menghasilkan ide baru untuk sebuah artikel yang lainnya, jika sobat kehabisan ide untuk membuat artikel bisa ke sini atau bisa juga ke sini untuk mencari ide artikel yang segar.

Nah sekian dulu 7 Tips Menulis Blog Agar Ramai Pembaca, semoga bisa berguna bagi sobat yang sedang mengawali karir di dunia blogging, tapi harap di ingat, tidak ada yang bisa mengalahkan latihan teratur.





0 Response to "7 Tips Menulis Artikel Blog Agar Ramai Pembaca"

Posting Komentar