10 Sumber Konten Segar Untuk Blog

08.28
Sobat semua, artikel 10 Sumber Konten Segar Untuk Blog ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya, coba sobat tengok berapa lama blog ini tidak di-update, lebih dari 2 bulan. Jujur sob, saya sempat bingung mau nulis apa di blog ini, akhirnya malah bikin blog lain dengan topik yang lain, tapi kemudian bingung kembali mau nulis apa dan akhirnya ditegur oleh seorang senior saya yang baik hati dengan kata-kata sederhana yaitu "Itu sumber bacaan blog baru dari mana, kok bisa bikin blog baru tapi kehabisan ide artikel".
mencari-sumber-ide-untuk-artikel-blog
Mencari sumber ide untuk Artikel Blog
Image courtesy of [
chatchai_stocker.] at FreeDigitalPhotos.net

Eitsss, jangan buru-buru scroll ke bawah langsung mencari tempat-tempat yang jadi sasaran empuk saya dan kawan-kawan seperguruan mencari ide artikel baru, mari kita renungkan kembali arti pentingnya sebuah artikel yang baru dan segar :
  1. Artikel yang baru sangat bagus bagi pertumbuhan sebuah blog terutama membangun para pembaca setia yang merasa artikel sobat berguna bagi mereka.
  2. Setiap artikel baru yang sobat buat akan memperbesar jumlah pengikut blog sobat.
  3. Setiap artikel yang baru dan fresh alias belum ada yang membahas akan memperbesar peluang blog sobat tampil di mana-mana (brand exposure).
  4. Artikel baru yang segar akan sangat bernilai SEO nya terutama jika sobat mengejar pengunjung dari mesin pencari seperti Google.
Nah, sekarang kita lanjutkan dimana 10 Sumber Konten Segar Untuk Blog

1. Pertanyaan dan Jawaban di Forum
Sumber Ide dari Pertanyaan dan Jawaban di Forum
Image courtesy of [
Vlado] at FreeDigitalPhotos.net

Sobat tentunya pasti sudah menjadi member di beberapa forum kan, ide segar bisa sobat dapatkan dari pertanyaan yang sering sekali ditanyakan member di forum tersebut namun jawaban yang ada belum jelas, bahkan banyak member yang hanya menjawab "kebetulan saya juga mengalami masalah ini, semoga yang di bawah saya bisa membantu", jika sobat sanggup menjawab persoalan tersebut dengan detil bukankah itu bisa menjadi sebuah ide segar untuk membuat artikel.

2.Jawaban dari Customer Care
Kebetulan nih sob, saya juga bekerja paruh waktu di beberapa toko online yang belum terkenal, nah sering kali calon pembeli menanyakan hal yang sama berulang dan berulang kali yang kemudian saya buat saja menjadi artikel dengan model tanya jawab.

3. Studi Kasus
Kalau yang satu ini sob, saya sering sekali melihat, banyak orang yang membuat aplikasi seperti vote di sosial media seperti facebook yang berisikan beberapa pertanyaan seperti sebuah survey, nah sering kali hasil survey ini menjadi sebuah artikel yang bertipekan studi kasus. Bahkan dengan mengikuti beberapa survey semacam ini saya dan kawan-kawan malah mencapat beberapa ide segar untuk menulis beberapa artikel.

4. Blogging Tamu / Guest Blogging
Nah sob, tidak ada salahnya menjadi guest blogging, biasanya karena fokus menulis di blog sendiri dengan topik yang itu-itu saja akan menjadikan blog nya monoton, akhirnya malah kehabisan ide menulis, nah jika ada waktu senggang cobalah menulis di blog kawan yang anda kenal, baca-baca beberapa artikel yang mereka buat, semoga ada ide menarik yang terlintas di pikiran untuk memulai menulis artikel lain dengan gaya bahasa yang semakin menarik.

5. Jadi Pembaca Blog Lain.
Kalau sobat sering blogwalking dan kebetulan menemukan beberapa blog yang memiliki bahasan menarik, tidak ada salahnya untuk mendaftar menjadi pembaca blog lain tersebut, dengan harapan salah satu artikel nya bisa menginspirasi sobat untuk membuat artikel.

6. Blogwalking ke situs Social Bookmarking
Setiap harinya situs Social Bookmarking memiliki artikel yang baru dari berbagai website di dunia, cari beberapa artikel yang menurut sobat menarik ataupun artikel lama yang memiliki keyword abadi seperti tutorial, ilmu psikologi dan lainnya, dari beberapa artikel tadi pasti ada beberapa yang bisa menjadi sumber ide untuk sobat.

7. Blogwalking ke Kolom Komentar
Bagi sobat yang memiliki blog yang ramai pengunjung dapat dipastikan melakukan hal ini, setiap pertanyaan pengunjung yang memerlukan jawaban yang panjang dan jelas bisa langsung dibuatkan artikel lengkap dengan gambar, dan sobat cukup memberikan berupa link ke artikel jawaban, untuk yang belum punya komentar banyak bisa mengintip blog lain yang lebih ramai dan jika mau bisa berikan koment ke arah artikel yang berada di blog sobat.

8. Gabung ke Sosial Media
Ide-artikel-baru-dari-social-media-seperti-facebook
Ide artikel baru dari social media seperti facebook
Image courtesy of [jscreationzs] at FreeDigitalPhotos.net

Nah, sobat tentunya punya minimum salah satu akun di media sosial seperti Facebook, Google + ataupun Linkedin dan lainnya, di sosial media tersebut cobalah untuk bergabung dengan grup yang memiliki satu niche dengan blog yang sobat miliki, dengan begitu sobat akan dapat ide artikel baru dengan melihat apa yang orang lain cari dan sering ditanyakan.

9. Topik Cabang
Sobat blogger, coba lihat di dashboard blog sobat, ada berapa artikel sobat yang ramai dengan pengunjung, tidak ada salahnya untuk membuat artikel pelengkap, penunjang atau biasa di sebut dengan artikel cabang. Terkadang artikel cabang ini dibuat untuk lebih memperjelas point-point yang terdapat di artikel utama.

10. Kunjungi Google Trends
Kalau sobat masih belum cukup dengan 9 lokasi yang sering digunakan mencari wejangan di saat sedang kehabisan ide menulis artikel, ada satu lagi yang sering dijadikan andalan yaitu Google Trends, di sana sobat bisa melihat apa yang sering sekali dicari orang-orang di situs pencari google.

Sekian dulu sobat blogers, semoga artikel dari saya ini setidaknya dapat membantu setidaknya bagi saya sendiri sebagai pengingat di saat kehabisan ide untuk artikel selanjutnya maupun untuk sobat yang mampir ke sini untuk mencari ide menulis artikel.

0 Response to "10 Sumber Konten Segar Untuk Blog"

Posting Komentar