Nutrisi Hidroponik AB-Mix

00.57
G-Mix Nutrisi Hidroponik Komunitas Hidroponik Subang
G-Mix Nutrisi Hidroponik Komunitas Hidroponik Subang
Hallo sobat yang nyasar ke blog sederhana milik ane, sebelum mulai membaca artikel menyoal nutrisi Hidroponik, kenapa dinamakan AB-MIX, kenapa menggunakan pupuk anorganik (kimia) sebagai bahan penyusun AB-Mix dan masih banyak kenapa - kenapa lainnya.

Langsung saja kita bahas ya sob, biar ga di bilang berbelat-belit hehehehe ....



  • Pupuk Anorganik Itu Apa Sih ??
Pupuk anorganik, banyak yang menilai pupuk anorganik ini berbahaya bagi manusia karena di samakan secara mentah sebagai pupuk kimia dan lanjutnya semua yang bernama kimia itu berbahaya.

Kita bahas sedikit pengertian dari Kimia, menurut om Wikipedia nih ya sob, "Kimia itu artinya ilmu yang mempelajari susunan, struktur, sifat dan perubahan materi. Dalam hal ini unsur nya ya unsur atom membentuk ikatan, berinteraksi antar zat yang kemudian menghasilkan sifat umum dari materi".

Nah, dari pernyataan tersebut baru kemudian di pecah lagi kedalam praktikal nya sob, ada susunan kimia yang berbahaya bagi manusia dan juga kimia yang tidak berbahaya bagi manusia. Unsur kimia berbahaya sering di sebut racun, nah kalau di dunia tanaman dan serangga sering di sebut "Pestisida".

Contoh unsur kimia yang tidak berbahaya (O2 alias Oksigen, Garam alias Natrium), contoh kimia yang berbahaya bagi manusia (Merkuri dan berbagai nama bahan kimia yang di larang). Lanjuttt ke pupuk ya sob.

G-Mix General Sayur
G-Mix General Sayur
Jadi kesimpulan pertama pupuk anorganik tidak seberbahaya pestisida asal penggunaan sesuai dengan takaran nya, dari namanya sendiri pupuk anorganik tentu bukan berasal dari makhluk hidup, biasanya bahan utama pupuk jenis ini berasal dari alam baik hasil penambangan, sintesa bahan/unsur tertentu dengan bahan lainnya seperti Calcinit (Ca(NO3)2)yang dibentuk dari sintesa batu kapur dengan asam nitrat. 

  • Bahan AB-Mix
Nah setelah tau apa pengertian pupuk An-Organik mari kita bahas soal bahan penyusun nutrisi AB-Mix sob, penasaran kayaknya nih pada pengen ngeracik sendiri wakakakaka.....

Persyaratan utama yang harus dimiliki sebuah pupuk untuk di gunakan sebagai nutrisi AB-Mix yaitu :
  1. Larut 100% di air, Ini adalah persyaratan paling utama, perbedaan dengan pupuk di tanah adalah kemampuan cepat larut yang dimiliki bahan penyusun nutrisi AB-Mix.
  2. Penyediaan makanan untuk tanaman (nutrisi) sudah berupa ion baik + ataupun - ya sob, karena media yang digunakan yaitu air akan sangat minim sekali menunjang hidup bakteri pengurai.
  3. Sejauh ini sudah diketahui 17 macam (beberapa sudah ada di alam secara gratis) dari 17 unsur tadi hanya ada 12 unsur yang harus kita lengkapi sebagai penyusun bahan makanan tanaman agar tanaman kita sehat dan subur.

Sekarang ini buanyak sekali sob merk nutrisi AB-Mix yang sudah di racik oleh formulator yang beredar di pasar bebas baik secara offline maupun online, biasanya AB-Mix ini di racik oleh anggota komunitas yang biasanya hanya di edarkan di komunitas mereka sendiri karena terkait regulasi peredaran pupuk.


  • Ngeracik AB-Mix Yu sob
Kita bahas sedikit secara globalan bahan bahan AB-Mix yang banyak di pakai di itu apa saja sih, sebagai catatan merk dagang bisa bervariasi ya sob, yang penting larut mendekati 98% lah udah top markotop :
  1. Calcinit (Ca(NO3)2) mengandung Calcium dan Nitrat.
  2. Kalium Nitrat (KNO3) mengandung Kalium dan Nitrat.
  3. MKP (Mono Kalium Phosphate) KH2PO4 mengandung Phosphate dan Kalium
  4. ZK (KH2PO4) mengandung Kalium dan Sulfur.
  5. ZA ((NH4)2SO4) mengandung Nitrogen dalam bentuk Nh4 dan Sulfur.
  6. Garam Inggris / Epsom Salt (MgSO4) mengandung Magnesium dan Sulfur.
  7. Micro Complex (mengandung unsur micro lengkap) contoh saja Librel BMX, VitaFlex dll.

Nah udah tau kan bahan yang lumayan mudah di dapat di pasaran, akan tetapi dosis atau takaran yang di konsumsi tanaman haruslah cukup dan tidak berlebihan atau tanaman akan tidak subur, biasanya tanaman akan menunjukkan gejala kelebihan/kekurangan unsur dari berbagai bentuk dan warna daun nya (tidak normal).

Nah membahas takaran nya nih, akan saya buatkan Videonya dulu ya sob, moga moga 2-3 hari kedepan akan jadi tutorial menimbang bahan baku AB-Mix dengan 7 Bahan Utama dengan software HydroBuddy sebagai kalkulator nya.


Untuk yang ga mau repot nimbang, beli bahan dan lain nya bisa langsung order aja di sini
G-Mix General Sayur
G-Mix General Sayur
Hasil Tanaman Dengan Nutrisi AB-Mix G-Mix sob di sini dan di sini

0 Response to "Nutrisi Hidroponik AB-Mix"

Posting Komentar