Meracik nutrisi Hidroponik AB-MIX dengan HydroBuddy Part. 2

18.00
Artikel ini adalah kelanjutan dari Meracik Nutrisi ABMIX dengan Hydrobuddy Part 1. Yang sebelumnya telah membahas beberapa hal mengenai Hydrobuddy. Langsung saja ya sob.

2. Select Formulation DB


Perhatikan gambar di bawah ini ya sob, kali ini kita akan memilik formula untuk lettuce yang diberi nama Tropical Lettuce di daftar formula yang terdapat di dalam HydroBuddy.



Alasan mengapa memilih tropical lettuce karena iklim negara kita tropis dan semoga saja hasil racikan nya tidak mengecewakan atau setidaknya diperlukan hanya sedikit penyesuaian saja.



Di bawah ini adalah daftar formula yang digunakan untuk meracik nutrisi selada tropis yang ada di HydroBuddy.


3. Volume Nutrisi

Lalu volume target kita rubah ke 1000 liter atau untuk membuat pekatan 5 liter. Concentration unit menggunakan PPM dan Mass units menggunakan Grams.

  • Jika sobat hendak membuat pekatan 1 liter masukkan 200 liter ke dalam kolom volume.
  • Jika sobat hendak membuat pekatan 0.5 liter masukkan 100 liter ke dalam kolom volume.


4. Carry Out Calculation

Jika sobat sudah selesai menginputkan data sesuai database yang dimiliki, sobat bisa lanjut dengan klik carry calculation.

Jika ada pemberitahuan seperti di bawah ini, artinya ada bahan yang tidak digunakan untuk perhitungan. Dalam artikel ini yang tidak digunakan adalah ZA. Hal ini karena NH4+ tidak digunakan pada formula tersebut.


Perhatikan gambar berikut dimana nilai dari NH4+ bernilai 0
Perhatikan gambar berikut dimana nilai dari NH4+ bernilai 0


Jika tidak ada masalah maka HydroBuddy akan menampilkan hasil seperti berikut.


Jika sudah selesai, maka klik tab Results untuk mendapatkan hasil perhitungan dalam bentuk gram.


Dibawah ini adalah tampilan tab Result. Di halaman ini sobat bisa mendapatkan bobot dari setiap bahan yang digunakan untuk menyusun formula nutrisi hidroponik. Sobat bisa langsung menyiapkan timbangan untuk menimbang setiap bahan yang di gunakan satu-persatu.



Di halaman yang sama, sobat bisa melihat biaya di Total Cost dan EC yang dihasilkan dari 1000 liter tadi.

Untuk mengetahui Analisis Rasio Nutrisi yang sobat buat bisa didapatkan dengan mengklik nutrient analysis.

Pastinya sobat sering dengan istilah NPK, N untuk Nitrogen, P untuk Phosphat dan K untuk Kalium. Di menu nutrient analysis ini sobat bisa mendapatkan informasi berapa sih perbandingan NPK dari ABMIX yang sobat buat.

Nah, setelah sobat mendapatkan hasil gram dan biaya untuk meracik nutrisi, sobat tinggal siapkan timbangan digital untuk memulai menimbang komponen nutrisi yang diperlukan. 1 per satu.





1 Response to "Meracik nutrisi Hidroponik AB-MIX dengan HydroBuddy Part. 2"

  1. Terimakasih artikel yg sangat membantu dalam memahami penggunaan aplikasi hydrobuddy..

    Saya mau tanya ma, yg bagian volume nutrisi. Disitu tertulis "volume target kita rubah ke 1000 liter atau untuk membuat pekatan 5 liter" terus kalo pekatannya 1 liter rubah ke 200 liter.
    Itu maksudnya gimana ya mas? Terimakasih sekali lagi

    BalasHapus