Bisnis WIFI Rumahan Dengan Mikrotik Sebagai Billing Hotspot Bag 1

Berikut ini adalah konfigurasi sederhana yang sudah cukup digunakan untuk membuat sebuah warnet lengkap dengan bisnis wifi hotspot nya. sebagai pelengkap artikel membuat bisnis wifi rumahan dengan modal 2 juta saja. Untuk settingan yang lebih kompleks akan saya coba uraikan di lain waktu.

Baca : "bisnis wifi rt rw" dengan modal 2 Juta

Sebelum memulai membaca dan menerapkan artikel "cara membuat rt rw net" berikut di Mikrotik sobat, sebaiknya lakukan backup settingan terlebih dahulu dan juga siapkan beberapa cemilan dan segelas kopi. Jika sesajen kopi nya sudah siap mari kita mulai untuk mensetting mikrotik sebagai billing wifi .

Jika sobat sudah bisa setting mikrotik rb750 untuk rt rw net, monggo di lanjut ke artikel berikutnya Bisnis WIFI rumahan dengan mikrotik sebagai billing hotspot bagian 2 untuk langsung ke setting hotspot nya.

I. Winbox
Sebelum memulai setting basic agar mikrotik dapat dipergunakan silahkan download terlebih dahulu winbox di http://mikrotik.co.id/download.php



Download WInbox-2.2.18.exe, banyak orang yang menggunakan command line interface (CLI) untuk melakukan setting mikrotiknya namun bagi saya kehadiran Winbox ini sangatlah penting karena dapat mempermudah pekerjaan kedepan nya ditambah saya tidak terlalu hapal dengan Command Line Setting basic mikrotik, sebelum memulai setting dengan Winbox pastikan mikrotik telah terhubung ke Lan computer/laptop sobat.

Sobat bisa langsung menghubungkan Mikrotik port 1 ke port LAN di mainboard sobat ataupun melalui sebuah HUB, kemudian jalankan winbox yang telah di download :


Klik di run dan jika ada peringatan dari firewall pilih ijinkan saja (allowed) sehingga tampilan menjadi seperti ini :

Untuk selanjutnya klik tombol yang telah dilingkari dengan kotak biru,




Jika mikrotik yang dipergunakan baru atau telah di reset sebelum sobat pergunakan maka di kolom IP Address akan kosong (0.0.0.0) oleh karena itu kita akan melakukan koneksi melalui Mac Address, keuntungan melakukan koneksi ke Mikrotik melalui Mac Address adalah tidak diperlukan lagi melakukan perubahan IP address computer/laptop sobat untuk memulai proses penyetingan.


Setelah memilih Mac Address klik connect untuk memulai penyambungan koneksi, winbox akan mendownload file file settingan dari dalam mikrotik, harap tunggu sebentar sehingga mikrotik akan tampil seperti ini.


Setelah tampil seperti tampilan diatas, silahkan klik interface untuk memulai pemberian IP Address :

Nah, perhatikan di menu interface list, ether1 memiliki traffic ditandai dengan 26.3 kbps, itu berarti computer anda terkoneksi dengan mikrotik melalui ether0, sekarang lanjutkan dengan klik 2x pada ether0 untuk memulai memberikan memberi nama ether1 yang nantinya akan digunakan sebagai LAN/WAN sesuai kebutuhan.
Untuk settingan, saya pergunakan sebagai berikut :
  1. Ether1 saya pergunakan untuk port dari WAN (Wide Access Network) alias inputan dari modem, IP nya saya set menjadi 192.168.1.2 dan untuk informasi ip modem saya 192.168.1.250.
  2. Ether2 saya gunakan untuk port ke LAN (Local Area Network) atau output menuju HUB yang terhubung ke warnet saya, IP nya saya set menjadi 192.168.2.254, saya sengaja pergunakan IP yang jauh karena IP 192.168.2.1 saya pergunakan untuk client warnet (PC no. 1), agar mudah di ingat.
  3. Ether3 saya gunakan untuk port ke WLAN (Wireless Local Area Network), saya membuka usaha Wifi Hotspot untuk tetangga sekitar rumah. Baca Membuka Usaha Wifi Hotspot Rumahan, IP yang digunakan 10.5.50.1 (IP ini mungkin susah di ingat, tapi ini adalah IP default untuk settinga Wifi Hotspot Rumahan. 
  4. Ether4 dan ether5 sejauh ini masih kosong, belum dipergunakan untuk apa apa.


II. Penamaan Interface
Kita mulai penamaan interface, klik 2x pada ether0 dan pada tab general berikan nama 1WAN, sebenarnya bisa saja diberikan nama hanya WAN, angka 1 di sana hanya bertujuan untuk memudahkan urutan saja, agar tidak salah pasang kabel sesuai peruntukan nya.



Untuk setingan lainnya tidak perlu diubah, cukup Name saja sesuaikan dengan kebutuhan, lalu tekan OK, dan lanjutkan penamaan ether2 dengan 2LAN dan 3WIFI.

III. Pemberian IP Address
Penamaan IP Address bisa diakses dari menu IP -> Addresses seperti  pada gambar di bawah ini


Dimulai dengan pemberian IP Address pada 1WAN, 2LAN dan 3WIFI, sesuaikan dengan data yang telah ditentukan sebelumnya, dan pastikan interface nya sesuai dengan IP yang diinginkan.

1. Pada kolom Address untuk interface 1WAN di isikan data :
  • Address : 192.168.1.2/24
  • Network : 192.168.1.0
  • Interface : 1WAN.

2. Pada kolom Address untuk interface 2LAN di isikan data :
  • Address : 192.168.2.254/24
  • Network : 192.168.2.0
  • Interface : 2LAN.

3. Pada kolom Address untuk interface 3WIFI di isikan data :
  • Address : 10.5.50.1/24
  • Network : 10.5.50.0
  • Interface : 3WIFI.

Perhatikan gambar di bawah ini untuk pengisian data IP Address nya:



IV. Setting Routes
Setelah pemberian address pada semua port yang diperlukan, selanjutnya setting routes, bagi saya pribadi, routes berfungsi untuk mengarahkan, arah masuk dan keluar data dari jaringan ke mikrotik dan kemudian ke modem.
Untuk membuka aplikasi Routes, klik IP dan kemudian cari Routes di bagian bawah pop-up menu nya, seperti gambar berikut :


Akan muncul jendela seperti berikut ini, isikan sesuai dengan data yang diperlukan, klik pada nilai paling atas dan isikan data berikut :
  1. Dst. Address : 0.0.0.0/0, ini artinya semua tujuan masuk dan keluar akan di ijinkan lewat, jika hanya di isikan ip tertentu maka hanya ip tertentu itu saja yang bisa berkomunikasi.
  2. Gateway, isikan IP Modem anda, nah kalau ip modem saya adalah 192.168.1.250, jadi gateway nya saya isi ip modem 192.168.1.250.
  3. Data lain usahakan tidak di rubah rubah.


V. DNS
Untuk selanjutnya settingan DNS, klik menu IP dan cari sub-menu DNS di pop up menu nya, DNS yang saya pergunakan ada 2, yaitu DNS google dan DNS milik Telkom :
  1. DNS Google : 8.8.8.8 dan 4.4.8.8
  2. DNS Telkom : 222.124.204.34 dan 202.134.2.5

Jika sobat ingin menambahkan DNS lainya, bisa dengan cara klik panah hitam kearah bawah yang ditandai dengan kotak biru yang ada disebelah kanan DNS ke satu. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :


VI. NAT
Sampai langkah diatas seharusnya mikrotik anda sudah bisa terkoneksi dengan internet, tapi jaringan 2LAN dan 3WIFI masih belum bisa, untuk itu diperlukan langkah untuk setting NAT pada mikrotik.
Menu Nat dapat ditemukan pada IP  dan pilih submenu Firewall, pilih tab NAT dan klik tanda “+”, lalu isikan dengan data yang di gambar berikut:


Pada tab General isikan data berikut :
  1. Chain L srcnat
  2. Src. Address : 192.168.2.0/24
  3. Out. Interface : 1WAN


Lanjutkan ke Tab Action  dan isikan data berikut :
  1. Action : masquerade

  
Sampai di sana seharusnya 1LAN anda sudah bisa untuk tersambung ke Internet, sekarang pasang kabel jaringan sesuai dengan urutan port yang telah disiapkan :
  1. Port 1 untuk Kabel dari Modem
  2. Port 2 untuk kabel dari HUB
  3. Port 3 untuk kabel menuju Access Point (WiFi) 

Lalu, setting IP computer anda sesuai dengan class IP LAN yang ada, seperti yang sudah dijelaskan diatas IP Lan adalah 192.168.2.254 maka, pergunakan IP kosong seperti berikut :
  1. IP : 192.168.2.251 -> anda bisa menggunakan IP dari range 192.168.2.1 sampai 192.168.2.253
  2. Subnet Mask : 255.255.255.0.
  3. Gateway : 192.168.2.254 <- IP Lan Mikrotik ether2 atau yang telah direname menjadi 2LAN.
  4. DNS1 : 8.8.8.8
  5. DNS2 : 4.4.8.8


Sekian dulu cara konfigurasi awal billing hotspot pada mikrotik RB750GL dan jaringan LAN anda bisa terhubung ke Internet.

Tutorial ini di pecah jadi 3 Bagian, agar tidak lelah bacanya :

2. Bagaimana kita menginstall Userman karena pada default tidak ada paket userman dan juga
3. Setting hotspot mikrotik dengan radius, panduan lengkap beserta gambar

Baca juga tulisan menarik lainnya

39 Responses to "Bisnis WIFI Rumahan Dengan Mikrotik Sebagai Billing Hotspot Bag 1"

  1. Selamat malam mas assalamualaikum...
    Mas sy andre dijambi,ada rencana mo membuat usaha wifi rt/rw perumahan...sy ngk tahu apa aja yg harus sy beli...untuk jaringan utama akses intrnet nya dari modem wifi smart apa aja alat yg dibutuhkan...tolong mas contak sy via bbm mas..maklum mas sy kirang mengerti tentang it.bbm my5B55C808

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah saya add, nama saya guntur pak.

      Hapus
    2. Siang pak guntur perkenalkan sy andre domisi di jambi jauh dari kotanya..maaf pak menggangu sy mau saran nya dari bpk apa saja bahan yg diperlukan untuk usaha yg baru akan sy buka yaitu jasa wifi untuk seputaran perumahan,karna sy baru kali ini mo mencoba bisnis tsb.bahan yg akan sy urutkan apakah bisa
      1.modem smart suport wifi bukan usb
      2.TP-Link TL-WA7210N
      3.laptop
      Apakah alat tsb bisa dan apakah bisa dikontrol untuk semua clean yg memakai jasa kita dan gmna cara buat vocer nya apakah butuh alat lain..mohon pengajarannya pak..terima kasih

      Hapus
    3. 1.modem smart suport wifi bukan usb << ini yang tipe mifi bukan pak, kalau bisa setting nya sih bisa aja pak, gak masalah
      2.TP-Link TL-WA7210N, ini bisa tapi kalau untuk outdoor biasanya temen saya di modif lagi dan jarak nya tidak terlalu jauh, saran saya sih cari yang outdoor dan sudah support POE (jadi listrik bisa dialirkan lewat kabel lan)
      3.laptop - ini sebagai alat untuk setting dan print voucher aja kan pak, bisa kalau gitu... add bbm saya ya pak (59A85C22 aku ajarin sebisa saya, dan kalau mau foto2 dan settingan ada semua nih, asal saya waktu senggang dan bisa pasti saya bantu.

      Hapus
    4. Lumayan dapat pencerahan.
      Saya add bbm bapak ya.

      Terima kasih pak.

      Salam,
      Sulistyo

      Hapus
  2. Balasan
    1. purwadadi subang, jawa barat pak. add aja bbm saya kalau butuh bantuan. selama saya bisa bantu saya bantu pak.

      Hapus
    2. pa guntur tolong di add pin bb saya saya dari pusakanagara subang 7BDA67AE

      Hapus
  3. selamat siang mas guntur, tolong add pin bbm saya 5d5ab067, sya mau tanya tanya tentang artikel ini, kebetulan saya mau membuat jaringan rt rw net, tapi masih awam tentang setting nya..

    BalasHapus
  4. iya mas blognya sangat bermanfaat akhirnya saya bisa mulai mengerti masalah mikrotik dan pembuatan billing cuman ad sebgian kecil yang menjaggal di kepala saya mislkan bapak berkenan mohon add saya juga fia BBM id : 5F3F180D

    BalasHapus
  5. mas, saya hanya punya laptop , apakah bisa mengendalikan semuanya tanpa pc? karena bayangan saya kan itu WIFI , bisakah memonitor semuanya
    terimakasih

    BalasHapus
  6. apakah selain mikrotik,masih ada alat yang dibituhkan untuk membuat billing hotspot??

    BalasHapus
  7. mas, pas ahir taun kemarin teman sempat kasih ide buat bisnis kek beginian, sempat tertarik juga meski sadar ribetnya karna ga paham sistem jaringan, makasih mas infonya, sayang kita beda kota yah, jadinya nimba ilmu via baca blog ini aja..

    BalasHapus
  8. Slmt malam pak guntur.saya ryan dari nganjuk.membaca artikel bpk tentang usaha wifi sangat menarik.mohon bimbingannya pak saya juga ada rencana memulai bisnis ini,tapi masih bingung memulai drmana..utk pin bpk sdh saya add..mohon diterima.jika blm msk ini pin saya 56F85B77.trims

    BalasHapus
  9. bagus artikelnya bro, ditunggu artikel selanjutnya by http://bisnisonlineusaharumahan.com/tips-cara-berbisnis-yang-benar/

    BalasHapus
  10. Add bbm saya mas 5FB402CD.. saya orng sulawesi mau bangun usaha wifi rt/rw.. butuh ajaran dari mas guntur. Tq

    BalasHapus
  11. gan kebetulan ane mau bisnis wifi rumahan juga nih, prangkat ane udh lengkap cm yg kerang microtik aja, ane mau minta tolong agan, ntr via email aja utk pin bbm nya

    BalasHapus
  12. Malam pak,Kalo boleh minta no teleponnya pak,saya butuh Jasa Bapak dalam membangun usaha RT RW NET di kampung saya.

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum pa Guntur,
    Sy jg btuh ilmu bpk,
    Tolong add ya; D2EB515F, TRIms.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikutin aja tutorialnya pak. kalau buntu mangga di sharing di sini. saya coba bantu solusinya. biar yang lain juga bisa baca baca pengalaman kita kita

      Hapus
  14. malam pak guntur , blog bapak sudah masuk ke bookmark saya, hehe, salam kenal saya fajar dari bengkulu. mohon arahan dan bimbingannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal pak, makasih kunjungannya.

      Hapus
  15. assalamualaikum mas ,,, saya juga mau ini mas gmna mas, saya udah psang indi home untuk modemnya ,,,rencana mau buat mikrotik untuk billing hotspotnya ,,mohon pencerahannya mas,,,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam pak, perkiraan untuk berapa user, kalau masih awal mending beli yang seri terkecil seperti RB-750G, bekas juga gak masalah asal masih berfungsi normal dan semua port nya nyala.

      Hapus
    2. mas ada no hp nya kah ato WA dan PIN BB biar lebih enak belajarnya maklum newbie mas

      Hapus
    3. sementara ini gak megang hp pak hehehe..

      Hapus
    4. untuk sekitar 30 user sekarang pak, jadi alat apa aj yang saya butuhkan, mohon sarannya

      Hapus
    5. 1. mikrotik rb750 sudah lebih dari cukup, asal tidak terlalu banyak filter seperti layer7 untuk memblokir situs tertentu sehingga meringankan penggunaan processor dan ram mikrotik.
      2. PC / Laptop / Netbook untuk manage dan membuat user di userman mikrotik, lalu kabel lan sekitar 20-30 meter sesuai kebutuhan saja.
      3. Hub 5 port sudah lebih dari cukup untuk koneksi dari mikrotik ke pc.
      4. Access point, kalau digunakan di indoor seperti cafe, bisa membeli produk D-Link seperti seri DIR-600, saya menggunakan alat ini untuk lebih dari 30 mini PC. Kalau outdoor saya sarankan membeli Access point yang khusus outdoor, seperti Nano Station dari Ubiquity + beli antena omni sekalian agar radius bisa 360 derajat dan bisa lebih jauh jaraknya.
      5. Printer (optional) hanya untuk mencetak voucher saja, jika tidak ada tidak apa-apa, username dan password bisa di buat manual jika ada request dari user.
      6. Antena bisa dari Besi atau bambu, terserah, hanya sedikit saran dari saya jika menggunakan antena besi, sebaiknya bagian yang menempel dengan access point atau antena diberi isolasi agar tidak terjadi kontak langsung dengan besi, menghindari petir.

      Untuk harga silahkan cek sendiri ya pak.

      Hapus
    6. saya sangat tertarik bisnis ini tolong di kirim nomor hpnya ke email saya..fhiank87@gmail.com

      Hapus
  16. Assalamualaikum pak guntur, add pin bb sy ya pak 56ae87d9 atw hp sy 085362594161
    Sy mw memulainya pak tp blm cukup ilmu, mohon bimbingannya ya pak. Terima kasih

    BalasHapus
  17. maaf mas guntur kalo rb750 kan ada seri belakang y tuh... itu perbedaan y apa ya? trus antara wa5210 sama wa7210 mending mana ya? trims sebelum y

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbedaan seri RB750XXX (anggap XXX itu seri nya seperti RB750UPr2, RB750Gr3, RB750GL, itu perbedaan di architecture, processor dan ram saja pak, misal
      - RB750GL (proc nya AR7242 400MHz, Ram 64 MB, Memori NAND 64 MB, achitecture nya MIPS-BE)
      - RB750Gr3 (proc nya MT7621A 2 Core 4 thr 880Mhz, Ram 256, Memori NAND 16 MB, Architecture MMIPS)

      Kalau di lihat dari kedua nya, processor dan ram Gr3 lebih unggul, jadi bisa support ke lebih banyak user, mungkin bisa sampai ke 100 user.

      Kalau informasi WA5210 vs WA7210 sih ya pak, saya milih WA7210, karena WA7210 merupakan seri perbaikan dari WA5210, salah satunya cacat pada antena external WA5210 yang kalau di pasang antena external pasti jeblok si db antena nya, lebih jelek dari antena built in nya, jadi harus di modif lagi, bongkar dan rusak segel garansi.

      Hapus
  18. mohon bantuannya ya Pak Guntur,,,
    ini saya lagi proses pemasangan indihome...
    terus terang saya awam dalam hal ini, sekali mohon bimbingannya.. ini no saya 082135023228

    BalasHapus
  19. Sy minat usaha ini..
    Baru saja sy pasang indihome
    10mbps.

    Pertanyaan sy ...
    Apa saja yg harus sy tambah/beli.
    Dan apa yg harus sy lakukan.
    Sy msh awam tentang internet.. apalagi ada tambahan alat yg lain.
    Mohon pencerahannya via
    Email: jimmihendrik@yahoo.co.id
    Atau WA. 081933171448

    BalasHapus
  20. Oya dimana ya link nya untuk download PDF nya...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://celuks.blogspot.com/2016/10/bisnis-wifi-rumahan-dengan-mikrotik_28.html

      Hapus