Membuat perangkap lalat buah dengan Petrogenol

18.00
Celuks - Seperti yang sobat dapat lihat di beberapa postingan akhir-akhir ini. Saya sedang keranjingan dengan tanaman tambulampot terutama pohon Tin. Namun di saat musim penghujan sekarang ini pohon tin saya terserang lalat buah. Banyak buah yang busuk sehingga tidak dapat di konsumsi.

Akhirnya setelah mencari solusi ke sana kemari, ketemu juga dengan perangkap lalat buah petrogenol. Petrogenol memiliki aroma khas yang dapat mengundang lalat jantan. Dengan dibuatnya perangkap seperti ini maka lalat jantan akan mendatangi dan masuk ke botol. Tapi tidak bisa keluar dari botol hingga mati di dalam nya.

Perangkap lalat buah
Perangkap lalat buah



Nah langsung saja ga pakai ba-bi-bu, beberapa hari kemaren saya langsung membuat nya, dan saya abadikan dengan foto yang dapat membantu sobat yang mengalami masalah yang serupa dengan saya.

Bahan Bahan yang perlu di siapkan adalah :


1. Botol bekas / toples bekas. Disarankan pakai toples, berhubung toples nya terpakai semua sama istri jadi pakai botol bekas air mineral sob.


2. Tisu/ Kapas. Guna nya benda ini adalah untuk menuangkan petrogenol, tisu / kapas ini adalah inti dari perangkap lalat buah yang akan kita buat.

Petrogenol untuk Perangkap lalat buah
Petrogenol untuk Perangkap lalat buah

3. Kawat. Di sini saya menggunakan kawat kaku yang biasa digunakan untuk antena TV (kawat lain bisa lho ya sob).



4. Tang. Tang gunanya untuk membentuk kawat sesuai keinginan kita ya sob.



5. Suntikan (optional). Saya pergunakan suntikan bekas (minta dari klinik di pabrik hehehehe), untuk mengambil petrogenol sebanyak 0.5 ml dan memasukkan nya ke kapas.





6. Lem bakar. Lem bakar ini murah kok paling 2000 an di toko elektronik sob.




7. Petrogenol (murah kok sob, di bawah 10 rebu an per botol).


Petrogenol untuk Perangkap lalat buah
Petrogenol untuk Perangkap lalat buah




Proses Pembuatan Perangkap Lalat Buah:


1. Kita ukur dulu kawat sekiranya sampai di tengah botol.



2. Masukkan satu ujung kawat ke dalam tutup botol, dan kemudian bentuk kawat sedemikian rupa agar dapat digantungkan di kayu / paku atau benda lainnya.


3. Lilitkan kapas di ujung kawat yang nantinya diletakkan ke dalam botol


4. Jangan lupa ya sob, biar kawat tidak turun naik. Di lem dulu ujung yang di tutup botol nya seperti gambar di bawah ini. Saya lem dari atas dan dalam botol sekalian.




5. Lalu pada dinding botol di buat 2-4 lubang yang berukuran cukup untuk dimasuki lalat buah sob. 



6. Langkah terakhirnya kita akan menuangkan petrogenol ke kapas dengan bantuan suntikan (saya memberikan 0.5 ml petrogenol ke dalam kapas.


7. Lalu pasang kembali tutup ke dalam botol nya dan perangkap petrogenol sudah siap dan segera kita pasang sob ...




Baru saja perangkap selesai di pasang di lokasi di kebun tin. Botol petrogenol nya sudah di kerumuni lalat buah jantan sob. Muantab dah pokoke.






8. Pemasangan Perangkap. Perangkap petrogenol ini jangan diletakkan di dekat dengan pohon buah nya ya sob. Untuk keperluan foto maka saya abadikan di dekat tanaman tin yang sedang berbuah. Aslinya ada jarak antara 2-3 meter an dari pohon terujung di koleksi saya.

Silahkan lihat beberapa foto di bawah ini mengenai hasil dan kesaktian dari perangkap petrogenol yang baru beberapa menit di pasang di koleksi tambulampot tin saya. 


Petrogenol untuk Perangkap lalat buah
Petrogenol untuk Perangkap lalat buah

0 Response to "Membuat perangkap lalat buah dengan Petrogenol"

Posting Komentar