Pohon Tin Iraqi - Si Buah Manis dari Irak

21.18
Tin Varian Iraqi yang saya beli beberapa bulan lalu kini mulai bisa di panen buah nya, dengan pertumbuhan yang tergolong cepat dan juga setiap tumbuh kembang nya selalu di dampingi buah membuat hati ini senang setiap menyiram tin ini.

Iraqi Figs

Tin Iraqi sendiri bukan lah tin yang "sebenarnya". Tin yang sebenarnya dipercaya memiliki berbagai khasiat bernama latin Ficus Carica, sedangkan Iraqi yang memiliki tingkat pertumbuhan cepat dan termasuk dalam jenis pohon tin yang rajin mudah berbuah ini bernama latin Ficus Palmata.

Tin-Iraqi-Ficus-Palmata
Tin Iraqi - Ficus Palmata
Walaupun di bilang Tin Iraqi ini bukanlah Tin yang "sebenarnya" akan tetapi rasa manis dari buah tin yang satu ini terbilang sangat manis, seperti buah madu di saat buah nya sudah berubah warna menjadi hitam di semua bagian buah nya.

Ficus Palmata

Ficus Palmata atau yang dikenal luas di Indonesia dengan nama Tin Iraqi memiliki beberapa kebihan yang saya rasa cocok untuk dimilik baik pemula atau pun yang sudah terbiasa menanam pohon tin. Diantaranya adalah, pertumbuhan yang cepat, lebih mudah tumbuh akar (jika menanam dari cuttingan), dan mudah berbuah, dalam waktu 3 bulan dari turun cangkok saja Iraqi ini sudah mulai belajar berbuah.

Buah tin Iraqi memiliki warna hitam saat sudah matang nya, memiliki warna di bagian dalam kuning ke emasan dan cenderung berair, untuk rasa tentu saja sangat manis menurut standard saya. Untuk daun nya sendiri tidak banyak perbedaan dengan daun tin varian laindalam hal texture, namun dari segi bentuk sangat berbeda dengan kebanyakan tin.

Daun Tin Iraqi memiliki ukuran yang besar, lebih besar dari ukuran telapak tangan orang dewasa, daun nya tidak menjari seperti kebanyakan daun tin yang lain, mirip dengan Tin Purple Jordan.

Untuk pemupukan nya sendiri saya menggabungkan 2 macam pupuk, organik dan anorganik, pupuk organik yang saya pakai terbuat dari air lindi dari sisa sampah dapur di komposter yang saya buat beberapa waktu lalu, terkadang juga saya benamkan cacahan krokot merah yang memiliki kandungan tinggi K dan N sehingga cocok untuk pertumbuhan tanaman baik daun, ranting dan juga buah. Untuk pupuk susulan saya juga menggunakan campuran dari Urea + KCL dan TSP dengan perbandingan 15:20:50 untuk menunjang buah dan juga pertumbuhan daun dan batang.

Untuk media tanam seperti biasa saya mencampurkan 3 bagian sekam bakar + 1 bagian tanah + 1 bagian pupuk kandang (kohe domba). Untuk merawat buah tin / ara ini sebenarnya cukup mudah, mulai dari membuangi daun daun yang sudah tua (menguning), membuangi tanaman lain yang ada di dalam pot / sekitar tanah nya, hingga menyemprotkan pestisida baik organik / sintetis (kimia) secara rutin untuk mencegah hama. Pada saat artikel ini di tulis harga tanaman buah tin berjenis Iraqi ini masih berkisar 100 - 250 ribu tergantung ukuran dan usia, sedangkan untuk buah nya sendiri saya kurang begitu tahu karena begitu mendengar tin ini bukan lah berjenis dari Ficus Carica saya sendiri jadi tidak berniat menjual buah nya karena di khawatirkan memiliki kandungan dan khasiat yang leih sedikit dari Ficus Carica.

Penampakan Buah Tin Iraqi

Berikut adalah video penampakan dari Buah Tin Iraqi yang saya miliki, Iraqi ini di tahun 2015-2017 sempat fenomenal hingga harga nya mencapai jutaan rupiah, namun sekarang sudah turun hingga 100 ribuan saja untuk bibit.



Salah satu cara perbanyakan Pohon tin adalah dengan mencangkok, panduan nya bisa di lihat di artikel cara mencangkok pohon tin dengan kerat.

Sekian dulu artikel kali ini mengenai tanaman tin Iraqi, sampai jumpa pada artikel lainnya sob.

Jangan lupa subscribe di channel Youtube kami di Guntur Tutorial Channel untuk dapat menyaksikan tutorial kami dalam bentuk video.

0 Response to "Pohon Tin Iraqi - Si Buah Manis dari Irak"

Posting Komentar