Kiat Memulai Usaha RT-RW Net Bermodal 2 Juta Saja

Salam jumpa sobat blogging yang berkeinginan membuka bisnis wifi rumahan dengan modal kecil, di artikel kali ini saya akan sharing pengetahuan saya dalam menjalankan bisnis RT-RW Net yang semuanya dirangkum dalam artikel Kiat Memulai Usaha RT-RW Net Bermodal 2 Juta Saja bahkan kurang, usaha sampingan ini sudah berjalan lebih dari 2 tahun di komplek perumahan tempat saya tinggal dan juga sobat bisa menggunakannya untuk WiFi hotspot di tempat usaha sobat.

Beberapa waktu lalu ada teman yang menanyakan berapa sih "biaya buka wifi buat bisnis" , berapa modal membuka "bisnis wifi rt rw net", lalu saya jawab apa adanya saja, asal membuka usaha ini hanya 2 juta kurang untuk memulai bisnis hotspot berbayar,

Dari obrolan singkat tadi berujung pembuatan WiFi hotspot di area rumah makan yang beliau miliki, berbekal pengetahuan ala kadarnya dari percobaan membuat hotspot yang ada di rumah sendiri, dimulailah proyekan pertama WiFI bisnis dengan modal 2 jutaan.


Sudahkan anda membaca artikel :

  1. Setting Mikrotik sebagai billing hotspot sekaligus memanage bandwith yang mudah dan mura h Part1
  2. Setting Mikrotik sebagai billing hotspot sekaligus memanage bandwith yang mudah dan murah Part2
  3. Setting Mikrotik sebagai billing hotspot sekaligus memanage bandwith yang mudah dan murah Part3


Sebagai permulaan mari kita jabarkan terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan untuk membuka usaha WiFi dengan modal kecil ini :
  1. Akses internet Unlimited, awal usaha saya menggunakan Speedy yang sekarang berubah nama jadi IndieHome dengan Fiber Optik nya, alasan pakai telkom karena hanya speedy yang bisa sampai ke lokasi rumah dan juga menyediakan paket true unlimited, dengan bandwidth hanya 1 MB, biaya pasang 300 ribu dan paket bulanan unlimited 270 ribu setiap bulan (sayangnya sampai saat ini indiehome belum bisa masuk sampai BTN saya jadi ya bertahan dengan kabel tembaga nya Speedy, kalau bisa masuk pake 10 MB lebih biar MakNyussss Hotspot nya).
  2. Wifi Router murah (Outdoor), karena pertimbangan biaya saya menggunakan TP-LINK WA5210G yang pada 2013 beli seharga 450 ribu, harga bervariasi antara toko yang menjual, jadi cari yang termurah saja.
  3. TP-LINK WA5210G (router WiFi outdoor)
    Gambar : TP-Link

  4. Antena Omni, seharga 300 ribu (omni slotted buatan lokalan), tapi sampai saat ini saya belum pakai lagi, karena router yang saya beli ada masalah internal yang jika menggunakan antena external malah jadi jelek.

  5. Mikrotik RB-750 (bekas) saya beli di kaskus fjb seharga 300 ribu rupiah, mikrotik ini selain router juga berfungsi sebagai biling WiFi, blokir situs porno dan pembagi bandwidth.
  6. Mikrotik RB 750GL (biar bekas tapi sehat)
      Mikrotik RB750 GL - Router tangguh irit listrik
  7. Kabel LAN (jaringan) 1 Meter (dari modem speedy ke mikrotik), 1 Meter (Mikrotik ke POE) dan 20 meter (POE ke WiFi Router total kabel dengan biaya 100 ribuan.
  8. POE untuk mengirimkan listrik via LAN
  9. Tiang, sobat bisa menggunakan tiang bambu untuk antena tivi (seperti saya), ataupun tiang besi, tapi harap di ingat antara router wifi dengan tiang harap di lapisi dengan plastik (saya pakai isolasi listrik), foto di bawah ini penampakan nya, saya taruh diatas rumah.
  10. Pemasangan TP-LINK WA5210G
    Modal bambu bekas acara 17-an, isolasi dan kabel ties
  11. Kawat sling biar tiang antena sobat tidak goyang.
  12. Total biaya yang saya sediakan hanya kurang lebih 1,5 juta an (diluar biaya kopi) dan Sudah ada laptop ataupun PC untuk setting mikrotik via WinBox dan printer untuk cetak vouchernya.
Tutorial Setting Mikrotik, Userman dan Access Point nya
Setelah semua alat terkumpul mulai perakitan dan setting-setting sesuai urutan, untuk tutorial bisa cari-cari di google dan jika sobat menginginkan settingan ataupun panduan mikrotik untuk WiFi ini saya bisa kontak BBM saya di langsung nanti saya kirim via email.

  1. Setting Mikrotik sebagai billing hotspot sekaligus memanage bandwith yang mudah dan mura h Part1
  2. Setting Mikrotik sebagai billing hotspot sekaligus memanage bandwith yang mudah dan murah Part2
  3. Setting Mikrotik sebagai billing hotspot sekaligus memanage bandwith yang mudah dan murah Part3

Kiat Memulai Usaha RT-RW Net Bermodal 2 Juta Saja :

  1. Untuk kepraktisan pergunakan mikrotik rb750, harga second hampir setengah harga dari baru - tergantung kondisi. 
  2. Jika sobat mau, bisa memuat pilihan untuk user mencoba, jangan lama-lama cukup 10-20 menit saja, fitur ini bisa diaktifkan dari dalam mikrotik.
  3. Buat daftar harga yang bervariasi, semisal pilihan unlimited berbasis waktu (1 hari, 1 minggu dan 1 bulan) ataupun jual voucher perkuota (100 mb, 500 mb, 1 Gb dan lainnya). Untuk settingannya silahkan ke sini
  4. Jika jangkauan kurang luas, pasang repeater di rumah tetangga dengan imbalan berupa akses internet gratis, anggap saja biaya promosi.
  5. Pilihlah area yang cukup ramai pengguna smartphone, tablet, laptop dan gadget yang menuntut untuk selalu online.
  6. Jangan pasang tarif lebih mahal dari penyedia jasa seluler jika sobat tidak ingin pelanggan kabur pindah ke lain hati.
  7. Pilihlah provider yang murah tapi tidak murahan, utamakan yang unlimited.
  8. Sobat bisa memanfaatkan halaman login sebagai promosi bisnis sobat yang lain seperti jualan pulsa, jualan token listrik, ataupun menyewakan untuk promosi bisnis tetangga.


Sekian tips usaha untuk memulai bisnis Rt/RW net yang hanya bermodalkan kurang dari 2 Juta rupiah yang telah saya lakukan lebih dari 1 tahun ini, jika ingin melihat ide bisnis lainnya bisa ke artikel 7 ide bisnis yang pasti untung.

@celuks.blogspot.com


Baca juga tulisan menarik lainnya

89 Responses to "Kiat Memulai Usaha RT-RW Net Bermodal 2 Juta Saja"

  1. bang tolong krim ke email saya,, saya pngen buka wifi juga nih sanzee30@gmail.com

    BalasHapus
  2. Share pin BlackBerry donk atau invite pinku...keren kayaknya buat usaha sampingan istri 2AE09DA2

    BalasHapus
  3. Wahh ini tulisan yg saya cari dri beberapa hari ini,tolong bgt info lemgkapnya mas,share pin bbm nya atau invite bbm saya 7C570914 aja mas...

    BalasHapus
  4. Wahh ini tulisan yg saya cari dri beberapa hari ini,tolong bgt info lemgkapnya mas,share pin bbm nya atau invite bbm saya 7C570914 aja mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di add saja pak bbm saya ada di postingan bawah, thanks

      Hapus
    2. assalamu'alaikum bang..
      add pinku dong.. pengen nyoba juga, nih
      5D1FCFB8

      Hapus
  5. Permisi pak, bisa email saya pin bb sampean buat sharing utk bisnis ini. Email eno_643@yahoo.co.id. trims infonya.

    BalasHapus
  6. mas saya pengen nnih..ajarin ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok pak, ini juga saya lagi nyusun artikel dan panduan dalam bentuk pdf yang bisa di download gratis lengkap dengan gambar dan kalau sempat nanti saya buat juga dalam bentuk video nya, semoga bisa membantu rekan-rekan yang berminat bisnis ini, tapi harap bersabar soalnya lagi sibuk di kantor dan lagi nyoba penangkaran semut rang rang untuk bisnis kroto pak hehehehehehe

      Hapus
  7. Kebetulan pak,Sya sudah langganan speedy 3mb dan rencana mau bikin usaha RT/RW namun tidak tau langkah awalnya bagaimana, mohon untuk ikut diajari ya pak guntur.
    Sudah sy invite pin BB bpk. nama saya Fauzi.

    BalasHapus
  8. estimasi jarak berapa meter yang diterapkan di atas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang antena saya ada di ketinggian 7 meter dari tanah, kalau LOS bisa sampai jarak 300 meteran, kalau di dalam rumah warga paling hanya 10-12 rumah, itu juga tergantung dari perangkat radio yang ada di gadget pengguna ( laptop/handphone) biasanya laptop lebih kuat dari handphone.

      Hapus
  9. Sy sdh Add bro...bbmx mohon diterima...sy jg ada rencana mau bangun usaha NET RT/RW...

    BalasHapus
  10. pak guntur ini email saya, nadmah_nu@yahoo.com
    tolong kirimin panduan dan settingnya ya pak. terimakasih

    BalasHapus
  11. mas saya punya access point TL-WA5210G
    saya uda buka usaha Hostpot..
    muali dr modem dan mikrotik uda oke..
    tp knapa pemancar signal AP sy kecil sx?

    jarak 5 meter signal 3 (android)

    jarak 7 Meter Signal 2 kadang 1 (laptop)
    pdahal sdh pke external TP link Omni 15dB
    dan setingan AP sdh external juga, psang omni signal sama saja.
    psang 1 antena dr modem indihome jg gk ngaruh ke AP..
    kira2 mslahnya dmn yah? apa APnya yg gangguan?
    mohon pencerahannya ya.. mksh..

    satria.saputra91@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan masalah ini sama dengan yang saya hadapi waktu awal awal dulu, coba cari di google modifikasi antena external wa5210 pak, saya pindah jalur antena vertical ke port antena external, katanya sih ada switch digital yang saat diaktifkan antena external nya malah mengurangi power si antena external, alhamdulilah sih dengan modifikasi sederhana bisa menambah jangkauan yang tadinya 10 an rumah (100 meter an) jadi 16 rumah (kadang lebih kalau cuaca cerah, sekitar 160 meter an)

      Hapus
  12. Mohon saya dishare cara memulai usahanya mas
    email saya solo_cyberworker@yahoo.com
    Matur nuwun

    BalasHapus
  13. Bisa minta bantu juga dong mas,,lumayan buat usaha sampingan istri juga..
    Pin saya 574dd80d

    BalasHapus
  14. Semoga njenengan panjang umur dan banyak rejeki mas guntur..

    BalasHapus
  15. Salam kenal mas...saya juga buka rt rw net tapi punya kesulitan seting billing mikrotik kalau ndak keberatan tolong di bantu..terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  16. Mantab sekali tutorialnya, ini yg saya cari, sy ada rencana buat dikomplek rmh saya, mohon di add pin saya 5A25A60A jika berkenan, trm kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  17. Minta di email jg... Saya berminat tp belum cukup ilmunya, a.reswandara@gmail.com

    BalasHapus
  18. Sharing dong bang akhmadmaru07@gmail.com

    BalasHapus
  19. Untuk jual bandwidth apakah di bolehkan oleh pihak telkomnya sendiri? Terimakasih.

    BalasHapus
  20. gmna caranya om pin sya ini 5A0F4C0F yg lain boleh add syukur2 kira bikin group nya ya.. smoga bermanfaat trimaksh sukses selalu

    BalasHapus
  21. Asik jg usha ini... Bagi file pdf ny gan.. Kl ad vdeo
    Mas guntur tk add bbm e

    An ismawanto

    BalasHapus
  22. wah keren buat usaha sampingan bagi mahasiswa.
    mohon dibimbing dong tutorial pemasangan bang
    muhammadariefrr@gmail.com
    via bbm 5D09F515

    BalasHapus
  23. gan, ane kebetulan mau usaha ini juga, semua alat udh koplit cm masih bingung sma pemasangannyanya, ane mau mnta bantu untuk instalasi nya aja nih, soalnya ane masih bingung,

    BalasHapus
  24. mas bisa minta panduannya lengkap dg video kalau ada,supaya bisa sama persis miliknya mas, makasih banget

    BalasHapus
  25. Mau Buka Keagenan Tiket Pesawat sangat mudah daftarkan diri anda
    http://agen.selltiket.com

    BalasHapus
  26. Mas saya tertarik dengan postingannya, kebetulan dirumah saya pake first media dan saya ingin usaha wifi kecil2an tolong minta pin bb nya mas, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  27. Mas saya tertarik dengan postingannya, kebetulan dirumah saya pake first media dan saya ingin usaha wifi kecil2an tolong minta pin bb nya mas, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  28. pak,saya kan sudah langganan internet tapi yang kecepatan datanya 384 kbps
    apakah bisa untuk usaha seperti itu mengingat kecepatan datanya cuma 384 kbps..
    terimakasih pak guntur

    BalasHapus
  29. Kirimin bang yang berupa pdf usaha rt rw netnya sekalian pembagi banwidnya di mikrotik emailku: khoi5hfudz@gmail.com

    BalasHapus
  30. Salam Pak Guntur, terima kasih telah berbagi melalui blog ini.. saya sangat tertarik dengan cara Bapak menjelaskan, besar harapan untuk bisa jalankan ide sebagaimana tulisan di atas.
    kebetulan di tempat tinggal saya masih belum dijangkau jaringan internet yang stabil.. kalau saja Bapak bersedia memandu, saya berencana memasang paket Indihome di kota saya dan dilempar ke rumah (kurang lebih 3km) dan banyak terhalang pohon kelapa dan rumah warga.. menurut bapak alat yang lebih kuat dari tp link wa5210g untuk melempar dan menagkap signal sejauh jarak tersebut apa ya? jika berkenan saya ingin konsultasi lebih lanjut soal mikrotik dan melempar dan menangkap jaringan dengan alat serupa wa5210g namun memiliki jangkauan yg lebih kuat dan jauh.. terima kasih sebelumnya.. mfirdaus_jaya@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai ubiquity pak seri m5hp/m2hp dengan grid bisa tembus sampai 20 km kadang malah 40 km an, tapi kalau bisa sih los (line of sight) nya tidak terhalang, efek nya agak besar aja ping nya dan terkadang suka lambat kalau kehalang pohon, tapi kalau kehalang beton bisa mati total koneksi.

      Hapus
    2. salam kenal saya tertarik usahasaya warnet sudah 7th indihome 10 gb Mohon saya dishare cara memulai usahanya mas

      Hapus
  31. Minta tutor lengkapnya blh mas? Ini pin saya D230D550, matur nuwun sanget

    BalasHapus
  32. menarik pak, saya ada koneksi indihome di rumah, dan pengin dibuat usaha seperti itu. 549ED7F3

    BalasHapus
  33. D08C83A0 invite bos pengen belajar yg seperti ini..

    BalasHapus
  34. Wih cakep bgt nih,saya lagi cari" soal bisnis ini ternyata ada juga,
    mas kalo saya pasang wifi dari (nol)tanpa ada komputer/pc kira" berapa spekulasi angka totalnya?dan apakah apakah Mengoperasikan wifi bisa di bilang sulit/gimana?
    Trimakasih

    Mohon kunjungi email saya enojr83@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan saya buatkan dan saya taruh di postingan pak ya, udah lama gak liat blog ini tau tau rame

      Hapus
  35. Konsep bisnisnya cukup prospektif nih. Layak dicoba.. Terimakasih sudah menginspirasi

    BalasHapus
  36. Saya mau buka hospot diwarun kopi saya,...tpi di tmpat sya gada tower n jalur telpon rumah...ada tower didesa tetangga,jraknya 8-9Km...alat apa ja yg dibuthkn n habis brpa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan jauh jaraknya pak, saran saya sih tanya dulu pemilik tower mereka pakai 2.4 ghz atau 5.8ghz, enak sih pakai produk dari ubiquity seperti m5hp untuk 5.8 ghz, dan m2hp untuk 2.4 ghz kisaran 1.2 jutaan, tinggal pasang grid harga 300 ribuan, yang sesuai dengan kebutuhan apakah 2.4 atau 5.8, terus kabel lan 30 meteran, per meter biasanya 5000-7000/meter. adaptor dan poe kisaran 50 ribuan, tinggal tiang nya apakah mau bambu atau besi. nah silahkan di total

      Hapus
  37. Pak tolong beri tahu saya cara membuat usaha seperti ini.. infonya tolong bangat pak gun di whatsapp082399303889.. atau email saya nikololoran@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka link ini pak, sudah saya jabarka sedetil yang saya bisa, celuks.blogspot.com/2016/01/bisnis-wifi-rumahan-dengan-mikrotik.html, bentuk pdf ada di part 3 nya

      Hapus
  38. paket usaha ini selalu membuat saya . tertarik

    BalasHapus
  39. Om mau tanya untuk jarak wifi berapa meter? untuk smartphone apakah bisa ada sinyal wifi jika lokasi 1km?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wifi bergantung dari radio pemancar (access point) yang kita pakai, penguatan antena dan ketinggian pak, lokasi saya tidak pakai antena, ketinggian hanya 6 meteran dari tanah, bisa sampai ke 10 rumah (sekitar 100 meteran), itupun sudut sebar tanpa antena hanya 60 derajat

      Hapus
    2. Anggap anda menggunakan Access point dari ubiquity seperti nano station + antena omni 20 db + tiang setinggi 10 meter, seharusnya bisa sampai 500 meter dengan mudahnya, malah ada antena seperti antena buatan rnet yang klaimnya bisa sampai 1.3 km, antena model ini dipakai teman saya dan memang bagus bisa tembus sampai 800 meter dengan user tidak menggunakan antena penerima tambahan, alias langsung laptop dengan ketinggian tiang 12 meter dari tanah.

      Hapus
  40. salam kenal pak guntur, makasih informasinya saya mau coba buka usaha ini, kalo boleh minta bantuanya. klo ada panduan pdf saya mau minta ya pak ini email saya. ferry.mmiteknologi@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini panduan nya, bentuk pdf ada di part 3 akhir dari tutorial pak, celuks.blogspot.com/2016/01/bisnis-wifi-rumahan-dengan-mikrotik.html

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  41. Om bisa ni saya tanyak2 soalnya sya pengen usaha wifi dirumah saya, ni no saya Om 085336028781

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, silahkan saja tanya di sini, komen, kalau mau via wa aja, 0896/244/51759.

      Hapus
  42. gan mau tanya untuk mikrotik dengan cpu 720Mhz dan ram 64mb mampu nggak memanajemen untuk 10 user dengan bandwidth 10Mbps?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih dari cukup pak, saya menggunakan RB750, processor hanya 400 MHz dan ram 64 MB, manage untuk warnet saya 10 unit dan user wifi yang se-sepi-sepinya user hanya saya, istri dan tablet anak, kalau lagi ramai (akhir pekan) bisa sampai 20 user, itupun rule yang saya terapkan hanya sedikit, hanya manage bandwidth dengan simple queue, nat, tidak ada firewall yang berat-berat, userman, hotspot. kalau saya perhatikan penggunaan processor pada saat peak tidak pernah mencapai 70% dan ram sekitar 40 MB an saja.

      Hapus
  43. Mas nanya :
    1. Ketika ada yang beli voucher, Untuk 1 pasword wifi bisa dipakai untuk berapa gadget ?

    2. Apakah bisa voucher paswod wifi tsb dipakai bersamaan lebih 1 gadget ?

    3. Voucher paswod wifinya berdasarkan waktu atau quota ?
    4. Berapa Mbps yang dibutuhkan untuk usaha ini ?

    Makasih, mohon maaf pertanyaannya borongan

    BalasHapus
  44. 1 dan 2. Fitur multi user bisa diaktifkan sehingga 1 user & password bisa digunakan di lebih dari satu gadget baik handphone / laptop, tapi bawaan delault mikrotik adalah 1 password dengan 1 user, jika ada gadget lain yang menggunakan password itu, gadget kedua dan seterusnya tidak akan bisa pakai, karenanya jangan sampai bocor passwordnya

    3. billing userman bisa di setting suka-suka pemilik wifi hotspot, mau di set berdasarkan kuota atau waktu, misal 10 GB kuota dengan masa berlaku 30 hari atau internet unlimited speed dengan waktu 24 jam atau bisa saja internet 24 jam dengan kecepatan download 512 dan upload 128 kbps.

    4. Kalau minimum bandwidth sih ya 1 Mbps juga bisa, lebih besar sih lebih baik, biar ga over selling, maksud overselling itu begini gan ya :

    misal kecepatan internet kita 3 Mbps, setiap user secara otomatis dari Usermannya punya kecepatan 512 kbps / 256 KBps (Up/Down) nah, kalau dilihat dari hitung-hitungan kecepatan download berarti kita hanya dapat menjual max 6 user, tapi pada kenyataannya user yang langganan ke kita lebih dari 10 malah 15 user, dengan anggapan tidak semua orang akan online selama 24 jam, pasti ada semacam rentang waktu seorang user akan aktif dan kapan tidak aktif.

    BalasHapus
  45. Salam min...saya sngat minat tp saya masih awam d dunia frekuensi...bisa bimbing saya from zero to hero..?hehe kopi tersedia kok...
    Email saya n4n4n9.blt@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon add email saya aja pak guntur39@gmail.com

      Hapus
  46. minat mas...saya juga pingin zero to pro dalam bisnis ini, email saya henry.cahyoo@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon add email saya aja pak. guntur39@gmail.com

      Hapus
  47. waah artikelnya keren gan, saya ada rencana mau bangun usaha rt rw tapi telkom belum masuk ke desa saya dan kebetulan saya bekerja di provider lokal di kota saya tapi masalahnya di desa saya banyak pohon kelapa dan hrus buat antena yang tingginya melebihi pohon kelapa, kayaknya modalnya lebih besar dibandingkan dengan modalnya mas guntur, buat tiang 4 susun, antena ubnt power beam, dan untuk apnya saya pake bullet m2 + omni, kalau dari pengalaman saya bekerja pake tp link itu pingnya jelek dan selalu mati maati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih kelemahan tp-link gitu, tapi saya akalin pak, kebetulan saya ada adaptor sisa proyekan pemasangan cctv 12 volt 2 Ampere, dan kabel lan dari poe ke wa5210 cuman 10 meter an, jadi alhamdulilah user 20 pun masih nyala 24 jam udah 2 tahun lebih.

      saya juga sempat mau pake m2 + omni pak tapi jatuhnya ke rocket + antena mimo, lebih maknyus pak hehehehe harga beda dikit di radio, di antena beda jauh hehehe

      Hapus
  48. Malam mas guntur.
    Terus berkarya untuk sesama ya mas.
    Izin kopi artikelnya buat belajar. Pas banget nih buat usaha sampingan, kebetulan baru 1 bulan pasang Indihome, minta dibantu ya mas Pake WA bisa kan, 08127208722, Matur nuwun mas, Saya do'akan berkah rejeki Sampean. email (sulistyo.net@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. add email saya aja pak guntur39@gmail.com

      Hapus
  49. Bang mau dong email brhiebaz.boegizt86@gmail.com ditgg thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca-baca aja pak di sini

      http://celuks.blogspot.com/2016/01/bisnis-wifi-rumahan-dengan-mikrotik.html

      atau kalau mau tinggal import data dan langsung nyala baca di sini :

      http://celuks.blogspot.com/2017/01/membangun-hotspot-billing-tanpa.html

      Hapus
  50. Balasan
    1. Subang Jawa barat pak, kecil-kecilan, pendamping warnet.

      Hapus
  51. Saya minat nih, dengan usaha hostpot, tapi untuk meng-setup nya saya belum paham bener..
    Jika boleh di panggil gimana gan???

    BalasHapus
  52. di panggil pak, waduh, memangnya posisi dimana pak ??

    BalasHapus
  53. saya udah berhasil APnya pake RB951 2nd. jangkauannya bagus. kira 700meteran keliling.

    BalasHapus
  54. Pak Guntur mohon d add pin bbm saya D6B7853B sya butuh bantuan Pak Guntur tentang RT RW NET ini

    BalasHapus
  55. Pak Guntur tolong d add pin bbm sya D6B7853B sya butuh bantuan bapak tentang RT RW NET ini

    BalasHapus
  56. asww
    salam sejahtera
    salam kenal an budhikucir purbalingga
    komen is good n sangat berminat tuk duplikasi
    kami sudah lama sangat menginginkan memfasilitasi internet utk masy yg butuh inet yg terkendala jaringan dan keuangan,mohon koordinasinya tuk bimbing kami,
    wa 082137841604,ditunggu konfiry,tq tq

    BalasHapus
  57. malam pak.. salam kenal bisa email saya di mukrysuraya.55@gmail.com untuk tutorialnya terimakasih
    semoga berkah

    BalasHapus
  58. Gan, mau nanya nih, seandainya buka usaha RT/RW net apakah diperlukan izin dari Pemerintah setempat? misalkan dari pihak TELKOM atau MENKOMINFO atau DIRJENPOSTEL? Apa perlu izin Pendirian Usaha, NPWP dll yang terkait administrasi?? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lihat dari klausa telkom speedy ada larangan untuk menjual kembali layanan milik mereka, tapi hampir semua warnet menggunakan layanan dari telkom baik speedy atau indiehome, dan selama ini tidak ada pelarangan secara resmi. Apalagi prinsip yang digunakan rt rw net adalah patungan untuk biaya internet, hanya saja biaya sewa peralatan hotspot di bebankan ke user.

      Kalau perijinan dari postel atau semacamnya saya rasa tidak perlu, karena frekuensi 2.4 Ghz bebas untuk digunakan pak. Tidak seperti 900 Mhz, 800 MHz.

      Hapus
  59. Mas Guntur mau tanya Usaha Wi-Fi seperti diatas =

    1. bisa nggak mas buat username & password secara berkala kayak voucher telkom Wi-Fi.id dengan batas waktu/kuota yg ditentukan ?

    2. Saya punya dana 1.2jt an apakah bisa mulai bisnis di atas ? Kebetulan ada Wi-Fi. id TELKOMSEL ada promosi 1-10 mp/s harga 3xx.

    3. Saya pernah lihat ada mikrotik virtual os di virtualbox milik laptop guru saya. apakah bisa mikrotik tsb dijadikan mikrotik untuk bisnis di atas?

    BalasHapus
  60. 1. Bisa banget, dengan mikrotik kita bisa jualan voucher dengan tipe berwaktu (24 jam, 7 hari, 30 hari) atau bisa juga dengan kuota dan juga gabungan misalnya (1 hari unlimited dengan kecepatan max 512 kbps dan download 128 kbps).
    2. Bisa saja, misal nih harga WA7210 outdoor tplink hanya 600 ribuan, lanjut dengan mikrotik rb750 bekas hanya 400 ribuan, sisanya ya untuk tiang kabel dan juga kopi. dengan catatan sudah ada laptop/pc ya.

    3.Bisa tapi tidak recomended karena harus menyalakan windows dulu baru virtualbox mikrotik, lebih baik beli aja pentium 4 yang sudah bisa sata, pasang ram minimum 128mb, hardisk minimum 10 GB sata/PATA, dan yang paling penting LAN card nya 2 buah (1 Lan card onboard dan 1 lan card offboard). paling harga hanya 300 ribuan.

    Install routeros (terserah mau bajakan atau resmi) nah dengan mikrotik yang di install ini sekalian bisa untuk hotspot dan juga bisa di buat jadi cache (cache fungsinya menyimpan sementara data, jadi saat user browsing copy data di simpan di hardisk mikrotik nah saat user mengakses data kembali tidak akan mengambil dari internet tapi dari hardisk).

    BalasHapus
  61. mas, klo tanpa antena omni berapa meter area yg bisa di cover??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau wa5210g sekitar 100 meter pak, max

      Hapus