Bisnis WIFI Rumahan Dengan Mikrotik Sebagai Billing Hotspot Bag 2

Artikel ini adalah tutorial lanjutan dari artikel sebelumnya Setting Mikrotik Dasar untuk Billing Hotspot bag 1 yang dibuat sebagai penjelasan detil dari artikel Kiat mamulai usaha Rt-Rw Net dengan modal 2 juta saja. Sebenarnya banyak produk lain untuk digunakan dalam menjalankan bisnis wifi hotspot dengan Voucher, terutama dengan program billing.

Tapi ada alasan yang paling krusial sehingga saya menggunakan mikrotik untuk bisnis hotspot berbayar dan sebagai info saja artikel ini bukan promo produk mikrotik ya sob, baca dulu alasan kenapa saya menyarankan sobat untuk menggunakan Mikrotik :
  • Harga murah, coba cek ke tokopedia dengan kata kunci "mikrotik RB 750", yang jual buanyak mulai dari bekas sampai baru dengan harga bervariasi, jika sobat beruntung ada yang jual Mikrotik RB bekas seharga 300 ribu an seperti beberapa bulan lalu saat saya beralih dari Router OS ke Router Board (Router OS di install di PC biasa untuk dijadikan Router + Manage Bandwidth + Billing Hotspot + Cache Server).
  • Sudah built-in Billing Hotspot, jadi sobat tidak perlu menggunakan PC terpisah untuk billing/server, dan juga membuat router untuk membagi bandwidth ke client. Selain itu fungsi PC Manager (Billing Hotspot) juga bisa membuat Voucher berbasis Durasi waktu ataupun Bandwidth, jadi sobat bisa berjualan Kuota atau Unlimited waktu dengan Aplikasi mikrotik user manager.
  • Jadi dengan alat ini saya bisa menghemat pembelian server, router, dan juga lisensi billing hotspot yang kadang harganya "bikin nepok jidat".




    harga-rb-750-di-situs-tokopedia
    Harga RB 750 di Situs Tokopedia
    Courtesy of Tokopedia.com 26 Jan 2016 10:52 AM
    Jika sobat mau mencoba menggunakan Mikrotik Tipe RB untuk usaha kecil-kecilan nya, silahkan lanjut membaca artikel ini, karena RB tipe 750 milik saya  memiliki kelemahan jelas mengingat Processor dan ram yang kecil sehingga terkadang sering hang jika digunakan untuk user lebih dari 70-100 yang online sekaligus.

    Pada artikel ini saya menggunakan Mikrotik RB-750GL (Mikrotik versi 6.31) dan RB-1100AH (MIkrotik 5.8) Milik kantor, Langkah yang digunakan sama, hanya beda versi Mikrotik saja 

    I. Download Winbox

    Mikrotik sendiri sudah memiliki aplikasi billing via web, jadi siapapun yang mencoba untuk mengakses internet lewat jaringan hotspot yang sobat miliki akan di forward ke halaman login billing yang bernama "User Manager" atau sering di sebut userman.

    Untuk instalasi dan setting Userman bisa langsung lihat tutorial di Google ataupun mengikuti cara singkat yang saya berikan di bawah ini :

    download-winbox
    Download Winbox
    Courtesy http://mikrotik.co.id

    • Sebelum memulai ada baiknya sobat mereset settingan default yang ada pada mikrotik rb tersebut dengan cara menekan tombol di bagian belakang, dekat dengan port power supply, lebih jelasnya silahkan buka link ini Reset RB anda.
    Lokasi-Tombol-Reset-Mikrotik-Rb-750
    Lokasi Tombol Reset Mikrotik Rb-750
    Courtesy http://wiki.mikrotik.com

    • Berikutnya melihat apakah sudah terdapat aplikasi userman di mikrotik RB sobat, hubungkan Port 1 pada mikrotik ke laptop/pc sobat dengan kabel lan dan buka aplikasi winbox, tekan tombol yang ditandai dan pilih mac address, karena biasanya setelah di reset IP Address akan hilang lalu masukan username admin dan password tidak perlu di isi.
    login-mikrotik-via-winbox
    Mikrotik RB750GL yang sudah di upgrade ke versi 6.31
    Courtesy Hijaunet Hotspot (milik sendiri)

    • Untuk selanjutnya setting seperti biasa IP Address dan NAT nya, jika sobat semua belum mengerti cara setting mikrotik agas bisa berkomunikasi dengan internet silahkan ke artikel sebelumnya.
    • Klik System - Packages dan Cek apakah sudah ada package Userman di RB sobat, berikut saya pakai tampilan dari RB-1100 kantor yang belum ada paket userman nya, bisa di lihat di sana tidak ada userman, bisa dilihat juga versi mikrotik yang dipasang di RB1100 adalah versi 5.8.
    daftar-package-pada-mikrotik
    Daftar package pada mikrotik
    Courtesyof PT. Handsome Mikrotik RB1100


    II. Download Userman Packet


    Untuk selanjutnya kita download Userman nya sob, gratis langsung dari situs mikrotik di http://www.routeros.co.id/ lalu silahkan cari versi yang sesuai dengan yang sobat punyai.

    Daftar-package-pada-mikrotik
    Daftar package pada mikrotik
    Courtesyof PT. Handsome Mikrotik RB1100

    lokasi-tambahan-package-tambahan-userman
    Lokasi download package tambahan Userman
    Courtesy of http://routeros.co.id


    Rata-rata RB-750 menggunakan router os versi 5.24, jadi kita cari dan klik versi 5.24 dan pilih mipsbe.
    lokasi-download-package-tambahan-userman
    Lokasi download package tambahan Userman
    Courtesy of http://routeros.co.id


    III. Instalasi USERMAN semudah 1, 2 dan 3


    Setelah selesai download file Zip nya, langsung Extract dan simpan di tempat yang aman. Lalu klik menu files dan drag file userman.npk ke jendela file tadi, kemudian restart mikrotik sobat, nanti userman akan terinstall dengan sendirinya.
    instalasi-userman
    Cukup copy paste atau drag untuk instalasi userman lalu reboot/restart
    Courtesyof PT. Handsome Mikrotik RB1100

    • Setelah selesai restart, coba buka browser favorit sobat, ketikan http://ip mikrotik/userman misal ip mikrotik 192.168.2.254 jadi penulisannya http://192.168.2.254/userman.
    akses-userman-via-webbrowser
    Akses userman via web browser

    • Jika sudah ada tampilan User manager maka sobat telah sukses menginstall user manager sebagai billing ke dalam mikrotik sobat.
    Untuk selanjutnya sobat tinggal setting hotspot di Mikrotik nya lalu diteruskan dengan Radius yang akan di bahas di artikel selanjutnya.


    Sekian dulu artikel setting mikrotik sebagai billing hotspot dan juga sebagai pembagi bandwidth, berhubung terlalu panjang dan banyak kerjaan di kantor sob.

    Berhubung banyak yang menanyakan soal izin mendirikan tower rt/rw net, silahkan baca informasi yang saya dapatkan di sini

    Artikel berikutnya bagaimana menggunakan Radius dan Userman pada mikrotik sebagai billing hotspot dan juga bagaimana mengatur Jam pada mikrotik agar selalu up to date sehingga fungsi sebagai billing 24 x 7 hari seminggu tetap lancaar jaya.

    @celuks.blogspot.com

    Baca juga tulisan menarik lainnya

    0 Response to "Bisnis WIFI Rumahan Dengan Mikrotik Sebagai Billing Hotspot Bag 2"

    Posting Komentar