7 Gadget Gagal Buatan Apple

07.11
Saat sekarang ini hampir semua orang mengenal apple, produk yang mereka jual selalu laris manis di pasaran. Tapi ternyata tidak semua produk yang mereka hasilkan mengalami kesuksesan di pasaran, seperti 7 Gadget (tidak keren) Buatan Apple yang gagal di pasaran berikut :

1. Apple QuickTake

apple-quick-take-100
Apple QuickTake 100
Image Source: Jaquian/Wikipedia CC BY-SA 3.0


Pada tahun 1994 Apple memasarkan produk kamera digital yang mereka beri nama QuickTake 100, produk ini didesain oleh Apple dan di buat oleh Kodak, kemampuan kamera ini pada tahun 1994 cukup baik, memori yang ada memungkinkan untuk menyimpan maksimal 8 buah photo dengan ukuran 640 x 480 pixels, 32 buah photo berukuran 320 x 240 pixels, sayangnya kamera tersebut hanya bertahan sebentar, pada tahun 1997, Steve Jobs memutuskan untuk tidak meneruskan produksi kamera tersebut.


2. MessagePad
Tentunya sobat sudah cukup familiar dengan iPad, sebuah gadget yang sangat terkenal sekarang ini, akibat gadget yang satu ini banyak smartphone bermunculan, MessagePad dirilis pada tahun 1993, dengan menggunakan processor berbasis ARM 610 RISC, software yang ditanam pun cukup canggih di jamannya seperti hand writing recognition dan lainnya.

mesagepad-pendahulu-ipad-yang-tidak-sukses
MessagePad - Pendahulu iPad yang tidak sukses
Image source: Rama/Wikimedia Commons CC BY-SA 2.0-fr

MessagePad ini datang dengan sistem operasi Newton yang dikembangkan oleh Apple, namun sayang nya pada tahun 1993 dunia belum siap dengan alat ini, pada tahun tersebut WiFi, koneksi internet kecepatan tinggi dan juga processor yang cepat belum tersedia sehingga gadget besutan Apple ini hilang dari peredaran pada 1998.


3. iMac yang Konyol
Nah kalau yang satu ini tidak semua varian nya gagal, hanya 1 varian yang gagal merebut pasar karena kesalahan pemilihan warna pada produk iMac, Tidak ada yang salah pada kemampuan komputasi produk yang satu ini, bisa sobat lihat pada gambar di bawah ini :

iMac-dengan-desain-warna-bunga-dan-polkadot
iMac dengan desain warna bunga dan polkadot
Image source : http://www.engadget.com
Semua orang yang tahu masa lalu Ste Jobs mungkin berfikir, karena dulu dia adalah seorang Hippies Amerika, jadinya desain bunga di pilih (mungkin tadinya mau memasang gambar gan*&ja di sana hehehehehe).
Untungnya hal ini tidak menghentikan Apple untuk memproduksi seri iMac yang lain dan benar saja, produk iMac selanjutnya tetap menjadi pilihan bagi sebagian besar orang.



4. Kaos Kaki untuk iPod
Entah sobat akan berkata apa, tapi menurut saya kaos kaki bukan lah hal keren yang akan saya pakai untuk membungkus gadget saya.

iPod-Sock-(kaus-kaki-untuk-iPod-anda)
iPod Sock (kaus kaki untuk iPod anda)
Image Source : stuff.com
Entah karena malu untuk memakainya atau karena harga yang terlalu mahal, pembungkus iPod yang di bandrol 19 Euro perpack ini tidak disambut baik di pasaran.


5. iPod Boom Box
Pada tahun 2006 iPod Hi-Fi diluncurkan ke pasaran, speaker yang didesain khusus untuk mendampingi iPod ini hanya bertahan selama 1 tahun, pada tahun 2007 produk ini tidak diproduksi lagi.
iPod-Boombox
iPod BoomBox
Image Source: stuff.tv

Awal produk ini diciptakan karena produk iPod besutan Apple menjadi trend di dunia, dan mungkin jajaran manajemen Apple berfikir kenapa tidak sekalian membuat speaker khusus untuk iPod. Namun karena beberapa hal seperti konektor yang mudah patah, hanya bisa di cash dengan firewire iPod dan lainnya yang mengakibatkan banyak pengguna iPod tidak membeli produk yang satu ini.


6. Beige Box (Personal Komputer)
Pasti semua orang mengenal iMac sebagai personal komputer dengan desain yang khas dan unik dari Apple, yang kini desain nya di ikuti oleh produsen personal komputer lainnya, tapi pada awal nya Apple membuat personal komputer dengan bentuk yang sama seperti IBM dan produsen lainnya (tower model / beige box). yang Apple beri nama Macintosh Quadra.

macintosh-quadra
Macintosh Quadra - Personal Komputer dari Apple
Image Source : macquadra.jpg Flickr/Carl Berkeley

Sayangnya personal komputer model tower ini malah tidak laku di pasaran, malah publik menjuluki personal komputer yang jelek. Hingga akhirnya lahirlah iMac dengan desain yang unik dan dapat merebut kembali pasar pengguna personal komputer besutan Apple tersebut.


7. Macintosh seharga $9,995
Pada tahun 1997 di saat Apple merayakan hari ulang tahunnya yang ke 20, mereka meluncurkan sebuah karya yang teramat ---- mahalll, sebuah komputer dengan harga yang sangat-sangat fantastis pada masa itu, $9,995 adalah harga yang cukup mahal pada tahun tersebut, terlebih jika dibandingkan dengan komputer dari perusahaan lainnya.
Twentieth Anniversary Macintosh, Berlin 2014
Source : Wikipedia 


Tidak banyak orang yang membeli produk ini, walaupun produk ini dinilai sangat revolusioner tapi tetap saja besar uang yang dikeluarkan tidak sebanding dengan produk yang didapat, sehingga dalam waktu singkat Apple menurunkan harga jual produk ini sampai ke $1,995 hanya dalam waktu 2 tahun, namun tetap saja minat pembeli sangat rendah.


Nah sekian beberapa Gadget yang tercipta di saat Apple mengalami masa kelam, nilai positif nya bagi sobat semua untuk tidak mudah berputus asa, dari 100 Gadget yang Apple ciptakan hanya ada 7 yang gagal, masih ada 93 Gadget yang sukses berat di pasaran.

0 Response to "7 Gadget Gagal Buatan Apple"

Posting Komentar