Jual Beli Domain - Bisnis Yang Menguntungkan Saat Ini

01.40
Salam bisnis, kali ini saya ingin membagikan sedikit petunjuk singkat mengenai Bisnis Mudah Yang Menguntungkan Saat Ini - Flipping Domain, bisnis online ini terkadang hanya butuh waktu beberapa hari saja namun bisa menghasilkan keuntungan yang berkali-kali lipat dari modal yang dikeluarkan dan tentunya memiliki cara yang sangat mudah, berbeda dengan bisnis rumahan yang sudah lebih dari 2 tahun saya jalankan, yang hanya membutuhkan modal 1 juta lebih sedikit waktu pembuatan RT/RW Net ini.

Kegiatan jual beli ini biasa disebut flipping, yaitu suatu tindakan membeli suatu website lalu menjualnya kembali dengan harga yang tinggi, namun kali ini fokus bahasannya bukan kepada website tapi untuk bahasan kali ini cukup di nama domain saja.
Bisnis menguntungkan - Jual beli domain
Image courtesy of [jscreationzs] at FreeDigitalPhotos.net

1. Mencari Nama Domain

Mungkin ini yang paling penting dalam bisnis ini, mencari nama domain yang akan dijual. Ada 2 cara yang biasa digunakan :

  • Beli Domain Langsung

Cari penjual domain yang murah yang bisa sobat dapatkan dan langsung saja cari domain yang berhubungan dengan perusahaan tertentu, aktifitas bisnis atau nama orang terkenal, semoga saja nama domain tersebut masih belum ada yang memiliki.

  • Beli domain Expired

Ada perusahaan besar yang memberikan kesempatan bagi pembeli untuk melakukan pembelian terhadap domain yang biasanya tidak diperpanjang apapun alasannya, cukup masukkan kata kunci "buy expired domain" sobat bisa langsung dibawa menuju situs jual beli domain.

Jual beli domain - Beli domain Expired
Image courtesy of [Stuart Miles] at FreeDigitalPhotos.net
Jika modal sobat cukup besar sobat bisa langsung membeli domain premium, biasanya domain tipe ini memiliki nama domain yang unik, mudah diingat dan yang paling penting memiliki pengunjung aktif dan juga sudah memiliki umur, website yang telah berumur biasanya dipercaya lantaran telah beroperasi lebih dari 1 tahun, terlebih jika tanpa cela. Harga domain premium ini tentunya tidaklah murah. 

2. Menjual Domain

Setelah sobat memiliki nama domain yang akan dijual, sekarang tiba waktunya untuk mencari pembeli domain tersebut. Banyak forum ataupun situs jual beli yang menyediakan thread untuk bisnis jual beli domain ini, sebagai contoh ada kaskus dan ads.id, sobat bisa mendaftar ke sana dan mencoba menjual domain yang sobat miliki. Dalam forum tersebut domain dijual dengan sistem lelang terbuka sesama anggota forum, jadi jika sobat membeli domain dengan harga mencapai $100, jangan heran jika ada anggota forum yang akan membeli lebih dari $400.

3. Syarat Domain yang Menguntungkan Untuk Dijual

Jika sobat berminat untuk menekuni bisnis yang menguntungkan ini, ada beberapa kriteria domain yang wajib dipenuhi sebelum memutuskan untuk membeli domain tersebut :

  • Umur domain - Semakin tua umur suatu domain dapat diartikan bahwa domain tersebut memiliki backlink dan traffik tetap.
  • Nama Domain - Semakin mudah diingat, tidak ada angka ataupun simbol di nama domain tersebut maka semakin besar peluang cepat dijual kembali, untuk contoh misalnya domain liburankebali.com dan liburan-ke-b4li.com, dapat dipastikan domain liburankebali.com akan lebih banyak di incar orang, karena nama domain nya sudah memiliki keyword sendiri dan selain mudah di ingat tidak ada karakter nomor dan hypen di dalamnya.
  • Masa Lalu - Syarat terakhir, pastikan tidak ada laporan domain tersebut terlibat spamming, penipuan dan de-index google, jika tidak ada masalah silahkan beli saja.


Nah, sekian info singkat mengenai Bisnis Yang Menguntungkan Saat Ini - Flipping Domain, bisnis ini tentunya akan memakan waktu dan uang yang tidak sedikit, tapi hasil yang didapat pasti lebih besar dari yang dikeluarkan, jika mencari bisnis rumahan yang membutuhkan modal sedikit, silahkan ke artikel bisnis modal kecil ini.

8 Responses to "Jual Beli Domain - Bisnis Yang Menguntungkan Saat Ini"

  1. tanya nih gan, saya kan pernah beli domain pada th 2012 namun sudah expired lama, dan nama domain tersebut tidak bisa diperpanjang lagi, namun kalo mau di daftarin lagi dari awal masih bisa. dan saya cek backlink nya masih ada. pertanyaan saya apakah umur domain tersebut di mulai dari th 2012 atau 2015 pada saat didaftarkan?

    BalasHapus
  2. 1.Gan, mau nanya. Kalau beli domain saja terus di jual lagi, kapan waktu yang tepat jualnya ? (domain tanpa website)
    2. Apakah boleh kalau ada brand tertentu yang belum terkenal trus saya beli dibelakangnya ada embelemble tambahan misalnya: namabrand : aqua.com sayabeli namanya domainnya aquabotol.com (ada tambahan kata botol) apakah boleh ?
    3. Kalau mau beli domain yang bagus dimana ya ? Situs lokal. Karena saya belum punya dollar di paypal saya, kalau pakai vcc takutnya ketahuan sama paypal. Katanya kalau ketahuan maka ada pembayaran kita akan dibatasin sebagai hukuman.

    Tolong infonya gan, thanks ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Sebenarnya sih tidak ada waktu yang tepat jika membicarakan masalah domain, misalnya agan kebetulan membeli domain yang sedang diburu orang (ambil contoh tapebendul.com) baru sehari agan punya, bisa saja ada orang yang kontak agan langsung untuk membeli domain tersebut, karena kebetulan dia adalah owner perusahaan tape bendul.

      Tapi rata-rata domain yang dijual memiliki setidaknya umur lebih dari 6 bulan sampai 1 tahun, karena sudah ada record history web tersebut apakah bekas domain spammers, tipu-tipu dan kasus lainnya, dan juga domain yang telah berumur pastinya telah memiliki traffic yang lumayan (jika di promosikan). Sekedar saran, sebelum membeli domain coba manfaatkan google keyword planner, cari keyword apa yang paling banyak diburu orang, coba beli domain yang sekiranya mirip dengan keyword tersebut, dan pasang domain park, setidaknya sambil menunggu domain laku agan bisa menikmati limpahan traffic dengan mengandalkan keyword di nama domain itu tadi.

      2. Setahu saya tidak ada larangan untuk membeli nama domain dan menambahkan embel-embel untuk menjaring pengunjung ke situs agan, asal jangan digunakan untuk menipu ya gan.

      3. Kalau beli domain yang bagus sih sama aja gan di mana-mana, kalau saya langganan di idwebhost[dot]com sih, mau beli dimanapun yang penting kan nama domain yang agan mau.

      Sekedar saran sih :
      - Cari harga termurah, tapi hati-hati, ada provider yang melakukan trik tahun pertama murah, dan tahun selanjutnya harga diatas rata-rata pasaran yang ada, jadi lihat harga tahun kedua dan seterusnya.
      - Ga susah pindahan ke domain provider lain, cari track record di forum forum (kata kunci : reputasi hosting "anu". Kadang ada yang susah mindahin, gak mau mau ngasih epp code, kalau banyak komentar negatif mending abaikan hosting macam ini.
      - Fitur terlengkap, saya pernah beli di penjual luar negeri murah banget .com cuman $1.47, tapi ya itu fitur ns tidak ada, jadinya tidak bisa dipakai di blogger, harus beli lagi $5/tahun, coba bandingkan fitur yang ada. Buat catatan perbandingan gan.
      Tolong infonya gan, thanks ya.

      Hapus
    2. Terima kasih sebelumnya atas infonya gan, maaf ada yg mau saya tanyakan lagi:
      1. Kita kan beli domain terus di jual lagi, kalau tidak ada web/content web/ bagaimana bisa muncul trafficnya ? Mungkin salah satu jalan supaya ada traffic, tanpa harus membuat web sendiri, maka harus "parking" dulu di salah satu penyedia domain seperti : sedo parking, godaddy (kalau mau dijual disini). Dan itu gratis. Betul kan gan ? Dari pada ngeluarin duit buat beli hosting mending parking saja di sedo. Diemin aja sampai ada penawaran yang cocok, selain itu kita juga dapat duit dari iklan yang ada di webgratis kita (yang dibuat oleh sedo: bahwa domain ini dijual).
      2. Apakah domain yang dibeli di registrar indonesia, misalnya : idwebhost, rumah hosting, rumahweb, dll) laku ? Atau buyer lebih mempertimbangkan registrar terkenal seperti sedo dan goaddy.
      3. Apakah kalau sudah parking di sedo ( misalnya) terus 3 bulan lagi kita bisa pindah parkir di godaddy ? Bebas atau dibatasin waktu atau tidak boleh pindah lagi ?
      4. Di penyedia layanan seperti sedo, dll suka ada tulisan transfer, maksudnya itu kita memindahkan registrar kita beli domain ke penyedia domain yang baru ? Trus untuk pembayaran tahunan selanjutnya kita bayar ke penyedia baru tersebut ya gan bukan lagi ke tempat yg lama ?
      5. Pembelian nama domain bebas ya gan baik nama kota ataupun nama artis terkenal, selama tujuannya baik dan tidak disalahgunakan untuk menipu. Karena saya lihat godaddy juga punya domain kota di indonesia, mis: surabaya.com , sedo : ada negara Indonesia.com.

      Terima kasih gan, masih baru jadi mohon maaf mengganggu.

      Hapus
  3. mau tanya gan, kalo belinya di idwebhost terus bisa dijualnya di Indo aja apa bisa ke luar gan? thx sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja gan, gak masalah..
      kan nantinya akan di push domain nya ke pemilik baru, jadi gak masalah beli di manapun, asal pastikan tidak ada fitur yang di lock, biar gak repot.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus