Cara Menghasilkan Uang Dari Blogging

21.00
Menghasilkan-Uang-Dari-Blogging
Menghasilkan Uang Dari Blogging


 Pernahkah anda mendengar ada sebuah blog yang dijual seharga $15.000.000 (15 juta dollar us), silahkan hitung dengan kurs Rp. 13.000 untuk $1 nya. Dan umur blog tersebut saat dijual hanya berusia 2 tahun, sangat belia sekali bukan.
Itulah nasib dari sebuah blog yang bernama bankaholic.com yang dibangun oleh seorang bintang di dunia blogging yang bernama John Wu, niche blog tersebut terfokus di keuangan pribadi, kartu kredit, pinjaman, bunga bank, dan lainnya seputar keuangan. Sangat menggiurkan bukan, itu adalah salah satu cara mendapat uang dari blogging dengan menjual blog yang sudah populer.


Ada lagi informasi yang saya temukan Weblogs, Inc mendapatkan lebih dari $30 juta perbulan, dan The Huffington Post $2 juta perbulannya, ada lagi sebuah blog yang dibuat oleh orang biasa, seperti saya ini tapi beda nasib dengan saya dia menghasilkan uang dari blog nya lebih dari $40.000 per bulan (john Chow blog).

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blogging

Nah dari beberapa waktu ini saya habiskan waktu di rumah, di kantor bukan sekedar browsing lihat-lihat manga saja, saya bisa simpulkan ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari blogging.

Ada beberapa cara yang memanfaatkan traffik yang datang ke blog, ataupun melibatkan teknik pemasaran online (Online Marketing) untuk menjual produk tertentu baik produk sendiri ataupun milik orang lain, berikut beberapa cara yang bisa saya sampaikan :

1. Affiliate Marketing
Affiliate-Marketing
Affiliate Marketing

Dengan mempromosikan produk orang lain baik barang (hardware atau software) ataupun jasa dan menerima imbalan sekian persen dari setiap transaksi yang terjadi, biasanya fee yang kita terima sebagai tenaga promosi diberikan sekali saat pembayaran produk sudah lunas, tapi ada juga penjualan yang memberikan fee nya berkali-kali seperti sebuah software antivirus yang memerlukan langganan setiap tahunnya, si pembeli tentunya akan menghubungi anda kembali untuk memperpanjang biaya tahunan pembelian software antivirus tadi.

Fee yang diterima pastinya bervariasi tergantung penawaran si pemilik produk, nilainya bisa mulai dari $1 - $10.000, yang saya sering temukan banyak orang indonesia yang mempromosikan produk dari clickbank.com, macam-macam teknik yang digunakan, mulai dari membuat sebuah website yang mengkhususkan diri menjual produk tertentu, news letter ataupun menjual di dalam negeri.

2. PPC (Pay Per Click)
Pay-Per-Click
Pay Per Click

Saya yakin semua sudah tau Google Adsense, anda bisa lihat di blog saya ini ada iklan adsense di beberapa tempat, dari namanya Pay Per Click (Dibayar Jika Di klik) nah jika anda mengklik iklan tersebut saya akan mendapat bayaran, tapi syarat untuk PPC ini biasanya lumayan rumit, saat mendaftar dulu saya harus memenuhi beberapa persyaratan seperti memiliki blog yang cukup jumlah postingan, harus berbahasa inggris (kalau sekarang katanya sudah bisa daftar dengan blog bahasa indonesia), tidak boleh ada pelanggaran copyright, jadi semua isinya harus original karya sendiri ataupun jika gambar harus menyebutkan darimana asal gambar tersebut.

Banyak trik yang dilakukan orang agar iklan yang muncul di blog nya memiliki nilai tertinggi diantara pemasang iklan, hal ini dikarenakan iklan adsense yang muncul biasanya memiliki kemiripan dengan konten yang ada di artikel yang dibuat, sehingga jika pembaca saat membaca artikel anda saat mencari lokasi liburan ke bali misalnya, iklan yang muncul biasanya menunjukkan diskon hotel di lokasi liburan, harga atau pemesanan tiket pesawat dan lain-lain yang berhubungan dengan liburan.

3. Iklan Banner
Jika blog anda sudah ramai pengunjung biasanya akan ada seseorang atau lembaga yang menghubungi anda untuk memasang banner dengan ukuran tertentu diblog anda, dengan memasang banner tersebut bisa di jamin anda akan memiliki pemasukan tetap setiap bulannya, contohnya saja kaskus.co.id, untuk seminggu pemasangan bisa mencapai 500 ribu rupiah, coba hitung ada berapa banner yang terotasi tampil di kaskus, itulah salah satu pemasukan mereka. 

Jika anda berkeinginan untuk menjual spot banner di blog anda, pastikan blog anda ramai pengunjung dan memiliki page rank yang cukup tinggi, PR 2 atau lebih, semakin tinggi semakin bagus karena semakin tinggi juga pemasukan anda setiap bulannya, dan tinggal tunggu. Pasti akan banyak tawaran masuk ke email anda untuk memasang banner di blog anda tersebut.

4. Iklan CPM
Bagi yang tidak memenuhi klasifikasi dari Adsense jangan menyerah, ada banyak jaringan pemasang iklan lain yang bisa anda hubungi agar blog anda bisa menghasilkan rupiah untuk anda, salah satunya yang yang berbasis CPM (Cost Per Million) atau cost per impression, jadi anda akan dibayar setiap iklan tersebut di lihat orang lain, memang bayaran yang didapat terkadang sangat kecil, tapi jika blog anda memiliki traffik yang besar tentu akan besar pula pemasukan yang di dapat.

5. Program Keanggotaan
Semakin banyak blogger yang memanfaatkan Program Keanggotaan di blog mereka, hal ini dilakukan untuk mendapatkan konten berkualitas dari si penulis blog, biasanya ini dilakukan oleh orang-orang yang sudah terkenal menghasilkan banyak rupiah dari internet, sehingga mereka membagi dua artikel yang diberikan, satu yang gratis dan bisa dibaca langsung dari blog tersebut, dan satu lagi khusus untuk premium member yang membayar artikel khusus yang berisikan tips dan trik mencari uang dari blog.

6. Training-Konsultasi Online
Sama seperti Program Keanggotaan, beberapa blog menawarkan pelatihan untuk menjadi seorang blogger profesional demi menghasilkan pundi-pundi rupiah dari Internet, ataupun pelatihan CorelDraw, Photoshop dan lainnya, orang yang menjadi member biasanya mereka yang memang memiliki keperluan kemampuan tertentu sehingga mereka memilih mengikuti pelatihan agar cepat menguasai suatu hal.


7. Menjual E-Book
Nah, ini yang paling asik, karena dengan menjual E-Book kita akan mendapat hak penuh dari setiap hasil penjualan yang terjadi, tidak perlu membayar fee, dan sampai saat ini belum ada potongan pajak negara untuk E-Book, apalagi jika E-Book nya merupakan hasil karya tulis kita sendiri.

Contoh nya saja, web berikut http://tarjum.com yang menjual E-Book dari bisnis mlm, bahasan psikologi, sampai kepada Novel hasil karya si empunya blog, tentunya selain memberikan bacaan yang sangat menarik, terutama jika anda tertarik dengan bisnis MLM, sangat cocok membaca artikel di blog tersebut karena empunya blog juga menggeluti MLM.


Nah Sekian dulu artikel saya yang membahas Cara Menghasilkan Uang Dari Blog ini, sampai jumpa di artikel lainnya.

0 Response to "Cara Menghasilkan Uang Dari Blogging"

Posting Komentar