Backlink Terbaik Untuk Blog

08.15


Pengertian Backlink

Bagi sebagian orang terutama blogger pemula sering sekali menanyakan apa sih backlink itu ?. BackLink berasal dari dua suku kata Back (kembali atau tautan) dan Link (alamat), jadi pengertian BackLink adalah tautan alamat antara satu situs dengan situs yang lain, misalnya di situs saya1 ada link yang menuju situs saya2, dan di saya2 ada link menuju situs saya3, dan seterusnya. 

Situs pencari terbesar saat ini adalah Google yang begitu mementingkan backlink yang berkualitas. Algoritma pencarian Google berkisar dari backlink yang bernilai menuju website anda, semakin banyak dan semakin berkualitas backlink yang menuju situs anda, akan semakin bernilai di mata situs pencari.

Backlink-Terbaik-Untuk-Blog
Backlink Terbaik untuk Blog Sobat
Image courtesy of [Stuart Miles] at FreeDigitalPhotos.net
Karena pentingnya sebuah Backlink, banyak orang yang tidak segan-segan mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Namun di lain pihak banyak blogger yang tidak mempedulikan manfaat dari backlink itu sendiri. Mereka hanya fokus memperbanyak artikel dan mempromosikan blog ke berbagai sosial media dan mungkin berharap seseorang yang mendapatkan manfaat dari artikel yang dibuat akan menaruh backlink di blog atau website mereka tanpa imbalan apapun.

Memang tidak ada salahnya berbuat seperti itu, tapi blog itu tetap membutuhkan backlink. Mengapa demikian ? kerena backlinklah yang membuat posisi blog berdiri kokoh di search engine.

Cara Mendapatkan Backlink

Cara-mendapat-Backlink-Gratisan
Cara mendapat backlink gratisan
Image courtesy of [Ventrilock] at FreeDigitalPhotos.net
Ada beberapa cara untuk mendapatkan Backlink website anda secara gratis, tentu cara ini lebih rumit dan ribet di banding dengan membeli backlink secara instant di banyak layanan yang bisa anda cari di Internet, ingatlah selalu bahwa hasil tidak akan pernah menghianati usaha, semakin besar usaha yang anda lakukan akan semakin besar hasil yang anda dapatkan, cara berikut mungkin susah dan bisa membuat jari anda lelah dan otak anda kram, tapi bukan berarti anda tidak bisa melakukannya karena orang lain saja bisa dan terbukti cara-cara berikut bisa digunakan oleh orang lain, jadi, kenapa anda tidak bisa melakukannya ?.
  • Berkomentar di blog orang lain, tinggalkan komentar di blog orang lain, disaat anda melakukan blogwalking tapi isi komentar tidak boleh sembarangan apa lagi jika komentar anda tidak sesuai dengan isi artikel atau hanya sekedar basa - basi. Berkomentarlah yang sesuai agar tidak dianggap spam dan gunakan ID "name url" karena menurut beberapa orang lebih efektif.
  • Membuat blog bayangan (dummy blog), yang dimaksud blog bayangan yaitu blog yang kita buat sebagai sumber backlink ke blog utama. Isilah di setiap blog minimal 10 artikel dan usahakan blog sudah terindex dan jangan lupa suntikan backlink ke blog bayangan tersebut dan tetap link kan artikel yang berkaitan dengan artikel di blog utama, jangan link kan artikel yang tidak berhubungan karena malah akan menjatuhkan nilai blog anda di mata Google.
  • Mendaftar di forum diskusi, caranya daftarkan diri anda ke forum diskusi online mana saja. anda bisa menggunakan kolom signature untuk meninggalkan link anda di mana saja dengan menjawab pertanyaan atau pun membuat thread baru.
  • Tukaran link, ada banyak penyedia jasa tukar link yang memberikan secara gratis, tentunya anda diminta untuk mencantumkan backlink ke situs mereka juga atau carilah teman atau orang yang mempunyai blog untuk diajak bertukar link, tentunya link yang sesuai dengan keyword yang ada di blog anda.
  • Membuat banyak artikel yang kemudian secara rutin mengupdate ke search engine, situs ping dan situs media sosial (Baca Promosi Lewat Facebook) ataupun ke situs social bookmark dengan harapan jika ada yang membaca dan dapat merasakan manfaat dari artikel anda akan tercipta sebuah backlink dari si pembaca tadi.
  • Artikel lain terkait Sumber Backlink

Backlink Terbaik Untuk Blog Anda

Lalu, ketika semakin banyak backlink tercipta untuk blog anda ada pertanyaan yang kembali muncul, backlink yang mana yang terbaik untuk sebuah blog. Berdasarkan informasi yang saya dapat saat berkelana di rimba dunia maya (blogwalking) Backlink terbaik untuk blog adalah Link Natural.

Link natural terjadi jika seseorang menempatkan link mengarah ke blog atau artikel di blog anda atas keinginan sendiri karena menganggap blog anda memiliki artikel yang bernilai dan bisa dijadikan sumber informasi jelas terkait artikel di blog mereka, tapi bukan tidak mungkin backlink natural tidak bisa dibuat sendiri, misalnya lewat piramida backlink, spin wheel backlink ataupun dengan membeli backlink itu sendiri.

Contoh natural link terbaik saat ini adalah Wikipedia, dimana banyak orang yang mengarahkan link di artikel mereka ke wikipedia karena mereka menggunakannya sebagai salah satu sumber referensi terbaik saat ini

Google Update


Algoritma Google saat ini telah dapat membedakan link yang dibuat senatural mungkin, dengan mencatat kapan link tersebut dibuat, dimana posisi sebuah link di suatu halaman, dan hal-hal lainnya. Mungkin anda tidak bisa memaksa seorang blogger untuk memasang link ke blog anda kecuali anda menyambangi rumahnya dan menawarkan martabak bangka ukuran jumbo, ada kemungkinan pemilik blog berkenan dan ikhlas menempatkan link blog anda di salah satu postingannya.

Tapi anda bisa mempengaruhi pembaca untuk menempatkan link ke blog anda, dengan salah satu cara adalah membuat postingan terkait apa yang pembaca anda inginkan, coba pikirkan beberapa topik yang sekiranya pembaca anda inginkan atau pembaca ingin tanyakan sehingga setelah membaca artikel anda mereka akan membuat artikel dengan menggunakan artikel anda sebagai referensinya Baca juga Cara Membuat Artikel Populer.

Backlink Campuran Untuk Blog anda - Backlink Gado-Gado

Variasi-sumber-Backlink
Variasi sumber Backlink
Image courtesy of [stockimages] at FreeDigitalPhotos.net


Pada dasarnya sangat susah terjadi backlink yang natural, karenanya algoritma google tidak bisa secara benar-benar akurat untuk memastikan sebuah backlink natural atau dibuat oleh pemilik blog. 

Cara membuat link campuran ini adalah, jangan menggunakan satu sumber saja untuk membuat backlink, pasang backlink yang bisa anda buat di komentar blog, forum, youtube, pinterest, facebook, twitter, directory, linkedIn dan banyak tempat lainnya, tentunya di tempat yang sekiranya memiliki kesamaan dengan artikel anda.

Jika anda mengandalkan beberapa backlink saja yang mengarah ke blog anda, dengan pasti Google akan menganggap bahwa blog anda tidak memiliki arti penting.

Semakin banyak dan bervariasi link yang mengarah ke blog anda akan semakin baik, karena menunjukkan betapa besar pengaruh blog anda dan hal tersebut bisa menaikkan rangking blog anda.





1 Response to "Backlink Terbaik Untuk Blog"