Strategi Membangun Backlinks Untuk Blog

07.48
Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran backlinks menjadi salah satu faktor penting di dalam SEO terutama Search Engine yang bernama Google. Berdasarkan master-master SEO terkadang Backlinks justru menjadi faktor penurunan atau de-index oleh Google, dalam kasus ini semisal backlinks yang tidak relevan, atau backlinks yang berlebihan.

Peranan-penting-backlink-untuk-kehidupan-sebuah-Blog
Peranan penting backlink untuk kehidupan sebuah Blog
Image courtesy of [Stuart Miles
] at FreeDigitalPhotos.net


Secara logika, sebuah blog yang masih baru dibuat, backlinks yang ada pastil masih sedikit dan jika blog tersebut dirawat dengan baik dan benar, pastinya jumlah backlink akan merangkak naik dengan perlahan, misalnya dalam seminggu bertambah 5 - 10 Backlinks, sedangkan backlink yang tidak wajar akan mendapat penambahan backlink secara drastis, misalnya blog yang berumur 1 bulan secara tiba-tiba dalam 1 minggu jumlah backlinksnya bertambah menjadi 1000. Tentunya sistem algoritma pada search engine akan mengira owner blog tersebut melakukan Spamming dan justru membuat penurunan atau De-Index pada peringkat SERP di search engine.
Oleh karena hal tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membangun Backlinks untuk blog anda :

1. Backlinks yang Relevant

Seringkali kita sebagai blogger tidak peduli asal backlink yang penting sumber backlink ber page-rank besar, sedangkan realitanya kualitas backlink yang kita dapat malah lebih buruk karena konten yang ada tidak berkaitan sama sekali dengan konten di blog kita, misalnya blogger membicarakan SEO, dan sumber Backlink berasal dari situs memasak, untuk mencari baklink yang baik bisa ke sini.

Pasti berkesan aneh kan jika anda sedang membaca soal resep membuat nasi uduk, tiba-tiba ada tambahan resep cara meningkatkan pengunjung ???

2. Asal Backlinks

Rangking yang lebih bagus akan kita dapatkan jika Backlinks yang mengarah ke blog kita berasal dari berbagai website yang berlainan domain dan ip nya misalnya Facebook, Twitter, Forum, blog detik, blog wordpress, wordpress self hosting, dan berbagai situs lainnya. Tentunya yang membahas topik yang sama dengan blog kita. Semakin banyak sumber Backlinks yang kita arahkan ke blog kita, maka akan semakin terlihat natural.

3. Distribusi Backlinks

Untuk blog baru biasanya backlink diarahkan ke halaman utama saja, tapi ada baiknya setelah blog berumur 2 bulanan arahkan backlinks ke artikel yang lain, sehingga backlink yang kita dapatkan lebih natural lagi, misalnya ke artikel sobat yang telah memiliki pengunjung lebih dari 100 dalam sebulan, tidak ada salahnya mulai diberikan backlink, jika sobat butuh tips untuk menulis artikel yang baik silahkan ke sini.

4. Jadwal Backlinks    

Siram backlink ke blog sobat dengan jadwal tertentu semisal 3 - 5 backlinks perhari, jangan terlalu berlebihan dalam mengarahkan Backlinks karena seperti yang sudah disebutkan di kata pembuka algoritma sistem pencari justru akan de-index blog yang terlalu berlebihan dalam mendapatkan backlinks.

5. Internal Link

Tempatkan Internal Link yang menghubungkan konten anda satu dan lainnya, tentunya yang memiliki hubungan misal SEO dengan Adsense, atau Pembuatan Website dengan Membuat Template Website dengan Corel. Hal ini juga bertujuan agar mengarahkan pengunjung ke artikel sobat yang lain, sehingga meningkatkan lamanya waktu kunjungan.

Sekian strategi saya dalam membangun backlinks untuk blog, semoga bermanfaat bagi sobat semua.

0 Response to "Strategi Membangun Backlinks Untuk Blog"

Posting Komentar