Komputer Pertama di Dunia Yang Berusia Lebih Dari 2.000 Tahun

21.36
Antythera-Komputer
Courtesy : Antikythera Komputer Pertama Di Dunia

Antikythera mechanism adalah sebuah komputer manual yang digunakan untuk memprediksi posisi astronomi pada zamannya. Menurut informasi yang didapat Wikipedia alat tersebut ditemukan pada tahun 1900 - 1901 di sebuah kapal laut yang karam di daerah Antikythera di kepulauan Yunani.
Banyak terjadi perdebatan terkait alat tersebut sejak pertama kali ditemukan terkait alat tersebut mulai dari siapa pembuatnya sampai untuk apa kegunaannya, salah satunya ada yang berpendapat alat tersebut dibuat oleh Alien yang mungkin ketinggalan saat mengunjungi Bumi di masa lalu (sumber) Ancient Alient, yang mungkin ada benarnya karena sampai saat ini, tidak ada lagi penemuan alat serupa di belahan dunia manapun di tambah lagi dengan melihat tingkat kesulitan alat tersebut yang bisa dengan tepatnya menghitung pergerakan bulan, bumi dan benda angkasa lain yang memiliki rotasi tidak berbentuk bulat sehingga tidak ada ketetapan pasti kapan benda angkasa melewati posisi yang sama pada selang waktu yang sama.
bentuk-3-dimensi-mesin-antikythera
Desain 3 D Mesin Antikythera Source

Gear-system-pada-mesin-antikythera
Gear System pada Mesin Antikythera Sumber















Ada juga yang berpendapat bahwa pembuatan mesin ini dilakukan oleh seorang jenius pada masanya yang sangat terkenal akan penemuan-penemuan yang dibuatnya, yaitu : "Archimedes".

Hubungan Archimedes dengan Antikythera Mechanisme

Wajah-Archimedes
Lukisan Penampakan Archimedes Sumber


Sebagian peneliti berpendapat bahwa alat ini dibuat oleh Archimedes yang hidup di Syracuse, Yunani antara tahun 287 S.M - 212 S.M. Sejarah mencatat beliau adalah pemikir matematik terbaik yang pernah tercatat sebelum era modern, yang sangat terkenal dengan kisah penemuan di bak mandinya, dimana saat dia berendam di bak mandi dia menemukan teori Hydrostatik, silahkan anda lihat buku-buku pelajaran IPA anda saat SMP atau SMA dan materi Perkuliahan, dapat dipastikan ada beberapa materi yang berkaitan dengan Archimedes.
Jika dilihat dari waktu kehidupan Archimedes dan perkiraan tahun pembuatan Antikythera mechanism, terdapat perbedaan waktu 80 tahun dimana alat tersebut dipercaya dibuat 80 tahun setelah Archimedes menemui ajalnya di tangan pasukan Romawi yang menyerbu daerah tempat tinggalnya tanpa memperdulikan betapa penting hasil pemikirannya bagi dunia. Namun tidak menutup kemungkinan pada saat dia hidup Archimedes telah membuat prototipe alat tersebut namun belum sempat dipublikasikan karena serangan pasukan romawi tersebut yang mengakibatkan tidak hanya Archimedes kehilangan nyawanya namun juga alat tersebut hilang dimakan waktu, mungkin saja sebagian alat yang ada dilebur kembali untuk dijadikan senjata, karenanya sampai saat ini hanya ada satu Antikythera mechanism yang ditemukan.
Sisa-sisa dari mesin tersebut dipercaya sebagai hasil kejeniusan masa lalu, jika saja alat tersebut tidak bernasib buruk dan karam di dalamnya lautan lebih dari 2000 tahun lalu. Mungkin saja masa sekarang ini akan lebih maju dari keadaan sekarang ini.

Apa SebenarnyaAntikythera Mechanisme itu ?

Hasil penelitian selama 50 tahun terhadap pecahan mesin tersebut yang berjumlah total 82 pecahan yang dilakukan oleh karyawan Hawlett-Packerd pada tahun 2005 yang menghasilkan 95% gambaran jelas dari simbol yang terdapat di alat. Kemudian sebuah perusahaan yang bernama X-Tech mengirimkan mesin sinar-x tercanggih pada waktu itu yang menghasilkan gambar 3D dengan resolusi tinggi pada mesin tersebut.

Dengan menganalisa hasil temuan tersebut peneliti dapat menemukan cara membuat dan kegunaan dari alat Antikythera tersebut.
3D-Antikythera-Lengkap
Tampilan Lengkap Antikythera Mechanism Sumber
Alat tersebut dapat menginformasikan phase dari bulan dan benda angkasa lain, dengan selisih hanya beberapa jam saja dari pergerakan yang sebenarnya, sehingga bisa dianggap sangat akurat, Singkat kata untuk membuat alat seperti ini, si pembuat haruslah memiliki pengetahuan yang sangat banyak mengenai data astronomi, dan juga sangat ahli dalam matematika sehingga bisa menerapkan kedua ilmu tersebut dalam sebuah alat yang sangat presisi ini.

0 Response to "Komputer Pertama di Dunia Yang Berusia Lebih Dari 2.000 Tahun"

Posting Komentar