Bagaimana Memulai Sebuah Bisnis Dari Hobi Anda

08.27
Pernahkah anda berfikir melakukan hobi yang anda senangi dan mendapat bayaran karena melakukan aktifitas tersebut. Dengan teknologi sekarang ini bukan tidak mungkin hal tersebut diwujudkan dalam dunia maya. Beberapa tahun silam mungkin dunia digital masih dianggap sebuah dunia lain, dimana internet adalah internet, dengan kemajuan teknologi sekarang ini hampir di semua aspek kehidupan pasti terkait dengan yang namanya internet, mulai dari komunikasi, pengiriman pesan, pembayaran, sampai mencari uang lewat internet sehingga seakan-akan dunia nyata kita menjadi satu dengan dunia Internet, terkadang jadi teringat sebuah film di masa saya kuliah dulu yang berjudul The Matrix yang menceritakan bagaimana dunia manusia ternyata adalah dunia digital yang dibuat dalam suatu komputer canggih yang disebut Matrix.

Kembali ke pembahasan Bagaimana Memulai Bisnis Dari Hobi Anda, seperti yang telah diketahui oleh orang banyak, sangat banyak orang yang telah sukses mencapai kebebasan finansial berkat Internet, bermacam bisnis online yang dilakukan seperti menjalankan hosting, jualan produk, jualan jasa, dan lainnya.
Bisnis Dari Hobi
Bisnis Dari Hobi


Lalu jika suatu ketika anda berfikir untuk mengikuti jejak langkah orang yang telah jauh sukses tersebut dan anda kebingungan mau apa di dunia Internet tersebut ?. Coba tanyakan ke diri anda apa Hobi anda, besar kemungkinannya hobi anda bisa menghasilkan uang untuk anda, jadi anda tidak perlu sibuk mencari sebuah produk yang bisa anda jual ke pasar yang berisikan internet marketing kelas wahid yang mungkin sulit anda saingi. Mulailah mencari di diri anda apa hobi anda, kegiatan apa yang anda senangi ? dan temukan cara mengubah hobi anda menjadi bisnis pribadi anda.

Banyak para ahli yang menganjurkan jika memilih sebuah bisnis yang akan dijalankan berdasarkan dari apa yang kita suka, karena jika melakukan bisnis berdasarkan hobi akan membuat pelaku bisnis nya melakukan aktifitas bisnisnya dengan sepenuh hati dan disertai rasa senang, sehingga tidak cepat bosan, dan tidak cepat merasa lelah.

Dengan melakoni bisnis yang berbasis hobi setidaknya anda sudah memiliki calon pembeli potensial, yang berasal dari rekan-rekan sehobi dengan anda tersebut, sudah umum bahwa demi hobi seseorang rela merogoh kocek nya sangat dalam.





Misalkan anda telah memilih salah satu bisnis yang berbasis hobi anda tidak ada salahnya anda mempromosikan produk ataupun jasa anda lewat internet, sebagai contoh : Jika anda memiliki hobi melukis, anda bisa memajang karya lukis anda di website atau blog pribadi anda, selain sebagai portfolio anda, juga sebagai toko online anda, dan jangan lupa untuk mempromosikan dimanapun sehingga semakin banyak yang melihat akan semakin besar peluang untuk terjadinya transaksi pembelian dan artinya anda mendapat uang.
Hobi Melukis
Hobi Melukis

Selain menjual karya lukis anda, anda bisa saja membuat sebuah blog yang berisikan pengalaman anda saat melukis, bahkan dengan hanya memposting dan membagikan sebuah gambar hasil karya lukis anda bisa menghasilkan uang yang lebih dari cukup untuk membeli semangkuk mie baso.

Nah, jika hobi anda online dan waktu anda yang hanya 24 jam sehari itu banyak dihabiskan di depan Facebook, tidak ada salahnya anda mulai mencoba menghasilkan uang dari kegiatan online tersebut, anda bisa menjual produk atau jasa ataupun dengan membuat aplikasi di facebook, bahkan ada beberapa orang yang dibayar hanya untuk memberikan like sebanyak-banyak nya terhadap status seseorang. Atau anda bisa mengikuti website yang membayar anda untuk mengikuti survey, membuat situs yang berisikan tutorial tentang berbagai program yang anda kuasai, dan lainnya.


Ada beberapa tips tambahan yang saya kutip dari Maxmonroe.com saat melakukan bisnis berbasis hobi tersebut :


1. Buat Batasan Yang Jelas


Tips pertama adalah buatlah batasan yang jelas. Seringkali yang terjadi pada para pebisnis berlatar belakang hobi adalah, mereka tidak membuat batasan yang jelas antara hobi dan bisnis. Akibatnya beberapa hal seperti perencanaan strategi pengembangan bisnis dan juga pembukuan bisnis seringkali terlupakan. Karenanya Anda yang akan membuat hobi Anda sebagai bisnis harus selalu ingat batasan antara hobi dan bisnis yang sedang Anda kerjakan.
Sebagai contoh : Ada beberapa teman saya yang memiliki hobi jual beli barang antik, dan kemudian membuka sebuah lokasi toko antik, namun selama dia memegang kendali di toko pemasukan selalu saja bernilai minus selama beberapa bulan, sampai akhirnya sang istri ikut campur dan menemukan jika sang suami selalu saja membeli barang antik namun tidak menjualnya kembali karena sudah terlalu mengidam-idamkan barang antik tersebut. Yang bisa saja berujung tutupnya toko barang antiknya.

2. Terima Saran Dan Kritik dari Orang Lain


Tips kedua yang harus dilakukan untuk menjadikan hobi sebagai bisnis sukses adalah menerima kritik dan saran dari orang lain. Seringkali pebisnis yang berlatar belakang hobi ini mereka kurang bisa menerima saran dan kritik dari luar diri mereka, karena mereka menganggap dirinya sudah jago dan ahli karena sudah beberapa waktu menjalankan hobi nya tersebut. Padahal dalam dunia bisnis, para pelaku bisnis harus selalu rendah hati dan menerima masukan dari siapapun, terutama dari konsumen agar bisnisnya terus berkualitas dan lebih baik lagi. 
Selalu terbuka dengan saran dan kritik dari konsumen maupun orang terdekat anda, catatan dan cari tahu mengenai saran dan kritik tersebut, mungkin saja dengan mengikuti saran dari pembeli anda bisa semakin meningkatkan hasil penjualan di bisnis anda.

3. Luangkan Waktu Lebih Banyak


Tips berikutnya adalah luangkan waktu Anda lebih banyak untuk hobi anda tersebut. Karena kebanyakan hobi sebelum dijalankan sebagai bisnis dilakukan hanya diwaktu senggang atau luang yang berdampak kurang fokus dengan hasil yang setengah-setengah.

Maka saat hobi dijadikan bisnis Anda harus total menjadikan hobi ini sebgai kegiatan utama Anda. Dengan porsi waktu yang lebih besar, paksa diri anda untuk lebih fokus dan menghasilkan sesuatu yang besar dari saat anda menjalankannya sebagai hobi saja dan tidak lagi setengah-setengah dalam menjalankan hobi anda tersebut.

4. Jangan Cepat Berpuas Diri


Tips keempat adalah jangan cepat berpuas diri. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa para pebisnis yang berawal dari hobi ini umumnya pada saat mendapat untung besar dengan cepat, karena biasanya orang dengan hobi yang sama akan memiliki komunitas, sehingga tidak susah mencari pasar. Efeknya mereka seringkali merasa sudah nyaman dan puas atas pencapaiannya saat itu.

Namun sebenarnya jika mereka mau berusaha lagi, mereka masih bisa naik level yang jauh lebih tinggi. Dan yang juga harus diingat adalah saat bisnis Anda sudah dikenal dan sukses, maka mau tidak mau bisnis Anda akan mendapatkan pesaing yang juga akan mengkikuti jejak Anda. Ini tentu seharusnya membuat Anda terus berusaha dan bekerja keras untuk terus menjadi yang terbaik.

Anda tentunya tidak ingin membuat para pelanggan setia Anda berpaling kepada pesaing karena produk atau layanan bisnis Anda yang tidak ada kemajuan? Ingat teori air yang diam yang akan menjadi buruk jika air itu tetap diam dan tak bergerak. Hal ini sama dengan bisnis. Jika bisnis Anda stagnan dan tidak bergerak maka bersiplah untuk menerima kemungkinan yang buruk yaitu "BANGKRUT".

Ini berlaku untuk semua jenis  bisnis, termasuk bisnis yang berlatarbelakang hobi. Maka dari itu Anda tidak boleh cepat berpuas diri. Anda harus terus bergerak agar hobi menjadi bisnis yang bertumbuh dan berjaya.

Bersukurlah dengan adanya internet ini, jangan hanya mengeluhkan nilai negatif nya saja, coba ambil nilai positif nya juga, anda bisa membuat sesuatu yang berasal dari hobi anda dan mendapat bayaran karena melakukan hal tersebut.

0 Response to "Bagaimana Memulai Sebuah Bisnis Dari Hobi Anda"

Posting Komentar