Memulai Bisnis Online Untuk Pemula Modal Kecil

03.17
Salam sukses untuk para pebisnis yang mampir ke blog saya yang sederhana ini.

Saya membuat artikel yang berjudul Memulai Bisnis Online Untuk Pemula Dengan Modal Kecil ini berdasarkan pengalaman saya pribadi dan sekaligus merangkum catatan - catatan yang berserakan yang saya dapat dari tips dan wejangan-wejangan rekan - rekan yang telah lebih dulu menjalani bisnis online apapun wujudnya.
Bisnis-Online-Modal-komputer
Bisnis Online - Modal komputer
Image courtesy of [renjuth krishnan] at FreeDigitalPhotos.net
Bagi sebagian orang Bisnis Online mungkin di jalankan secara sampingan, terutama pemula, banyak diantara rekan-rekan saya yang berawal dari bisnis sampingan hingga mencapai suatu kondisi dimana harus memilih bisnis online atau kerjaan nyata. Rata - rata mereka dan saya pribadi sudah bekerja dan sudah memiliki pendapatan tetap, alasan memulai bisnis sendiri pun bervariasi, mulai dari bosan menjadi karyawan, ingin punya tambahan diluar gaji, sampai tergiur keuntungan karena melihat hasil yang didapat rekan sejawat yang menjalankan suatu bisnis tertentu.

Pada saat memulai suatu bisnis online acapkali banyak pertanyaan yang timbul di benak kita, seperti :
  • Apa yang mau dijual ?
  • Punya waktu menjalankannya ?
  • Profitnya sebanding tidak dengan investasinya ?
  • Cara menjalankan apa saja ?
  • Ada yang mau beli atau menggunakan jasa kita tidak ??
  • Cocok tidak saya dengan bisnis itu ?
  • dan masih banyak lagi


Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya dan hasil curhatan beberapa teman yang menjalankannya saja, ada sebagian rekan yang mendapat bantuan dari pengajar bisnis online, rekan yang lebih dulu menjalankan bisnis yang sama, tapi masalahnya timbul karena tidak semua orang memiliki sumber daya ataupun senior yang mau berbagi dalam menjalankan bisnis yang sama.

Dari hasil rangkuman saya setidaknya ada beberapa tahapan besar bagi pemula untuk melangkahkan jarinya ke dalam dunia bisnis online ini :

1. Mau jual apa ? jasa atau barang ? atau keduanya ?

Jika anda berada di tahapan ini coba buat catatan apa saja yang bisa dan mau anda jual, lihat sekeliling anda untuk mencari sumber daya apa yang anda miliki, lihat halaman social media anda, tidak ada salahnya juga bergabung di forum-forum jual beli online sebelum memulai untuk melihat apa yang mereka butuhkan dan anda bisa tawarkan dari situs tersebut.

Untuk produk yang bisa dijual sendiri ada berbagai macam benda tapi pada dasarnya ada 3 macam produk yang ditawarkan secara online :

  • Barang fisik : jam tangan, baju wanita/pria, sepatu, handphone, komputer, laptop, smartphone, mobil, motor, herbal, softdrink dan lainnya yang bisa anda kirim dengan jasa pengiriman di lokasi anda.
  • Barang Non-Fisik : Software, Lagu, Video, E-Book dan lainnya yang bisa anda buat atau anda bisa membeli hak reseller produk tersebut, baca jualan artikel online dan jualan desain grafis online.
  • Jasa : Translate bahasa, Pembuatan website, Pembuatan Program, Marketing Travel, Marketing Dropship dan lain hal yang anda kuasai dengan baik.
Coba buat list sedetil-detilnya, anda tidak usah memusingkan barang yang memiliki keuntungan besar, modal anda tidak cukup, karena banyak sekali jalan menuju roma, anda bisa mengikuti program reseller atau dropship yang tidak menuntut anda memiliki modal uang tunai dalam jumlah tertentu, atau jika anda memiliki keahlian anda bisa mencari kebutuhan jasa freelance di situs-situs online yang bertebaran, jika bayaran cocok dan hasil cocok, maka anda akan memiliki reputasi yang bagus dan pendapatan sampingan yang mungkin lebih besar dari gaji seorang karyawan.

Jika anda memiliki koneksi yang bagus dengan beberapa perusahaan anda bisa mencoba peruntungan dengan menawarkan software tertentu yang sekiranya dibutuhkan oleh perusahaan tersebut, baik anda membuat sendiri, ataupun menjadi reseller dari toko tertentu, keuntungan akan jauh lebih besar jika perusahaan tersebut membeli software yang dibuat kustom. Anda juga bisa menjadi reseller E-Book yang banyak bertebaran di Internet, anda tinggal browsing di Google, sudah dapat dipastikan berapa macam E-Book yang bermunculan di hasil pencarian anda. Tinggal anda akan menjatuhkan pilihan mau menjadi reseller yang mana, cari E-Book yang banyak dibutuhkan orang lain, seperti panduan servis komputer, mainboard, power supply, handphone dan lainnya.

Untuk bisnis Jasa Online anda diwajibkan memiliki keahlian tertentu, bahkan keahlian berbicara, terlebih jika anda bisa berbicara dengan berbagai macam bahasa yang dipergunakan manusia di dunia ini, dan coba manfaatkan media social sebaik mungkin, karena bisa jadi pasar terbesar anda berasal dari media sosial, mengingat hampir semua orang memiliki akun media sosial.


2. Buatlah Website

Buatlah website, akan lebih memudahkan untuk pelanggan jika mencari katalog barang-barang ataupun jasa yang anda tawarkan dengan media website, karena anda bisa memberikan informasi sedetil-detilnya di website anda tersebut, anda bisa mengarahkan pembeli potensial ke website anda dari media sosial di saat anda tidak bisa online, sehingga pembeli potensial tersebut akan tetap terhubung dengan anda.

Memiliki website untuk media promosi sebuah bisnis online memang diperlukan namun bukanlah keharusan, jika anda masih memulai bisnis tidak dituntut memiliki website untuk keperluan bisnis anda, namun jika anda berminat anda bisa memanfaatkan situs seperti blogger.com dengan segala keterbatasan dan segala kemudahan yang diusungnya, terbukti banyak orang yang sukses berawal dari brandbisnis.blogspot.com nya masing-masing.

Pergunakan akun media sosial dan website anda utnuk membentuk brand anda sendiri, jangan sampai terlihat kalau anda reseller (jika menjalankan bisnis reseller), dan berani merugi waktu untuk selalu membalas keluhan ataupun pesanan pembeli secepatnya, cantumkan waktu online yang bisa anda lakukan setiap hari di situs atau media sosial anda, dan selalu update stok barang yang anda jual, jangan sampai ada pesanan besar dan anda tidak membalas selama beberapa hari, bisa-bisa anda kehilangan kesempatan tersebut, baca juga artikel cara untuk meningkatkan hasil penjualan anda

3. Promosi

Ini yang paling penting dalam memulai bisnis, saat semuanya sudah siap anda diwajibkan untuk promosi, ada istilah tak kenal maka tak sayang, promosikan bisnis anda di situs strategis, seperti yang sudah saya bahas di atas anda bisa memanfaatkan media social, forum-forum, baca juga strategi untuk memasarkan barang.

Selalu sisihkan waktu ntuk promosi, manfaatkan pengaruh virus mulut-ke mulut, berikan layanan yang baik untuk pembeli anda, berikan barang yang sesuai dengan pembelian, berikan informasi sejelas-jelasnya saat pembeli memilih barang, karena gambar bisa berbeda dengan barang yang nyata.

Jika anda tidak memiliki waktu untuk promosi, anda bisa menggunakan jasa pihak lain untuk membantu anda, seperti Google Adwords, ataupun media periklanan online lokal. Selalu pertahankan kualitas produk yang anda jual, jangan sampai mengecewakan pembeli baru ataupun pembeli lama yang bisa berakibat buruk kedepannya.

Sekian modal awal untuk memulai bisnis online yang bisa saya informasikan, semoga bisa membantu anda untuk memulai bisnis online anda.






0 Response to "Memulai Bisnis Online Untuk Pemula Modal Kecil"

Posting Komentar