Cara Meningkatkan Penjualan Anda

03.57
Dalam hubungan perdagangan baik itu online maupun offline, client memiliki peranan yang teramat penting, karena tanpa pembeli, pedagang tidak akan mendapat uang hingga tercipta istilah "pembeli adalah raja".
Tingkat kesuksesan penjualan dilihat dari berapa banyak produk yang laku terjual, yang tentunya akan banyak pula keuntungan yang didapat, nah untuk semakin meningkatkan hasil penjualan diperlukan strategi seperti berikut :

1. Kualitas Produk
Menjual produk berkualitas menjadi syarat utama jika anda ingin meningkatkan penjualan produk anda, anda tentunya tidak ingin pembeli hanya sekali saja membeli ke toko anda, tentunya anda ingin pembeli tersebut untuk datang lagi ke toko anda untuk membeli produk yang sama atau yang lain, dan juga diharapkan pembeli tersebut akan membantu anda untuk mempromosikan secara tidak langsung mengenai produk yang mereka beli secara mulut ke mulut, dan promosi mulut ke mulut ini merupakan promosi yang paling ampuh mengingat pembeli baru akan datang karena toko anda telah dipercayai oleh saudara, teman dari pembeli baru tersebut.
Dan selalu pertahankan kualitas produk yang anda jual, terkadang saat bahan baku naik atau harga dari produsen mulai mengalami kenaikan penjual akan cenderung mengisi barang di toko nya dengan barang merk lain yang lebih murah, tanpa memperhatikan kualitas barang yang akan mereka jual.
Jika anda memiliki karyawan di toko anda baik online maupun offline, selalu tekankan mereka untuk mengetahui setidaknya cara menggunakan, kualitas dan aftersales (jika bergaransi) dari produk yang mereka jual, seringkali di toko-toko seorang penjaga toko yang ditugaskan menjual hanya bisa merayu pembeli dengan kata-kata manis, misalnya anda mencari power bank dengan merk tertentu, besar kemungkinan anda membawa pulang ke rumah barang dengan merk tertentu yang harga bisa lebih mahal atau sama tapi dengan kualitas yang berbeda, hanya karena jawaban si penjual yang mengatakan sama kok kualitasnya, sama bagusnya, atau sama aja semua. Besar kemungkinan pembeli akan datang sekali saja ke tempat anda dan tidak akan membantu sama sekali menyebarkan info toko anda.
Jika anda menjual produk secara online selalu informasikan sejelas-jelasnya mengenai barang yang akan dibeli, kadangkala sebuah foto produk online berbeda dengan yang di kirim, sehingga jelas-jelas mengecewakan pembeli sehingga tidak akan membeli di toko online anda lagi





2. Berikan pelayanan terbaik
Ada istilah pembeli adalah raja, istilah tersebut dirasakan memang benar, karena uang yang anda terima dari hasil penjualan anda, seberapapun besar toko anda, semuanya berasal dari pembeli. Maka perlakukan pembeli dengan baik, perlakukan mereka sama, walau mereka datang ke toko anda hanya untuk membeli barang yang paling murah yang anda jual, bukan berarti mereka di layani dengan buruk, karena pembeli memiliki "power of the mouth", jangan salahkan pembeli jika mereka menjelek-jelekkan toko anda hanya karena layanan yang berbeda karena mereka membeli barang yang murah-murah saja, mungkin di lain kesempatan pembeli tersebut akan menjadi langganan tetap anda atau bahkan mereferensikan teman atau saudaranya untuk membeli barang yang dibutuhkan di toko anda karena merasa nyaman dengan pelayanan yang anda berikan di toko, seperti memberikan info selengkap-lengkapnya terkait produk yang di cari, menunjukkan barang lain yang berharga sama, memiliki kualitas yang lebih baik, dan macam layanan lainnya yang berkaitan dengan produk dagangan anda.
Ada pepatah lokasi menentukan prestasi, mungkin saja lokasi anda strategis, namun akan kalah saing dengan sebuah toko yang sudah teramat di percaya oleh pembeli, dengan berbagai alasan, toko nya nyaman, layanan ramah, pelayan yang gesit, harga yang murah, sering diberi minuman walau hanya air mineral dalam kemasan, dan berbagai hal lain yang tidak mereka dapatkan di toko sebelah, walau merk yang dijual sama, tapi kesan yang didapat saat membeli menjadi kesan mendalam yang membuat pembeli baru untuk kembali lagi.
Penjualan secara online menuntut penjual untuk 
3. Berikan Bonus dan Insentif
Anda dapat memberikan diskon atau insentif tertentu untuk menarik pembeli, tapi harap di ingat untuk memberikan diskon dengan harga rasional, jangan sampai malah merugikan keuangan toko anda, misal diskon hari raya, beli satu dapat satu, dan lainnya.
Berbagai macam strategi bonus dan insentif yang diberikan oleh toko, misalnya seorang pembeli yang sudah cukup dikenal olah sebuah toko biasanya akan diberikan bonus karena sering membeli setiap bulannya, diberikan harga khusus karena mengajak seorang kawan, diberikan diskon harga karena membeli partai besar, atau memberikan souvenir unik yang berguna juga sebagai media promosi toko anda, seperti kalender saat pergantian tahun, mug yang bertuliskan nama dan lokasi toko anda, kaos yang bertuliskan nama dan alamat toko anda (contoh toko material yang memberikan kaos).
4. Pembayaran Berjangka
Terkadang karena sudah dikenal dan dipercaya seorang pelanggan tetap bisa kita berikan pembayaran berjangka seperti membayar saat gajian, tentunya anda harus berhati-hati jika memberikan kepercayaan semacam ini kepada pelanggan tetap anda, sepenuhnya resiko berada di tangan anda, baiknya juga jangan memberikan barang yang mahal karena akan merugikan anda jika pelanggan tersebut memiliki kesulitan keuangan, akan tetapi jika pelanggan tersebut membayar tepat waktu, sangat besar kemungkinan pelanggan tersebut akan memberikan nilai plus plus kepada toko anda.



0 Response to "Cara Meningkatkan Penjualan Anda"

Posting Komentar