Cara Menulis Artikel Yang Baik

18.09
Bagi Blogger seperti saya yang sedang semangat-semangatnya mencari uang dari aktifitas blogging (menulis, menggambar, mencari backlinks alias bisnis receh yang bisa untuk beli nasi dan sessndok berlian), tentunya sangat sering mendengar istilah konten adalah raja (English : Content is The King), namun sangatlah sulit menulis konten yang sesuai harapan terutama bagi penulis pemula. Karena banyak hal yang ada dipikiran penulis (Korban Blog Sebelah nih) seperti wejangan berikut : "sebuah konten haruslah dibuat semenarik mungkin, konten haruslah bisa memberikan manfaat bagi pembacanya, sebuah kontan haruslah bisa menarik orang dan membuat pembaca bisa berinteraksi dengan penulis", penulis baru malah stress, gelisah, duduk gak nyaman, betis gatel digitin nyamuk ujung-ujungnya gak nulis-nulis dan pergi tidur.










Awal Memulai Menulis
Stop membaca panduan, wejangan apapun, tutup mata dan tarik nafas dalam-dalam, hembuskan perlahan, saat sudah mulai tenang, buka new tab di komputer anda lalu kembali membaca panduan ini : coba fokus kembali apa yang menjadi alasan anda untuk menulis, coba tuangkan alasan tersebut tanpa banyak koreksi dari otak anda, dan biarkan jari-jari anda mengetik kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf sampai mendapat beberapa paragraf.

Jangan dikoreksi dulu dari sebelum anda berhenti menulis artikel, coba simpan dulu tulisan anda, dan lanjutkan menulis judul yang lain, buatlah sebanyak-banyaknya, biasakan diri anda menulis apa yang anda inginkan dulu, entah benar atau salah, jangan ambil pusing, yang penting yakinkan diri anda inilah andalah Penulis Terhebat saat ini.

Monggo menulis .......

Jika sudah lelah menulis dan lagi kurang enak posisi jari cobalah lanjutkan membaca artikel ini, sebelum memulai koreksi artikel anda :

Menulis konten yang berkesan di hati pembaca

Seringkali saat anda menulis sebuah artikel anda berfikir bahwa artikel yang anda tulis itu menakjubkan. tema anda keren dan cara penulisan anda adalah yang terbaik di dunia. Tapi, dalam pandangan pembaca mungkin tergolong biasa saja, tidak ada yang menarik di dalamnya. Jika ada sesuatu yang menarik di dalamnya pun mungkin pembaca belum tentu akan memberikan komentar walau hanya untuk menanyakan sesuatu hal yang membuat mereka tertarik.
Lalu apa tindakan anda, apakah anda sudah membaca kembali artikel anda, mencoba membandingkan dengan artikel yang bertema sama, coba blogwalking untuk melihat konten pada blog orang lain yang memiliki banyak interaksi dengan pembacanya, semoga bisa menemukan cara untuk setidaknya memperbaiki artikel anda kembali dan tidak perlu menulis ulang.

1. Tulislah konten yang bisa menarik orang
Mungkin anda sudah membuat artikel dengan konten yang bagus, tapi masih belum bisa menarik orang untuk membacanya ataupun memberikan komentar di blog anda, nasib dari konten anda hanya akan menjadi pajangan di blog tanpa ada pengunjung yang membacanya. Jika diperhatikan orang-orang sangat suka dengan kontroversi dan sesuatu yang merangsang (jangan viktor).

Rangsangan yang dimaksud disini bagaimana caranya anda bisa menulis sesuatu yang memancing diskusi atau pertanyaan kedepannya, untuk melakukan itu anda perlu menulis konten tentang mereka, pembaca blog anda. Bahasa yang digunakan haruslah jelas dan ringkas dan fokuslah pada hal-hal yang diperlukan oleh orang yang membaca anda, ingat mereka mengunjungi blog anda untuk mencari informasi. Konten yang anda buat haruslah berisi dengan hal yang menarik dan baru mengenai apa yang baru anda alami dan tentunya berisikan informasi yang dibutuhkan bagi pembaca blog anda, saat menulis anggap anda sedang berbicara bertatap muka dengan pembaca anda, dan saat mengkoreksi coba posisikan diri anda sebagai pembaca.

Contoh judul yang memancing orang untuk membaca : "SEO sudah ketinggalan Jaman, sekarang jamannya Batu Akik", "Batu Akik termahal berasal dari Batu Ginjal" atau hal lainnya yang sekiranya membuat orang lain terpicu untuk membacanya bahkan baru judulnya saja. 

2. Pastikan pesan yang anda sampaikan dapat dimengerti dengan baik
Besar kemungkinan bahwa pembaca belum tentu memahami apa maksud yang anda ingin sampaikan , karenanya sangat penting bagi penulis utnuk menggunakan bahasa yang jelas dan ringkas. Walau begitu akan ada juga pembaca yang masih belum mengerti maksud tulisan anda dan biasanya mereka tidak akan bertanya menanyakan penjelasan karena berbagai alasan, seperti "bukan yang saya cari", "cari ke web sebelah males bacanya", "ini apa tulisan gak jelas" dan lain lain, dengan pola pikir seperti ini coba periksa ulang artikel anda kembali untuk memperbaiki tulisan anda, berhati-hatilah dalam menulis kiasan, jangan sampai menyinggung golongan tertentu, dan selalu ingat bahwa tulisan anda harus mampu menarik minat pembaca dalam beberapa detik diawal artikel.
Artikel yang berkesan bukan hanya pada pemilihan judul, namun juga isi yang menarik pembaca, bisa membangkitkan keinginan untuk membaca paragraph berikutnya, dan juga bertanya akan beberapa hal yang menarik perhatian ataupun yang belum dimengerti.

3. Pergunakan Gambar
Artikel akan semakin baik jika diberikan gambar, minimal satu, karena 1 gambar bisa mewakili banyak kata-kata, lengkapi dengan alt = sebuah keterangan gambar apakah itu gerangan ????


Akhir kata :
Jadilah penulis profesional dalam tema apapun, selalu berikan konten yang menarik untuk dibaca, informasi yang berharga, sesuatu yang dapat menggerakkan orang untuk mengkomentari tulisan anda, buatlah pembaca merasa terprovokasi ketika membaca tulisan anda, tapi ingat jangan menggunakan unsur SARA di dalamnya, anda harus tetap menghargai orang lain. 

0 Response to "Cara Menulis Artikel Yang Baik"

Posting Komentar