Panduan Membuat E-Book

02.44
Image courtesy of [Stuart Miles.] at FreeDigitalPhotos.net
Akan tiba waktunya para pemasar online (internet Marketers) akan membuat E-Book mereka sendiri, dengan berbagai alasan yang mendasari yang terutama ingin berbagi pengalaman dan kesuksesan agar orang lain bisa merasakan hal yang sama, namun dalam melangkah untuk membuat E-Book terkadang dihalangi oleh masalah yang ada di dalam calon penulis E-Book tersebut.

Acap kali rasa tidak pede, rasa malu, takut salah, takut banyak yang mencemooh datang menghampiri dan menghalangi seorang penulis, sehingga untuk menulis sebuah E-Book seakan sangat susah dan berat, oleh karenanya, saya yang masih pemula ini, mencoba sharing pengalaman saya saat bertanya-tanya (masih cupu banget) dari beberapa sumber penulis E-Book yang telah banyak dikenal masyarakat dunia Maya.

Buat rencana sedetil-detilnya untuk membuat E-Book, akan membahas apa E-Book anda tersebut ? informasi apa yang akan anda tawarkan di dalam nya, rencanakan juga detil penyusunannya, tahapan demi tahapan, buatlah rencana secara garis besar dulu, mulai dari pengumpulan bahan untuk tulisan anda. Jangan ragu untuk menambahkan materi baru tulisan anda, dan jangan ragu membuang jika anda rasa tidak sesuai dengan tema yang anda maksudkan, intinya anda harus membuat rencana untuk memandu E-Book anda agar tidak keluar jalur sehingga tidak merusak keseluruhan proyek anda.

Saatnya mengedit tulisan anda, baca perlahan-lahan mulai dari paragraph pertama, posisikan diri anda sebagai pembaca yang nanti akan membeli E-Book anda, jangan ragu untuk merubah suatu isi tulisan jika dirasa tidak menggambarkan informasi apa yang anda akan sampaikan, baca sampai selesai, dan ambil waktu bersantai beberapa jam atau mungkin beberapa hari, kemudian baca kembali, masih kah ada perkataan, susunan materi yang masih belum membuat anda yakin, ubahlah kembali dan ulangi sebanyak yang anda inginkan.
Setelah anda membuat rencana dengan setumpuk materi dan setumpuk rencana yang mungkin masih belum tersusun rapih, mulai lah memikirkan apa yang akan menjadi dasar tulisan anda, matangkan konsep yang anda akan berikan ke pada pembaca, pergunakan waktu sebanyak-banyaknya untuk memikirkan konsep, jangan sampai tulisan anda mengalami kebutuan ide ditengah penulisan.

Setelah anda mematangkan konsep tulisan anda, mulailah menulis berdasarkan konsep dan garis besar tulisan yang telah anda siapkan sebelumnya, keluarkan semua ide anda, jangan dulu mengkoreksi tulisan anda sesaat anda mulai menulis, jangan khawatirkan kesalahan-kesalahan kecil seperti singkatan, huruf baku, dan banyak hal lainnya yang bisa menghentikan anda untuk menulis walaupun hanya sejenak, biarkan otak anda yang telah dipenuhi konsep dan materi mengambil alih untuk menulis, jadilah sekreatif mungkin.

Tanpa anda sadari draft E-Book anda baru saja selesai, istirahatkan diri anda sejenak, pergunakan waktu sesantainya, cara ini dipergunakan kebanyakan penulis karena jika dipaksakan mengkoreksi ataupun mengkoreksi sebuah tulisan pada saat pikiran masih dipenuhi dengan materi yang bertumpuk dikhawatirkan malah akan membuat tulisan anda tidak berbobot, biarkan kesalahan yang ada, jangan difikirkan.


Tahap akhir dari mengkoreksi adalah dengan menggunakan jasa orang lain untuk hal ini, anda bisa menggunakan jasa editor ataupun bisa menggunakan jasa teman-teman atau rekan yang tentunya bisa memberikan feedback positif terkait apa yang anda tulis, bisa kan diikuti dengan baik, bisakah info diserap dengan baik, sehingga bisa anda koreksi sebelum anda mulai menjual atau membagikan E-Book tersebut.

dan langkah terakhir adalah mulai menjual atau membagikan E-Book anda, banyak cara yang bisa anda tempuh untuk melakukan hal tersebut, media blog, website, email dan lainnya.

Sekian bahasan Panduan Membuat E-Book untuk Pemula yang dapat saya sampaikan, mohon koreksi jika ada yang kurang, karena informasi tersebut masih dapat berkembang atau berkurang.




0 Response to "Panduan Membuat E-Book"

Posting Komentar