Penyebab Kegagalan Berbisnis Online

18.57
Image courtesy of [ Naypong] at FreeDigitalPhotos.net
Pada awal berbisnis online hal yang diinginkan pastilah, kebebasan finansial, waktu kerja yang bebas, kebanggaan, dan yang paling penting adalah waktu bersama keluarga, bisa mengikuti perkembangan anak, saat pertama duduk, melangkah, bisa mengantar anak ke sekolah, tanpa mengkhawatirkan masalah keuangan.

Beberapa pebisnis online yang sudah sukses adalah role model bagi pebisnis pemula yang bercita-cita seperti mereka, bepergian keluar negeri setiap sebulan sekali, memiliki beberapa mobil dan beberapa rumah.

Yang mungkin belum diceritakan atau dipelajari oleh pebisnis online pemula adalah sejarah panjang di belakang orang sukses tersebut yang penuh pengorbanan, berkorban waktu, bahkan sampai berkorban uang dalam jumlah yang besar.

Bagi pemula terkadang yang dilakukan hanyalah modal nekat, yang untuk sebagian orang berhasil tapi pada orang lain belum tentu berhasil, tetap buat rencana walau hanya jangka pendek, apa yang akan di jual, jual ke siapa. dan juga rumuskan langkah anda untuk merealisasikan langkah tadi jangan sampai modal nekat anda malah menghabiskan modal dan tabungan anda tanpa anda sadari anda tidak dapat menjual produk tersebut karena terlalu mahal dari harga pasar, barang yang anda miliki palsu, baranag yang anda jual memiliki kualitas yang kurang baik dan lain-lain.

Untuk memilih bisnis online, usahakan yang menarik minat anda terlebih hobi anda, misal anda hobi mengkoleksi gesper atau batu akik yang sekarang sedang menjadi trends di masyarakat, coba usahakan bisnis di hal yang sama dengan hobi anda, karena dengan menjalankan bisnis dari hobi akan terasa lebih ringan saat menjalankannya, terlebih koneksi anda telah terbentuk saat anda menggeluti hobi anda.

Pada awal menjalankan bisnis online anda, jangan pernah berharap untuk mendapat keuntungan yang besar, terkadang seorang pemula terlalu berani menentukan target yang terlampau besar yang terkadang menjadi bumerang saat tidak bisa tercapai target sedangkan modal awal yang dikeluarkan terlalu besar terlebih lagi jika modal tersebut didapat dengan berhutang.

Untuk awal sebaiknya kembangkan perlahan bisnis anda namun secara pasti, jangan dulu memberikan target penjualan yang terlalu besar, sambil berjalan perhatikan dengan seksama apa lagi yang bisa anda kembangkan lebih lanjut, di perjalanan tersebut anda mendapat trik dan tips lain yang bisa mendukung langkah anda menjalankan bisnis, sehingga lambat laun bisnis anda akan besar dan ditopang dengan pondasi yang sudah kuat.

Untuk menjalankan bisnis anda tentunya harus mengetahui segala sesuatu terkait produk yang akan anda jual, jangan sampai anda menjual produk yang anda tidak ketahui hanya karena anda tertarik karena teman anda sudah lebih menjalankan lebih dulu. Cari tahu sebanyak-banyaknya terkait produk yang akan anda jual menjadi solusi yang tepat sehingga anda bisa dengan mudah mengetahui ke siapa produk tersebut akan anda jual, mendapat supplier yang murah dengan kualitas yang sama dan informasi lain yang bisa anda dapatkan.

Namanya juga bisnis online, tentunya anda harus bisa online dan tentunya anda membutuhkan website sebagai media promosi dan jual beli anda, anda bisa mendapatkan script website toko online secara gratis yang bisa didownload secara bebas, ataupun membeli paketan dengan hosting dan domain yang anda inginkan sebagai nama toko online anda sehingga anda tidak perlu repot lagi untuk mengonlinekan bisnis anda. Ini adalah investasi anda yang paling penting, karena domain pribadi yang telah anda beli akan menjadi sebuah brand yang dikenal seiring bertambahnya pembelian, selain itu investasilah pada software atau tools lain yang berguna untuk perkembangan bisnis online anda, seperti aplikasi email masal, sehingga anda bisa mengirimkan update an produk terbaru secara cepat ke semua pembeli yang terdaftar di website anda tadi.

Jika produk sudah disiapkan, website sudah berdiri dan tidak ada masalah di sisi scripting program saatnya anda mempromosikan bisnis online anda, berbagai macam cara bisa anda tempuh untuk mempromosikan bisnis anda tapi ingat jangan mempromosikan terlalu berlebih misalnya mengirimkan email terus menerus dengan isi yang sama, khawatir ada member yang akan melaporkan anda sebagai email spammers, anda tentunya tidak menginginkan hal ini terjadi, karena bisa menyebabkan domain anda terblokir dan anda akan kehilangan pembeli potensial yang menerima email dari anda karena email anda akan selalu masuk ke spam inbox yang akan langsung di delete.

Mengenai hasil, sudah disebutkan tadi di atas untuk tidak terlalu memberi target penjualan yang mencapai jutaan jika bisnis online anda baru saja berdiri, mungkin saja di bulan pertama malah tidak ada pembelian sama sekali, jangan pernah menyerah, sabarkan diri anda dan selalu lakukan promosi ke forum-forum, group yang memiliki minat sama dengan yang anda jual, berikan waktu kepada bisnis anda untuk tumbuh dan berkembang.

Seiring dengan waktu selalu teliti kembali mengenai website anda, apakah ada yang tidak sesuai dengan apa yang anda jual, semisal anda menjual produk kesehatan, lihat apakah anda mempromosikan di forum jual beli kendaraan, atau anda menggunakan gambar-gambar yang bukan produk atau kesehatan yang tiadk ada kaitan dengan kesehatan, terlebih anda menggunakan tema yang tidak berkaitan dengan kesehatan. Coba teliti kembali.

Yang paling sering terjadi pada pebisnis online pemula, karena mereka memilih produk yang telah ramai orang jual secara online pula, tentunya akan banyak pesaing yang hadir, jika sudah terlanjur menjual produk yang ramai penjualnya, cobalah mencari inovasi baru untuk produk yang anda jual, semacam diskon, berikan tutorial penggunaan, free antar, dan lain - lain yang bisa menarik pembeli, dan selalu amati pesaing anda dengan seksama.







0 Response to "Penyebab Kegagalan Berbisnis Online"

Posting Komentar