Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

07.44
Usaha-rumahan-modal-kecil
Usaha rumahan modal kecil
Image courtesy of [Idea go] at FreeDigitalPhotos.net
Peluang usaha rumahan - Kadangkala saat ingin menjalankan usaha rumahan, kita akan terbentur di masalah "permodalan", karena kita terbiasa menjadi karyawan dimana semua selalu diperhitungkan, jadi selalu saja beranggapan untuk memulai usaha haruslah memiliki modal yang cukup agar usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar, akan tetapi tidak semua usaha skala rumahan menuntut modal yang besar, ada beberapa usaha yang membutuhkan hanya beberapa ratus ribu saja, atau malah tidak keluar modal sama sekali dengan memanfaatkan apa yang ada di rumah.

Tapi untuk memulai usaha ada satu modal yang harus dimiliki setiap pemilik atau pelaku usaha rumahan tersebut yang bernama "4 K" Keinginan, Kerja Keras, Ketekunan, Keseriusan. Jika seorang pelaku usaha rumahan memiliki 4K tersebut berapapun modal yang dimiliki saat memulai usaha bukanlah masalah besar, karena seiring dengan waktu dan pengalaman yang didapat modal usaha akan terkumpul dan semakin besar.


Jenis usaha ini mungkin terdengar sulit dilakukan oleh orang yang belum mempunyai pengetahuan mengenai jaringan terlebih setting WiFi dan LAN, namun tidak ada salahnya saya sharing di sini karena modal yang diperlukan tidaklah banyak.

Untuk usaha ini diperlukan dana sekitar 1 juta an dan jika bisa berlokasi di perumahan padat ataupun area kost mahasiswa dan tempat lain yang bisa anda pikirkan, dengan peralatan yang diperlukan terdiri dari :
  • Mikrotik Rb-750 tidak perlu baru (sekond 300 ribuan) hanya diperlukan untuk WiFi billing dan manage bandwidth user anda, ataupun Mikrotik OS yang memiliki harga lumayan mahal (mendekati 1 jutaan "kalau asli" kalau bajakan ya tanpa biaya) yang sudah terdapat fitur cache sehingga sebagian website yang diakses user anda akan tersimpan di hardisk sehingga saat user mengakses situs yang sama akan diambilkan dari hardisk mikrotik dan bukan dari internet sehingga bisa menghemat beban jaringan internet anda, 
  • Access Point, saat awal usaha anda bisa menggunakan alat outdoor yang murah meriah, cari saja ada beberapa brand yang murah dengan fitur yang mencukupi di awal usaha anda, terlebih tidak diperlukan antena lagi jadi cukup menaikkan Access Point outdoor tadi dengan sebatang Bambu atau pipa besi.
  • Kabel jaringan, anda bisa mendapatkan di toko-toko komputer dekat rumah, tidak perlu membeli kabel khusus outdoor di awal usaha anda.
  • Jasa setting, jika anda tidak bisa setting sendiri, bayarlah teknisi yang dapat menyetingkan untuk anda
  • Internet, anda wajib memiliki akses innternet, cari paket harga yang sesuai budget anda apakah itu kabel, fiber optic, modem 3g/cdma, pilih yang memiliki kualitas jaringan yang bagus dan jika bisa Unlimited Kuota.
Dengan modal sekitar 1 jutaan, perkiraan harga second plus setting oleh kawan atau setting sendiri sehingga harga murah, anda bisa memulai menjual voucher langganan wifi / hotspot di dekat rumah anda, radius wifi dan besar bandwitdh internet bisa disesuaikan dikemudian hari seiring bertambahnya pelanggan

2. Usaha Jualan Pulsa Handphone, Token Listrik dan PPOB

Usaha ini mungkin terbilang cukup banyak yang menjalankan, tapi tidak usah terlalu khawatir dengan persaingan, cukup ingat berapa jumlah handphone dalam keluarga anda, bisa dipastikan lebih dari 2 nomor handphone yang dimiliki dan dipergunakan, begitu juga dengan tetangga anda, dalam satu Rt ada lebih dari 30 rumah, tinggal kalikan saja dengan 2 nomor, sudah ada 60 calon pelanggan potensial bahkan lebih karenanya tidak usah khawatir anda tidak akan kebagian pembeli, terutama jika harga dan layanan yang diberikan bisa lebih, misalnya "hutang".

Begitu juga dengan Token Listrik, tetangga tidak akan pergi jauh-jauh ke kantor pos, atau atm untuk membeli listrik rumah yang mungkin saja keperluan mingguan hanya sebesar 50 ribu rupiah saja.

Jika anda memiliki akses internet tidak ada salahnya menjalankan PPOB juga, dalam PPOB anda tidak hanya dapat menjual pulsa ataupun token listrik namun juga membuka loket pembayaran PDAM, kredit motor. pembayaran TV berlangganan, Telkom PSTN dan Speedy, Tiket Pesawat, Tiket Kereta, Voucher Game Online, bahkan ada beberapa yang melayani Western Union.

Anda tinggal menyediakan Perangkat Komputer, akses internet (modem), etalase kecil tempat menaruh kartu perdana dan accesories handphone, dan barang dagangan lain yang bisa menambah nilai jual layanan anda. Baik untuk depsit pulsa maupun PPOB biasanya dilakukan dengan sistem deposit, keunggulan PPOB adalah anda bisa mencetak bukti pembayaran yang sah dan memiliki variasi layanan yang lebih banyak, tentunya modal nya tidak sesedikit layanan pengisian pulsa handphone atau token listrik saja, untuk modal awal Pulsa handphone cukup berkisar 100 - 300 ribu sebagai awal usaha, sedangkan PPOB bisa diatas 1 juta rupiah, perbedaan modal ini wajar, misalnya ada yang melakukan pembayaran sepeda motor di PPOB anda, tak jarang modal deposit akan langsung habis maksimal 2 kali transaksi saja mengingat modal anda 1 juta tadi.

Keuntugan yang didapat pun lumayan, utuk setiap transaksi yang berhasil, biasanya penyedia layanan pengisian pulsa atau PPOB akan mengantongi sedikitnya seribu rupiah, kecuali beberapa layanan dalam PPOB yang memberikan fee seminggu atau sebulan sekali, anggap di awal bisnis ada 30 transaksi dalam sehari, anda sudah mengantongi lebh dari 30 ribu rupiah, lumayan untuk jajan anak anda bukan, dan jika layanan anda bagus dan cepat tidaklah mungkin jumlah transaksi harian anda akan semakin naik.

3. Bisnis Makanan/Camilan dan Minuman

Membuka usaha di bidang kuliner memang tidak ada matinya, dengan modal kecil dan ke bersihan dalam mengolah makanan, bisa jadi ini merupakan usaha yang bagus untuk bisnis rumahan anda.

Dalam pelaksanaannya usaha kuliner ini membutuhkan pertimbangan lebih lanjut, sudah adakah yang berjualan di sekitar rumah, makanan atau minuman apa yang disukai tetangga anda, dan perkiraan lainnya.

Lihat sekitar anda, apakah sudah ada yang berbisnis makanan/minuman, jika belum ada anda dapat memilih berbagai ide yang banyak diminati oleh anak-anak dan dewasa, jika sudah ada usahakan jangan menjual produk yang sama atau anda bisa saling mendukung dab bekerja sama  semisal gorengan, pop ice, karedok, lotek, masakan matang, mie ayam, baso, capucino cincau dan masih lagi pilihan yang lain.

4. Usaha Laundry


Jika area rumah anda sebagian besar adalah karyawan ataupun mahasiswa, ini merupakan peluang usaha yang tepat bagi anda, mengingat padatnya jam kerja yang menyebabkan hampir tidak adanya waktu untuk mencuci pakaian, modal yang dibutuhkan terbilang lumayan, tapi untuk awal anda bisa menggunakan 1 mesin cuci saja, dan setidaknya mempekerjakan seorang untuk membantu anda.


Kalau anda tidak mau repot dan memiliki modal yang cukup tidak ada salahnya mengikuti warlaba dari brand jasa laundry tertentu, dengan tenaga profesional yang siap membantu anda membangun usaha laundry anda bahkan ada yang menyediakan tenaga kerjanya juga.

Sekian bahasan usaha yang bisa dijalankan dari rumah, semoga bisa membantu anda untuk memulai usaha berdasarkan modal yang anda punya, dan selalu ingat bahwa modal bukanlah segalanya, dengan modal beberapa ratus ribu saja seseorang sudah bisa berbisnis, karena orang tersebut memiliki keinginan kuat untuk berbisnis.

0 Response to " Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil"

Posting Komentar