Perangkat Jaringan Komputer

Beberapa hari ini banyak anak-anak SMA yang sering datang ke warnet yang katanya mencari informasi tentang jaringan komputer, nah daripada mubazir sekalian saja saya share di blog, hitung-hitung untuk pengingat saya di hari depan siapa tau ada yang mencari tugas seperti ini lagi jadi bisa cepat membuatnya.

I. Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu jaringan komunikasi antara dua komputer atau lebih yang digunakan untuk pertukaran data. Mungkin kita sudah sering sekali mendengar istilah LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Untuk komunikasi 2 komputer atau lebih tapi masih di dalam area yang sama semisal gedung yang sama, bisa di sebut sebagai LAN, bentuk pengaplikasian yang paling kompleks dari WAN adalah Internet itu sendiri, di mana lebih dari satu juta komputer saling terhubung satu sama lain nya.
Biasanya setiap komputer yang terhubung ke jaringan local (LAN) akan diberikan suatu kode unik yang cukup mudah di ingat, seperti 192.168.1.1 atau 192.168.1.2. Akan tetapi untuk WAN dapat di pastikan lebih dari 1 juta unit komputer yang terhubung, karenanya WAN diberikan nama domain untuk menggantikan suatu alamat IP address semisal http://google.com yang sebenarnya jika diakses akan memanggil IP 27.123.1.30.

II.  Fungsi Jaringan Komputer

Di era sekarang ini sangatlah terasa sekali manfaat dari jaringan komputer, berkat hadirnya tekhnologi ini informasi dapat dengan cepat tersebar, selain itu masih ada lagi manfaat dari komputer yang tersambung ke jaringan.

  1. Seperti yang sudah dijelaskan dengan singkat di atas, dengan terhubungnya komputer ke jaringan seperti Internet, informasi dapat disebar luaskan dalam waktu yang sangat singkat, bisa di bilang dalam hitungan detik saja, lihat saja dengan hadirnya E-mail, Aplikasi Chatting, dan juga social media website yang sangat-sangat membantu dalam menyebar luaskan informasi. Sehingga pengguna komputer dapat mencari suatu informasi yang dibutuhkan tanpa harus pergi kemanapun selama komputer nya terhubung ke jaringan.
  2. Dalam segi keuangan pun, berkat adanya jaringan ini, biaya untuk mengirimkan informasi menjadi sangat kecil, dan sangat cepat. Pengaplikasian skala kecil contohnya pada proses penyebaran informasi pada kantor dengan 200 unit komputer, dengan beberapa printer saja, dengan adanya jaringan ke 200 komputer tadi dapat menggunakan printer mana saja dan perusahaan tidak harus membeli 200 printer untuk mendampingi setiap komputer nya.
  3. Dengan adanya jaringan, lahirlah system server, semisal server data terpusat, user bisa mengakses dari komputer mana saja yang terhubung ke jaringan local untuk mengambil datanya sesuai dengan hak mengakses user tersebut.

III. Peralatan Jaringan Komputer 

Peralatan umum suatu LAN yang sering kita temui adalah Lan Card atau biasa disebut NIC (Network Interface Card). Seperti yang sudah sobat ketahui semua pada masa sekarang ini dapat dipastikan di setiap Mainboard/Motherboard komputer sudah terdapat setidaknya sudah ada 1 penghubung ke jaringan yaitu port Lan Card yang sudah terpasang dari pabrikan, alat-alat lainnya yang dibutuhkan untuk membangun suatu jaringan yang lebih luas lagi dapat berupa :

1. Hub
Hub atau Switch adalah alat yang sering sekali digunakan jika menghubungkan lebih dari 2 unit komputer, karena berkat jasa HUB ini lah semua paket data dari satu komputer bisa di kirim ke komputer lainnya.

D-Link Switch HUB
Courtesy of D-Link


2. Access Point
Access Point sering di singkat dengan AP atau biasa kita sebut pemancar WiFI, alat ini berfungsi menyebarkan akses internet dari kabel agar dapat diakses secara Wireless.
Access Point TP-Link
Courtesy of TP-Link


3. Router Access Point
Router adalah sebuah alat yang dapat menghubungkan 2 jaringan network yang berbeda sehingga dapat saling berkomunikasi, semisal IP 192.168.1.0/24 akan dapat berkomunikasi dengan IP 193.178.43.0/24, karena fungsi router itu sendiri yang mampu membagi sekaligus menyatukan segmen yang berbeda.
Router LinkSYs WRT54G
Courtesy of WikiPedia

Router Access point pada penggunaannya serupa dengan Access Point, akan tetapi Router dapat menyatukan 2 IP segmen yang berbeda ataupun memisahkan dan tentunya ada fungsi lain dari Router yang tidak dimiliki Access Point. Penggunaan access point dan router mikrotik sebagai WiFI Corner. Kalau bagi saya ibarat router itu bisa membuat IP sendiri dan membagikannya via fitur DHCP.

4. Wireless Card / Wireless USB
Wireless ini bekerja serupa dengan Lan Card hanya saja system koneksi nya adalah Wireless atau tanpa kabel tidak seperti Lan Card yang berkomunikasi melalui kabel Lan - > HUB -> Router -> Hub -> Tujuan, sehingga bisa mengurangi biaya untuk kabel dan fleksibilitas penempatan komputer. 
Sekarang ini Wireless Card sering disebut Wireless USB karena memanfaatkan port USB jadi tidak perlu lagi di tanam di dalam CPU, sangat berguna sekali terutama pada laptop yang mengalami masalah pada WiFi Internal nya.

D-Link USB Wifi (Wireless USB)
Courtesy of D-Link

TP-Link WiFi Card (Wireless Card)
Courtesy of Tp-Link


5. Modem
Alat yang satu ini termasuk yang sering sekali di dengar “Modem” bentuk nya yang bervariasi mulai dari Modem MiFI, modem USB, Modem ADSL, Modem Fiber Optik dan lainnya. Fungsi nya sebenarnya sudah dijelaskan dari nama alat itu sendiri, Modulator Demodulator yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya.
Modem USB contohnya memanfaatkan port USB untuk mengkomunikasikan data dari komputer yang berbentuk digital ke sinyal analog dengan bantuan modem.

USB Modem Huawei
Courtesy of Huawei
ADSL Modem D-Link
Courtesy of D-Link



6. Lan Kabel
Kabel LAN adalah salah satu media paling dasar yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer dengan perangkat jaringan komunikasi lainnya, banyak bentuk dan variasi dari kabel LAN ini, seperti UTP yang biasa kita pergunakan di kantor, rumah, warnet. Kabel STP yang sering digunakan di jaringan komputer outdoor. Coaxial dan juga Fiber Optik. Kabel tersebut memiliki fungsi masing-masing.

Macam -macam kabel network
Source
Sekian dulu penjelasan singkat soal Jaringan Komputer, jika ada yang ingin di tanyakan silahkan mengisi kolom komentar, akan saya usahakan untuk menjawab secepatnya.

@celuks.blogspot.com

Baca juga tulisan menarik lainnya

2 Responses to "Perangkat Jaringan Komputer"

  1. mas guntur saya masih bingung memmbedakan antara router dengan akses point itu apa ya?

    BalasHapus
  2. begini, kalau menurut saya sih fungsi keduanya sama, merubah sinyal internet melalui kabel menjadi sinyal WiFi, kalau perbedaan access point dia tidak bisa membuat IP sendiri, misal ip access point nya 192.168.1.2 (IP WAN), nah begitu handphone konek ke dirinya akan diberikan IP 192.168.1.3 (IP WAN JUGA) dan seterusnya gimana settingan DHCP pada server/mikrotik. Access point biasanya bisa dipanggil dari IP dari WAN untuk manage nya. misal dipanggil dari PC 192.168.1.5

    Kalau router akan dapat memberikan IP baru (class baru) misal ip dirinya 192.168.1.2 sebagai IP WAN, nah untuk IP LAN dia bisa membuat baru jadi 10.5.50.1 untuk lan nya, dan tidak bisa di panggil di jaringan atasnya misal dari PC 192.168.1.3

    BalasHapus