Perangkat Keras Komputer yang Sering Ditemukan di Komputer dan Laptop

18.00
Mainboard Komputer
Mainboard Komputer
Perangkat keras komputer (Computer Hardware) mengacu pada komponen fisik yang membentuk sistem komputer. Ada banyak jenis peralatan yang dapat di pasang di dalam komputer dapat terhubung ke luar komputer. Peralatan komputer biasanya disingkat hw komputer.
Beberapa Contoh Perangkat Keras Komputer
Berikut adalah beberapa komponen perangkat keras sebuah komputer desktop yang sering ditemukan di komputer modern. Bagian-bagian di daftar berikut ini dapat selalu ditemukan di komputer rumah, sebagian komponen tidak akan terlihat kecuali Anda membuka casing komputer:


Isi dari CPU
Isi dari CPU
  1. Motherboard.
  2. Central processing unit (CPU)
  3. Random Access Memory (RAM)
  4. Sumber energi listrik (lebih dikenal dengan nama asli Power Supply)
  5. Hard drive (HDD) atau Solid State Drive (SSD)
  6. Optical drive (yaitu., BD / DVD / CD)
  7. Card reader (SD / SDHC, CF, dll)


Berikut adalah beberapa perangkat yang sering ditemukan terhubung ke komputer desktop, dalam beberapa model terutama portable komputer seperti tablet, laptop dan netbook sudah menggabungkan beberapa barang-barang ini di dalam body utama nya :

  1. Monitor
  2. Keyboard
  3. Mouse
  4. Baterai cadangan (UPS)
  5. Flash drive
  6. Printer
  7. Speaker
  8. Hard drive eksternal
  9. Tablet pen
  10. Modem internet

Berikut adalah beberapa perangkat keras pada sebuah komputer yang akhir-akhir ini mulai jarnag ditemukan, karena perangkat ini sekarang sudah diintegrasikan ke perangkat lain atau karena telah digantikan oleh teknologi yang lebih baru:


  1. Kartu suara atau familiar disebut soundcard, biasanya sudah terintegrasi di mainboard.
  2. Network interface card (NIC) atau familiar disebut lancard, biasanya sudah terintegrasi di mainboard dan juga mulai tergantikan dengan WiFi Card atau WiFi USB, untuk menggunakan port ini diperlukan modem yang memiliki port lan juga dan kabel jaringan.
  3. Kartu ekspansi (Firewire, USB, dll), Mainboard masa sekarang ini memiliki port USB yang semakin banyak, ditambah dengan kehadiran USB 3.0.
  4. Kartu hard disk, sejak hadirnya port SATA pada mainboard yang semakin banyak jumlah nya dan juga semakin besar dan cepatnya hardisk, kartu tambahan seperti ini mulai hilang dengan sendirinya, hanya beberapa jenis komputer yang menggunakan alat ini seperti webhosting, data centre.
  5. Analog modem, seiring perkembangan jaman, modem analog mulai tertinggal. Digantikan dengan modem yang berkecepatan tinggi dengan kemampuan wireless.
  6. Scanner, fungsi scanner sudah hadir pada printer. Jadi mulai sedikit orang yang membeli scanner. Terlebih sejak hadirnya photo digital.
  7. Proyektor, tidak semua komputer pribadi menggunakan proyektor karena selain harganya yang mahal dan fungsi nya yang hanya sewaktu-waktu saja seperti sedang presentasi, memutar film dll.
  8. Floppy drive, sudah tergantikan oleh USB Flash Drive yang dapat menampung data hingga 2 TB (Cek Toko Online)
  9. Joystick atau juga disebut game stik, game jaman sekarang mulai jarang yang menggunakan alat ini. Kebanyakan terfokus pada mouse dan keyboard.
  10. Kamera web, lebih dikenal dengan nama webcam, untuk komputer pribadi jarang yang menggunakan alat ini, kecuali ada keperluan, bahkan pengguna Laptop pun termasuk jarang menggunakan alat ini.
  11. Mikrophone, seperti webcam nasib microphone termasuk jarnag digunakan, kecuali ada keperluan saja seperti video meeting atau membuat content youtube hehehe.


Perangkat keras (Hardware) berikut ini dikenal pengguna komputer sebagai Peralatan jaringan komputer yang sering menjadi bagian dari jaringan rumah, warnet ataupun kantor:


  1. Modem digital (Modem USB, Modem kabel, Modem built in WiFi Router, Modem Fiber Optic dll)
  2. Router
  3. Switch jaringan
  4. Access Point 
  5. Wifi Repeater
  6. Print Server
  7. Firewall


Hardware jaringan tidak sejelas jenis lain dari perangkat keras. Sebagai contoh, banyak router rumah sering bertindak sebagai kombinasi dari router, switch dan firewall.

Selain semua perangkat yang tercantum di atas, ada banyak perangkat lainnya yang disebut perangkat tambahan, komputer sobat di rumah mungkin memiliki beberapa di antaranya atau malah memiliki semua nya :
Komputer Casing
Komputer Casing


  1. Kipas (CPU, GPU, perumahan, dll)
  2. Heatsink
  3. Kabel data (SATA, PATA)
  4. Kabel listrik
  5. Baterai CMOS

Jika sobat berniat untuk mengganti perangkat keras di atas dengan tujuan upgrade atau ada kerusakan harap cari tahu tipe dan jenis perangkat tersebut, sebab beberapa perangkat dengan nama yang sama tidak bisa di gunakan di dua komputer karena perbedaan generasi. Untuk contoh nya adalah VGA, komputer tahun 2006 masih menggunakan VGA berjenis AGP sedangkan VGA untuk komputer masa tahun 2012 sudah menggunakan PCI - Express.


Penanganan Kerusakan Pada Perangkat Keras (Hardware) Komputer
Perangkat keras pada komputer selama digunakan akan mengalami pemanasan (saat digunakan) dan pendinginan saat tidak digunakan yang memicu datang nya kelembaban dan pada akhirnya, setiap komponen pada komputer akan mengalami kerusakan. beberapa komputer bahkan mengalami kerusakan secara bersamaan.

Untungnya, hampir semua bagian pada komputer personal (PC) dapat diganti, dan sebagian komponen pada laptop / notebook dapat diganti. Lain cerita nya jika terdapat kerusakan pada tablet, embedded komputer, mini pc dan beberapa portable komputer lain, apa sih perbedaan laptop dengan notebook atau netbook?.

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi komponen komputer yang perlu anda periksa sebelum pergi untuk membeli sebuah hard drive baru, mengganti RAM, atau komponen lainnya yang mengalami kerusakan:

Random access memory (RAM)
  1. Kapasitas RAM (2 GB, 4 GB, 9 GB)
  2. Model RAM (DDR3, DDR4)
  3. Frekuensi RAM.
RAM 2 GB DDR3
RAM 2 GB DDR3



Hard Drive
  1. Kapasitas hardisk.
  2. Dimensi hardisk (2,5 inch - 3,5 inch).
  3. Jenis Hardisk (SSD - Piringan Magnet)
  4. Port hardisk (SATA - PATA)
Hardisk
Hardisk


Kipas Komputer
  1. Daya kipas (8Watt dll).
  2. Jenis kipas (kipas casing, kipas processor, kipas VGA).
Mainboard
Mainboard



Mainboard
  1. Jenis mainboard.
  2. Socket Processor (775, 1155, 1150 dll).
  3. Fitur di mainboard (VGA, Sound, USB 3.0, SATA 2, Port Lan dll).
Socket Mainboard
Socket Mainboard


Processor
  1. Socket Processor.
  2. Kecepatan Processor (Core i3, Dual Core, dan lain lain.
  3. Memori Processor (Cache Memori)

Processor
Processor

Sekian beberapa pengertian mengenai perangkat keras komputer yang dapat kami hadirkan untuk berbagi pengetahuan hari ini sob. Sampai jumpa di artikel kami lainnya.

0 Response to "Perangkat Keras Komputer yang Sering Ditemukan di Komputer dan Laptop"

Posting Komentar