Apa sih Perbedan laptop dan notebook ?

06.00
Apa sih Perbedan laptop dan notebook ?

Sebelum kita mulai membahas perbedaan laptop dan notebook ya sob, kita bahas sedikit sejarah laptop yang pertama kali dilepas ke pasaran pada tahun 1981 yang dikenal dengan nama osborne 1 dengan harga mencapai $1795. Memiliki dimensi layar lima inchi dan keyboard yang menempel di samping nya namun laptop pertama ini memiliki bobot mencapai 12.5 kilogram.

Macam Macam Portable Komputer
Macam-Macam Portable Komputer
Seiring perkembangan nya laptop banyak digunakan karena tingkat kesibukan pengguna yang semakin tinggi, laptop menjadi solusi bagi pekerja yang sering bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya tapi tetap membutuhkan komputer sebagai alat untuk bekerja.

Pengertian Laptop
Laptop adalah sebutan untuk personal computer (PC) yang selain menggunakan listrik juga dapat menggunakan baterai untuk sumber daya nya. Laptop memiliki keyboard, touchpad dan layar yang menyatu dalam satu perangkat yang ringkas, mudah di bawa dan di simpan di tas atau koper.

Pengertian Notebook
Notebook adalah sebuah laptop yang lebih ringkas lagi, lebih kecil dan lebih ringan tapi memiliki fitur selengkap laptop tanpa ada pengurangan berarti. hayo looo bias banget ya bedanya heheheh..


Perbedaan Laptop dan Notebook

Sebenarnya model untuk komputer portable bukan hanya laptop dan notebook saja tapi ada banyak model lainnya yang saat ini beredar dan digunakan, berikut sekilas mengenai komputer portable tersebut.
  1. Laptop (portable komputer yang memiliki dimensi 14 inch ke atas, memiliki fitur lengkap ada DVD Room hingga speaker).
  2. Notebook (lebih kecil dari laptop).
  3. Netbook (seperti notebok hanya saja memiliki dimensi lebih kecil dan juga pengurangan fitur seperti DVD Rom).
  4. Ultrabook (memiliki dimensi kecil, lebih tebal dari notebook dengan fitur yang lebih lengkap dan harga yang lebih mahal).
  5. Tablet (keyboard dan mouse menyatu dengan layar touchscreen dan untuk fitur tertentu membutuhkan keyboard tambahan).
  6. Chromebooks (laptop atau notebook yang menggunakan sistem operasi Google Chrome).
  7. Macbooks (Laptop buatan Apple yang mengunakan maxOS sebagai sistem operasi nya).
  8. iPads (Tablet keluaran Apple dengan iOS sebagai sistem operasinya).
  9. Android Tablet (Tablet yang menggunakan sistem operasi Android keluaran dari google).
Perbedaan antara laptop dan notebook tidak terlalu jelas, biasanya laptop memiliki bobot hingga 2,5 kg dan memiliki ketebalan antara 4 sampai 6 cm. Sedangkan portable komputer yang disebut dengan notebook memiliki bobot 1,5 kg dan memiliki ketebalan hanya 1.5-3 cm saja. Biasanya layar notebook cukup kecil untuk di bawa di tas ransel, tas jinjing ataupun koper karena ukuran layar biasanya di bawah 15 inch.

Bobot dan Portabilitas
Perbedaan bobot mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu penting, tapi bayangkan jika harus membawa laptop yang memiliki bobot lebih berat dari notebook di dalam tas ransel sambil berjalan kaki sejauh beberapa km. Akan tetapi bobot yang ringan akan membuat harga laptop semakin mahal.

Selain itu ukuran layar laptop yang di bawah 13 inch kadang malah menyusahkan penggunanya, karena susah melihat tampilan layar, ditambah lagi cukup repot saat digunakan untuk mengetik. 

Dibandingkan dengan beberapa tahun lalu harga komputer portable semakin menurun seiring dengan banyaknya pengguna komputer portable, tapi jika dibandingkan dengan komputer desktop yang dapat dengan mudah di upgrade komponen nya, komputer portable kalah telak. Karena hanya beberapa komponen saja dari komputer portable yang bisa di upgrade seperti RAM dan hardisk saja.

Harga sebuah komputer portable di tentukan oleh variasi komponen berikut :
  1. Processor (CPU), semakin tinggi kecepatan processor akan semakin mahal.
  2. Graphics (GPU), komputer spesidikasi gaming akan lebih mahal dari spek office.
  3. RAM, semakin besar kapasitas RAM akan semakin mahal.
  4. Hardisk, semakin besar kapasitas hardisk dan semakin cepat hardisk diakses akan semakin mahal seperti SSD yang berkapasitas 256 GB bisa mencapai harga 1 jutaan, sedangkan hardisk piringan biasa berkapasitas 1TB hanya 700 ribuan saja.
  5. Merk juga mempengaruhi harga sebuah komputer portable.

Waktu Hidup Baterai

Semakin lama baterai komputer portable bisa dipakai maka akan semakin mahal harga komputer tersebut, beberapa komputer mulai menggunakan komponen yang irit sumber daya seperti SSD, processor yang irit listrik dan komponen lainnya.

Beberapa komputer portable ini ada yang sanggup beroperasi hingga 10 jam lebih dengan 1 x charge baterai nya saja, tentunya dengan penggunaan standard seperti pengetikan, browsing-browsing dan hal lainnya kecuali bermain game, video editing dan audio editing.

yang perlu di ingat adalah waktu hidup baterai akan berkurang seiring sering nya penggunaan. Pada awal pembelian mungkin saja portabel komputer sobat bisa menyala hingga 10 jam, setelah beberapa bulan atau tahun waktu hidup semakin berkurang hingga hanya 2-3 jam saja.

Resolusi dan Ukuran Layar
Portable komputer biasanya memiliki layar yang tidak besar, mulai dari 5 inch sampai 15 inch saja, beberapa tipe memang bisa sampai 20 inch, tapi mayoritas pengguna memilih sampai 15 inch saja dengan berbagai alasan.

Kebanyakan laptop/notebook hadir dengan resolusi 1366 x 768 pixels, yang dapat digunakan untuk menonton film dengan resolusi HD 1080p (1920 x 1080). Ukuran ini sudah cukup untuk kebanyakan pengguna kecuali gamer hardcore atau yang hobi menonton film dengan resolusi 4K tentunya wajib membeli laptop dengan resolusi pada layar sebesar 3840 x 2160 pixel.



Konektivitas

  • Port LAN, walaupun portable komputer sudah dibekali dengan koneksi wifi, port LAN tetap masih hadir di banyak model laptop yang beredar di Indonesia, karena masih kurang nya WiFi router yang tersedia dan juga koneksi wireless masih kalah cepat dibanding kabel.
  • DVD Room, pada laptop ini adalah fitur yang mulai di tinggalkan karena hadirnya USB Drive dan juga External hardrive. Hampir semua fitur DVD dapat digantikan oleh USB drive. Bahkan untuk melakukan instalasi sistem operasi komputer pun sudah dapat dilakukan melalui USB.
  • HDMI Port, hampir semua laptop dan notebook sudha memiliki port HDMI, port ini sangat berguna untuk di koneksikan ke layar TV, Monitor, proyektor dan alat - alat lainnya yang memiliki HDMI port, dengan port HDMI juga bukan hanya gambar yang di transfer ke TV atau monitor tapi juga suara.
  • USB Port untuk sekarang USB tampaknya sudah menjadi port wajib yang hadir di sebuah laptop atau notebook terlebih sejak hadirnya USB 3.0 yang di tandai dengan warna biru.
Sistem Operasi

Untuk sekarang sistem operasi paling populer adalah Windows, baik itu Windows 7, windows 10 ataupun versi windows lainnya, mulai dari SD kita pasti sudah dikenalkan dengan sebuah komputer yang menggunakan Windows sebagai sitem operasinya, nah jika sobat senang mencoba tantangan baru dan memiliki keinginan agar laptop atau notebook sobat tidak di pergunakan oleh orang lain dengan tenang sebaiknya piih Linux sob, heheheh karena tidak semua orang bisa mengoperasikan linux dan keamanan linux lebih ketat, dan free untuk di pakai, di edit dan di sebar luaskan.

Nah Sob setelah kita ngebahas lumayan puanjang dan lebar terkait perbedaan laptop dan notebok, serta apa saja sih yang harius sobat perhatikan saat akan membeli sebuah laptop atau notebook atauppun malah ingin membeli netbook, balik lagi nih mau pilih komputer portable yang mana, Laptop atau Notebook nih ?, sebaiknya sih beli saja dua-dua nya hehehee   untuk membaca artikel lainnya silahkan ke halaman utama ya sob....



0 Response to "Apa sih Perbedan laptop dan notebook ?"

Posting Komentar