Apa sih yang dimaksud dengan komputer itu??

06.00

Yang dimaksud komputer adalah sebuah alat yang dapat melakukan pemrosesan, perhitungan dan
operasi berdasarkan  instruksi dari software atau hardware. Alat ini di design untuk menghubungkan hardware dan software sehingga dapat menyimpan data, mengeluarkan data dan memproses data.

Asal muasal kata komputer pada awalnya adalah sebuah gelar yang diberikan kepada manusia (manusia komputer) yang dpaat melakukan perhitungan numeric dengan bantuan kalkulator mekanik seperti abacus dan slide rule.

Pada perkembangannya, gelar itu menjadi nama panggilan kepada seperangkat alat yang kemudian hari menjadi pengganti dari manusia komputer tersebut. Komputer sekarang ini menjadi berkembang menjadi perangkat yang lebih maju dimana komputer sekarang dapat menyimpan data, memproses data, menghasilkan data baru hasil pengolahan tadi dan juga menyimpan data hasil pengolahan.


Secara garis besar komputer terdiri dari dua kategori utama yaitu software dan hardware, dimana kedua kategori ini saling berhubungan untuk mempermudah pekerjaan manusia pengguna nya.


  1. Hardware Komputer, Komputer terdiri dari beberapa komponen penting yang terdiri dari prosessor komputer, memori, hardisk, port untuk komunikasi dengan perangkat lainnya.
  2. Software Komputer, Software diciptakan untuk memudahkan manusia berkomunikasi dengan mesin, dengan menggunakan software waktu pengerjaan pembacaan, pembacaan dan hasil bisa lebih cepat. 

Sejarah Singkat Komputer
Komputer digital pertama diciptakan pada tahun 1943-1946 (perang dunia ke dua) yang diberi nama ENIAC, ini adalah komputer yang bisa disebut komputer sebenarnya. Kehadiran ENIAC bertujuan untuk membantu human komputer untuk melakukan perhitungan dengan cepat dan juga mengurangi kesalahan.

Komputer generasi ini hanya dipergunakan di beberapa tempat khusus seperti tempat bisnis,kampus dan juga lembaga pemerintahan karena masih menggunakan tabung vakum dan juga memakan ruang yang sangat besar, sebelum akhirnya digantikan oleh transistor yang memiliki ukuran yang kecil dan harga lebih murah sehingga memungkinkan komputer untuk dimiliki oleh banyak lapisan masyarakat bahkan oleh orang biasa sekalipun.

Komputer Jaman Now
Komputer saat ini sangatlah mempermudah pekerjaan manusia, tidak hanya melakukan perhitungan namun bisa melakukan berbagai hal, seperti aplikasi untuk desain grafis, membuat animasi, membuat dokumen untuk kemudian di cetak dan di edit kembali di lain waktu atau pun di kirimkan via internet dan masih banyak hal lainnya yang dapat dilakukan komputer.

Komponen Utama
Seperti sudah disebutkan sebelumnya komputer sekarang ini sudah semakin kompleks penggunaannya, begitu juga dengan perangkat yang menyusun komputer, di dalam sebuah komputer terdapat banyak sub-komponen di dalamnya, seperti perangkat keras berikut :
1. Processor
2. Mainboard
3. Case
4. DVD-Room
5. Kipas Casing
6. Power Supply
7. VGA
8. RAM
9. Lan card
10. Monitor
11. Keyboard
12. Mouse
13. Speaker
14. Printer
15. Microphone

Komponen Penting Komputer
Sebuah komputer tidak memerlukan semua komponen yang disebutkan di atas untuk dapat bekerja dengan baik, setidaknya komputer akan dapat dipergunakan jika memiliki perangkat berikut.

1. Monitor untuk melihat data
2. Keyboard
3. Mouse
4. Case
5. Mainboard dengan VGA dan Lan port built in
6. Processor
7. Ram
8. Hardisk

Dengan komponen tersebut sudah dapat untuk menghidupkan dan menggunakan komputer untuk melakukan banyak hal, akan tetapi komputer tersebut tidak bisa melakukan pencetakan, tersambung ke internet dan hal lainnya.

Tipe Komputer
Seiring perkembangan jaman kebutuhan manusia semakin beragam dan semakin banyak, sehingga sebuah komputer sekarang ini bukan hanya sebuah desktop computer yang besar tapi juga berkembang ke berbagai ukuran dan bentuk seperti.

Secara garis besar sebuah komputer di klasifikasikan berdasarkan kemampuan hitung nya, kapasitas, ukuran, mudah di pindahkan dan faktor lainnya seperti berikut ini.


  1. Desktop Komputer, sebutan untuk satu set komputer yang terdiri dari monitor, processing unit (CPU), keyboard, mouse dan perangkat lain seperti printer, speaker, dvd room dan lainnya, memiliki ukuran yang berat dan memakan ruang
  2. Laptop, bentukan laptop portable yang dapat menggantikan sebuah desktop komputer dengan tidak mengalami pengurangan fitur, biasanya memiliki ukuran layar lumayan besar, baca juga perbedaan laptop dengan notebook.
  3. Netbook, sebuah laptop yang mengalami pengurangan fitur dimulai dari layar yang hanya 11 inch, biasanya tanpa ada kehadiran dvd room, dan juga processor yang hemat daya dan kalah cepat di banding dengan laptop.
  4. Tablet, tablet yang beberapa tahun ini ngetrend banget ini merupakan salah satu dari bentuk portable komputer yang cukup lengkap, banyak fitur di sematkan di dalam nya berkat sistem operasi android yang hadir dan juga adanya layar touchscreen dan juga kamera yang terdapat di dalam nya.
  5. Smartphone, smartphone adalah sebuah tablet yang lebih kecil namun bisa digunakan untuk melakukan panggilan (telephone) dan juga berkirim pesan dengan bantuan kartu SIM, smartphone dalam perkembangan nya sangat lah bervariasi seiring dengan penggunaan yang sangat massal di berbagai lapisan masyarakat.
  6. Game konsol seperi Xbox dan PS3, perangkat ini memiliki perangkat komputer di dalamnya, dimana pemain dapat saling terhubung dengan menggunakan jaringan internet.
  7. Thin Client, untuk teknologi thin client yang dulu sempat marak di beberapa warnet / tempat kursus / office kecil. Teknologi ini lahir karena keterbatasan lisensi suatu program. Dengan hanya menggunakan 1 PC server dan beberapa perangkat Thin Client user akan dapat menggunakan program yang ada di server secara bersama-sama, cukup dengan 1 licensi saja.
  8. Embedded seperti mini PC, ATM, Smart TV, VCR dan banyak lagi.
  9. Super Komputer, super computer mungkin sekarang ini dapat di contohkan sebagai cloud yang banyak di pakai di berbagai hosting service. Super computer biasanya menggabungkan beberapa komputer menjadi 1 jaringan terpadu dimana kecepatan proses menjadi berkali-kali lipat.
  10. Mikro komputer. Mikro komputer atau juga mini pc adalah perangkat pengganti CPU Set, dimana di dalam alat ini sudah ada hardisk, memori, dan juga ram dan VGA, biasanya memiliki bentuk serupa dengan Thin Client tapi sudah termasuk sistem operasi di dalam nya.
  11. PDA. Perangkat yang dulu sempat trend ini sekarang ini sudah kalah oleh SmartPhone, semua fitur yang ada di PDA dapat di hadirkan di smartphone.


Nah sob, sekian dulu nih sharing singkat mengenai pengertian komputer, sejarah komputer dan macam-macam komputer personal dan komputer portable kali ini, sampai jumpa di artikel lainnya.





















.










0 Response to "Apa sih yang dimaksud dengan komputer itu??"

Posting Komentar