10 Sayuran dan Buah Hidroponik yang bermanfaat bagi tubuh manusia

06.00
Kali ini kita bahas lagi soal sayuran dan buah Hidroponik sob, ada 10 macam sayuran dan buah yang kali ini akan di bahas, tentunya jumlah sayuran dan buah yang dapat di tanam dengan metoda hidroponik lebih dari 10, tapi kita pilihkan 10 teratas aja ya sob.



Seperti yang sudah disebutkan kalau pengertian hidroponik itu adalah sebuah metode untuk menumbuhkan tanaman dengan air, tanpa menggunakan tanah. Mineral dan nurisi yang dibutuhkan tanaman diberikan melalui air dengan konsentrasi yang tepat sehingga tanaman bisa mengahasilkan buah dan sayuran yang lebih maksimal. Nutrisi untuk tanaman dengan air ini disebut AB-MIX.

1. Tomat
Tanaman sayur buah ini sangat familiar sekali ya sob, di jadikan buah enak, di campur di sayuran makin enak. Tanaman tomat hidroponik dapat di tanam bahkan dengan botol air mineral sekalipun. Dengan pemberian nutrisi AB-Mix yang tepat akan membuat pohon tomat menghasilkan buah yang banyak sepanjang tahun dan dengan rasa yang enak, pas manis dan asam nya sesuai jenis dari tomat nya.

Buah dan sayur tomat ini sangat kaya akan Vitamin A, C dan asam Folat, selain itu dalam tomat juga terkandung antioksidan yang dapat membantu melawan penyebab penyakit jantung, diabetes dan juga kanker.

2. Selada atau Lettuce
Hampir semua yang menanam sayur dengan metode hidroponik dapat dipastikan menanam selada, karena selada termasuk tanaman sayuran yang sangat sedikit memiliki hama, menggunakan ruang yang cukup kecil. Jarak tanam selada akan maksimal di jarak minimal 20 cm.

Masa panen selada pun cukup sebentar hanya sekitar 40 hari dari semai (tergantung jenis). Kalori yang ada pada selada juga sangat rendah akan tetapi selada emngandung nutrisi yang menyehatkan tubuh manusia dan juga bisa mencegah penyakit.

Selada kaya dengan Vitamin A, C dan K. Selain itu selada juga mengandung berbagai mineral seperti zat besi, Kalsium, Magnesium dan juga Kalium yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjalankan metabolisme.

3. Timun

Hayo ngaku siapa yang gak suka timun, sayuran buah yang satu ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai masakan atau makanan di berbagai pelosok Indonesia, mulai dari rujak, acar, lalapan sampe ke hamburger.

Timun adalah salah satu buah yang kaya manfaat sehingga cocok untuk di tanam di kebun hidroponik sobat. Memang jarak tanam nya agak berjauhan seperti tanaman buah lainnya, di jarak sekitar 30-40 cm dan nutrisi yang mencukupi tanaman ini akan tumbuh dengan subur dan menghasilkan buah yang banyak.

Sayuran buah yang kaya akan air ini ternyata memiliki kandungan nutrisi mikro yang sangat memadai untuk manusia seperti kandungan zat besi, sodium, kalium, magnesium, calcium dan zinc. Selain kaya nutrisi timun juga mengandung vitamin B, C dan asam folat.

Kombinasi antara nutrisi dan vitamin tersebut menjadikan timun berkhasiat untuk membersikan tubuh dari kolesterol, memperlambat proses penuaan dan mengatur metabolisme tubuh.

4. Daun Bawang

Udah ga perlu di jelasin lagi ya sob, siapa yang ga kenal daun bawang. daun yang satu ini banyak sekali di pakai dalam berbagai masakan. Ga ada salahnya memasukkan daun bawang sebagai salah satu tanaman wajib dalam rak hidroponik mu sob.

Daun bawang termasuk tanaman yang cepat tumbuh, bisa di panen dalam waktu 5 mingguan, kalau untuk komsumsi sendiri sebaiknya jangan di cabut sob, tapi potong saja biar tumbuh daun baru. Sehingga sobat bisa panen terus setiap 3-4 minggu sekali.

Antioksidan yang hadir di daun bawang terbukti bermanfaat untuk mencegah kerusakan DNA dan jaringan kulit. Daun bawang juga kaya akan vitamin C dan K yang sangat berguna untuk kesehatan tulang. Daun bawang secara tradisional juga dimanfaatkan untuk perawatan penyakit flu dan pilek. Selain itu daun bawang juga kaya akan vitamin B dan vitamin A.

5. Paprika
Paprika dapat tumbuh dengan kondisi dan nutrisi yang mirip dengan tomat, tapi tidak semua lokasi dapat menanam paprika karena paprika meminta suhu yang stabil, tidak dingin tidak juga panas agar bisa berbuah maksimal. Terlebih hama di paprika sangatlah banyak terutama hama berjenis "Minta Gratis" hahaha.

Paprika yang memiliki rasa sedikit pedas tapi ada rasa asam dan manis seperti tomat memiliki kalori yang rendah tapi kaya akan vitamin dan nutrisi. Seperti Vitamin A dan C serta kaya akan serat, asam folat dan juga kandungan kalium yang dapat membantu melawan penyakit.

6. Bayam
Bagi urban farmers pasti sudah pernah nanam bayam kan, pastinya sudah ya sob. Bayam ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh, asal media tanam rockwool nya tidak terlalu basah dan benih tidak kadaluarsa maka dapat dipastikan bayam akan mudah pecah tunas.

Bayam sudah sangat terkenal terlebih berkat kehadiran film Popeye si Pelaut dimana memakan bayam membuat popeye menjadi kuat hahahaha....

Diluar film tadi bayam sangat kaya akan antioksidan. Sumber protein, zat besi, vitamin dan juga mineral yang baik untuk tubuh.
Vitamin yang terkandung di daun bayam cukup banyak macam nya dan memiliki kandungan yang lumayan banyak, seperti vitamin A, C, K, E, Magnesium, asam folat, Cu (tembaga), Zinc dan banyak  lagi kandungan lainnya yang menjadikan bayam adalah sayuran hijau tersehat. Daun bayam sanga berkhasiat untuk melindungi jantung, menurunkan kadar kolesterol, melancarkan pencernaan, mengurangi penuaan dan menyediakan zat besi yang banyak untuk tubuh terutama pembentukan sel darah merah yang baru.

7. Strawberry
Buah yang berwarna merah, memiliki rasa manis dan asam ini sanga tmudah tumbuh dan berkembang biak, tempat hidup strawberry biasanya berada di tempat basah yang membuat buah ini sangat cocok untuk di tanam dengan metode hidroponik.

Dengan nutrisi dan perawatan yang baik akan membuat strawbery hidroponik menghasilkan buah yang besar daripada ditanam di tanah dan dapat dipanen sepanjang tahun. Strawberry kaya akan antioksidan dan juga vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh (immunitas). Selain itu buah strawberry juga  berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah yang tinggi.

8. Kale
Kale dinobatkan sebagai raja nya sayuran karena sejauh ini sangat banyak sekali ditemukan kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Bahkan beberapa kandungan nya disebutkan memiliki kandungan obat yang sangat kuat.

Kale yang rendah kalori ini mengandung Vitamin dengan dosis yang tinggi seperti A, K, C, B6, Mangan, Calcium, Cupper, Magnesium dan Kalium. Selain itu pada daun kale juga terkandung vitamin B1, B2, B3, zat besi, dan juga phosphat. Pada setiap helai daun kale terkandung lemak baik yang mengandung omega 3.

Kale juga kaya akan antioksidan seperti beta-carotene, flavonoids dan polyphenols. Dengan kandungan antioksidan yang banyak itu kale dapat memperlambat efek penuaan dini, mencegah dan mengobati berbagai penyakit seperti penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, anti depresi termasuk juga anti kanker.

9. Basil
Basil lebih tergolong ke herbal dan seperti tanaman herbal lainnya, tidak dibutuhkan tempat yang luas dan memiliki perawatan yang mudah. Basil sangat mudah berkembang biak.

Untuk bibit basil dapat dengan mudah diperoleh di online shop atau di komunitas hidroponik di dekat rumah sobat sekalian.

Basil memberikan manfaat untuk mengatasi pembengkakan dan peradangan berkat tingginya kadar antioksidan. Selain itu mengkonsumsi daun basil juga terbukti dapat melawan efek penuaan dini.

10. Seledri
Daun seledri sangat mudah tumbuh, bermodal kan sepotong rockwool dan secolek benih seledri saja nutrisi abmix sayur daun sebanyak 600 ppm (max) seledri akan tumbuh subur tentunya dengan sinar matahari yang mencukupi.
dalam waktu 1 bulanan seledri akan dapat di panen seminggu 2 kali, yup seledri sangat mudah sekali tumbuh, cukup dengan

Seledri sangat kaya akan vitamin C, K dan protein. Selain itu memiliki kandungan magnesium, zat bsi dan serat yang cukup tinggi. Dengan kandungan ini seledri dapat membantu mengatasi peradangan, kolesterol tinggi, sariawan, membersihkan ginjal, menguatkan LIBIDO nih sob dan banyak lagi perawatan pengobatan yang bisa dilakukan menggunakan daun seledri ini sob.

Sekian dulu sob artikel 10 Sayuran dan buah hidroponik yang bermanfaat bagi tubuh manusia, Jika sobat penasaran apakah itu nutrisi AB-MIX atau penasaran bagaimana peracikan Nutrisi AB-MIX.

Kita sambung di artikel lainnya sob ya... ciaooo.

0 Response to "10 Sayuran dan Buah Hidroponik yang bermanfaat bagi tubuh manusia"

Posting Komentar