Cara Print MS Word 2007, 2010, 2013, 2016

10.00
Kali ini di blog ini kita akan sharing sedikit bagaimana sih cara print di Microsoft Word atau yang biasa di singkat MS Word. Microsoft Word sendiri adalah salah satu aplikasi pengetikan yang berada di paket Microsoft Office, biasanya dalam satu paket selain MS Word ada juga MS Excell, MS Outlook dan MS  Power Point (untuk paket terendah).





Pada tampilan nya mulai dari Office 2007-2010-2013 ada kemiripan yang lumayan mirip, letak menu File ada di pojok kiri atas. Untuk memulai proses print dilakukan dengan klik menu File tersebut.





Setelah menu File di klik, lanjutkan dengan menekan menu Print pada sub menu nya. nanti akan ada jendela yang muncul seperti di bawah ini.

Pada sub-menu print ada banyak sekali pengaturan yang bisa di setting untuk memastikan hasil print atau hasil cetak sesuai dengan yang sobat inginkan.

  • Tombol Print, tekan tombol ini jika settingan sudah sesuai dengan yang sobat inginkan dan untuk langsung print saja sesuai settingan yang ada.
  • Copies, masukkan angka lebih dari 1 jika sobat menginginkan mesin printer mencetak lebih dari 1 hasil print nya.
  • Printer, pada drop down ini sobat bisa memilih printer yang ingin digunakan untuk mencetak, biasanya untuk skala rumahan sudah ada default 1 printer saja, kecuali di kantor atau instansi yang memiliki lebih dari 1 printer.
  • Pages, pada menu ini sobat dapat menentukan akan melakukan print out pada semua halaman atau hanya halaman tertentu saja dengan cara sbb :
    1. Untuk mencetak halaman 3 saja maka sobat bisa memasukkan angka 3 ke dalam inputan pada pages.
    2. Untuk mencetak halaman 3-5 saja sobat bisa memasukkan angka dengan format sebagai berikut 3-5 ke dalam inputan pages.
    3. Untuk mencetak halaman 2,8,10,12 saja sobat bisa memasukkan angka dengan format sebagai berikut 2,8,10,12 ke dalam inputan pages.


  • Pada menu setting selanjutnya adalah pilihan untuk melakukan print pada satu sisi atau bolak balik, kebanyakan hasil cetak dilakukan pada salah satu sisi saja, sehingga pilihan print manual bolak balik jarang dilakukan, karena cukup repot setiap 1 lembar print dihasilkan, kita harus memasukkan kertas yang sama tapi dibalik ke dalam printer dan menekan continue untuk lanjutkan print.
  • Collated atau Uncollated, jika sobat memilih Collated saat mencetak 3 duplikat maka hasil cetak akan berurutan berkelompok, misalnya halaman 1,2,3,4 dari 1 cetak, kemudian cetak ke dua akan berurutan 1,2,3,4 dan begitu juga dengan hasil cetak ke 3. Akan tetapi jika memilih uncollated maka hasil akan menjadi halaman 1,1,1 lalu halaman 2,2,2 dan halaman 3,3,3.
  • Orientasi, jika sobat memilih portrait orientation maka tampilan hasil cetak akan seperti buku biasa, memanjang ke bawah. Tapi jika sobat mengubah menjadi Landscape maka hasil cetak akan memanjang ke samping, hasil percobaan pergantian akan terlihat langsung di print preview jadi tidak perlu mencetak untuk melihat perkiraan hasil.
  • Ukuran Kertas, rubah nilai ini menyesuaikan ukuran kertas yang sobat pergunakan, jika sobat menggunakan kertas A4 silahkan rubah menjadi A4.
  • Margin, margin adalah jarak dari pinggir kertas ke tulisan, berapa inch atau cm ataupun dalam satuan mm. Dengan mengatur angka pada margin ini nantinya bisa di atur jarak dari atas, kanan, kiri dan bawah utnuk menentukan lokasi yang terdapat hasil cetak.
  • Page per sheet, pada menu ini sobat dapat mencetak beberapa lembar di MS Word ke dalam 1 lembar kertas saja, misalkan sobat memilih 4 pages per sheet, maka nanti dari halaman ke 1 sampai dengan halaman ke 4 pada MS Word akan tampil di hasil cetak halaman 1. Biasanya menu ini di gunakan untuk membuat kertas presentasi yang dibagikan ke peserta.
Jika semua settingan sudah sesuai dengan keinginan sobat, maka langsung saja tekan tombol PRINT nya sob, jangan lupa pastikan printer sudah menyala, tinta dan kertas nya sudah terisi, percumah saja sobat membaca artikel ini dari atas ke bawah sampai selesai jika kertas dan tinta belum di isi ke printer.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Print dengan Microsoft Word 2007, 2010, 2013, dan 2016 ini ya sob barangkali mau baca artikel yang lain sob silahkan ke homepage.

0 Response to "Cara Print MS Word 2007, 2010, 2013, 2016"

Posting Komentar