Apa itu .DOCX dan apa perbedaan nya dengan .DOC di Format File Microsoft Word

06.00
Halo sobat yang selalu kepingin tau, kali ini saya mau share sedikit pengetahuan mengenai Extension file yang dipergunakan Microsoft Word yaitu DOC dan DOCX, pasti kalian sering melihat extension ini dan tiba-tiba teringat kalau di Word 2007 mulai hadir extension .DOCX ini.

Sejak awal kemunculan nya Microsoft sudah menggunakan extension .DOC untuk format file yang mereka gunakan, bahkan sebelum jaman nya Microsoft Office Word, dulu namanya masih Word Star. Lalu muncul pertanyaan apakah perbedaan diantara kedua extension itu dan format mana yang akan sobat pakai untuk aktifitas sehari-hari.

Sejarah Format DOC

Lebih dari 30 tahun lalu format DOC hadir dan dipergunakan oleh Microsoft bahkan sebelum lahirnya Windows (tepatnya pada 1983). Seperti halnya dengan ke eksklusif an nya windows, format doc pun juga sama eksklusifnya. Dari awal hadirnya format doc hanya dapat dipergunakan oleh aplikasi Word saja hingga pada tahun 2006 mulai dibuka ke publik dengan lahirnya format docx.

Sejak tahun 90 an lahir beberapa produk yang berusaha bersaing dengan Microsoft Word dan produk tersebut dibuat untuk dapat bekerja dengan format doc, walau jika dibandingkan dengan Microsoft Word format doc kurang cocok dan memiliki hasil akhir yang berbeda. 

Lambat laun Microsoft Office suite yang terdiri dari Word, Excell, Power Point menjadi standard baku dalam software kantoran. Yang akhirnya berkat format doc yang hanya bisa beroperasi dengan baik di Word saja ini membuat Microsoft mendominasi dunia software untuk perkantoran mengalahkan beberapa pesaing nya seperti Corel WordPerfect, Open Office, WPS dan masih banyak lagi.

Hingga tahun 2008 microsoft sudah beberapa kali merilis update terhadap format DOC agar dapat dipergunakan dengan aplikasi yang lain, walau tidak semua fungsi tingkat lanjut dapat digunakan pada format terbuka ini.

Setelah tahun 2008 format doc hadir di berbagai aplikasi pengolahan kata baik yang berbayar maupun gratis. Program tersebut dapat bekerja dengan baik pada format doc (format lama). Kebanyakan pengguna tetap memilih format doc sebagai format penyimpanan file dengan alasan khawatir penerima file tidak dapat membaca format docx.

Standard baru yang menggantikan format DOC diberi nama :Office Open XML, format ini ber ekstension DOCX yang membawa beberapa keunggulan seperti file yang lebih kecil, kecil nya peluang file menjadi korup, dan kemampuan kompresi gambar yang lebih bagus.

Pada awal kehadirannya di Word 2007, banyak orang yang berasumsi Word 2007 memaksa orang untuk menghentikan penggunaan versi lama, karena versi Word lama seperti Office 2003 tidak dapat membaca format baru yang hadir pada Word 2007 ini, walau realitanya Micorosft mengeluarkan patch agar Word 2003 dapat membaca DOCX.

Pada perkembangan nya DOCX menjadi standard baru format Office Suite walau tidak se universal format DOC. Hal ini justru kareng dukungan kehadiran saingan dari Microsoft sendiri yang justru malah memiliki kompatibilitas penuh dengan DOCX dibandingkan dengan DOC.

Pilih mana DOC vs DOCX ?



Format DOCX memiliki lebih banyak keunggulan dalam segala aspek. Format ini membuat file yand di simpan menjadi lebih kecil dan ringan sehingga file lebih mudah di kirim dan juga di buka. Dengan format Office Open XML yang memungkinkan format file bisa di akses oleh program word processor apa saja bahkan oleh aplikasi online Google Docs. Sehingga pilihan jatuh kepada DOCX dibanding DOC kecuali ada kebutuhan mengakses file lama yang belum di rubah format nya.


Sekian dulu Sharing Singkat DOCX vs DOC Pilih Format File Word yang mana











   


0 Response to "Apa itu .DOCX dan apa perbedaan nya dengan .DOC di Format File Microsoft Word"

Posting Komentar