Khasiat Hebat Daun Kelor Untuk Kesehatan Manusia

14.42
Daun kelor atau yang lebih di kenal dunia dengan nama Moringa oleifera adalah tanaman yang telah di kenal luas sejak ribuan tahun silam karena efek yang dimiliki nya terhadap kesehatan tubuh manusia. 

Daun ajaib ini telah banyak di teliti di berbagai penjuru dunia sehinga daun kelor ini di gadang-gadang dapat mengobati lebih dari 300 penyakit yang menyerang manusia bahkan tidak menutup kemungkinan di kemudian hari akan lebih banyak penyakit yang dapat diobati oleh tanaman kelor ini.

Daun Kelor yang sangat berguna untuk kesehatan manusia
Daun Kelor / Morringa Leaves
Sebagai informasi setiap 100 gram daun kelor mengandung :
  1. Lebih dari 8 gram Protein.
  2. Lebih dari 400 mg Kalium.
  3. 164 mg Vitamin C.
  4. 738 g Vitamin A.
  5. Dan juga hampir 450 mg Kalsium.
  6. Daun kelor juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B7, K, E dan D.



Pantaslah daun kelor jika diberi gelar superfood, karena selain mengandung vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh manusia masih adalagi kandungan yang bermanfaat bagi manusia seperti berbagai asam amino berikut :
Manfaat daun kelor untuk kesahatan manusia
Manfaat daun kelor / Moringa leaves
  • Threonine, khasiat asam amino secara klinis dapat membantu melancarkan metabolisme dan mencegah lemak menumpuk di liver serta membantu proses pencernaan manusia.
  • Isoleucine, asam amino yang ini dapat membantu meningkatkan kesehatan otak manusia dan juga menghasilkan energi untuk tubuh.
  • Leucine, memaksimalkan kinerja isoleucine untuk menghasilkan energi untuk tubuh manusia.
  • Phenylalanine, kandungan yang satu ini bisa meningkatkan kinerja sel-sel syaraf di otak dan meningkatkan daya ingat. Selain itu juga asam amino ini berefek mengurangi rasa lapar nih sob (perut keroncongan di saat belum waktunya makan).
  • Tryptophan, kandungan yang satu ini memiliki efek memperbaiki mood kamu nih sob, mengurangi rasa depresi, galau, susah tidur, sampai juga mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh dan mengurangi resiko serangan jantung.
  • Lysine, memaksimalkan penyerapan kalsium ke dalam tulang manusia, menguatkan antibodi dan mengatur sejumlah besar hormon dan menghambat pertumbuhan sel virus.
  • Methionine, ini menjadi salah satu sumber sulfur bagi tubuh manusia yang berguna untuk menurunkan kolesterol, kandungan ini juga membantu kinerja hati, ginjal dan menjaga kulit, rambut dan kuku agar tetap sehat.
  • Valine, ini bukan obat penenang ya sob, walau fungsi mirip-mirip bisa menenangkan pikiran.
  • Asal Oleic, asamyang terkandung di biji kelor ini terbukti dapat mengurangi inflamasi.
  • Selain asam amino di atas, sebenarnya masih banyak lagi kandungan lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan manusia. Seperti histidine, alanine, asam glutamic, arginine, cysteine, proline, asam aspartic, glycine, serine dan tyrosine.



Tanaman kelor dapat dimanfaatkan hampir semua bagian nya baik sebagai bahan pangan langsung ataupun sebagai campuran obat, mulai dari daun, biji, akar dengan kegunaan masing-masing sebagai berikut :

  • Daun kelor 

Daun kelor digunakan untuk mengobati asthma, hyperglycemia, Dyslipidemia, flu, heart burn (rasa sakit seperti terbakar di dada), syphilis, malaria, pneumonia, diarrhoea, headaches, scurvy, penyakit kulit, bronchitis, infeksi mata dan telinga. Juga dapat mengurangi tekanan darah dan kolesterol. Berfungsi juga sebagai anti kanker, anti mikroba, antioksidan, menurunkan gula darah dan anti-atherosclerotic agents, neuroprotectant.

Di beberapa kasus malnutrisi daun kelor tidak dapat dijadikan obat untuk perawatan karena pada daun kelor mengandung anti nutrisi yang tinggi sehingga mengurangi penyerapan protein dan mineral oleh tubuh.


  • Biji Kelor

Biji kelor dapat digunakan untuk pengobatan hyperthyroidism, penyakit chrohn’s, herpes, epilepsi dan beberapa penyakit yang ditularkan melalui seksual. Biji kelor juga memiliki fungsi anti bakteri dan anti inflamatory.


  • Akar Kelor

Akar kelor juga bermanfaat sebagai  berguna untuk memacu kinerja jantung, mengatasi luka pada usus 12 jari dan lambung, serta mampu mengurangi pembengkakan pada kulit.


  • Rumah Benih Kelor  

Walaupun kandungan vitamin dan mineral pada rumah benih kelor (kulit buah) lebih rendah di bandingkan dengan deun kelor tapi rumah benih kelor kaya akan vitamin C. Selain itu dapat dimanfaatkan untuk mengobati diare, penyakit pada liver (hati), limpa dan sakit pada persendian.


Di luar negeri nih ya sob, daun kelor kering banyak di jual sebagai suplemen makanan tambahan baik dalam bentuk serbuk ataupun kapsul dan harganya selangin. Di Indonesia sendiri sejak dulu tanaman kelor dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti memberi makan ternak, sayur bahkan juga obat baik sebagai herbal maupun obat ghoib hehehehe... 

Oleh karena kegunaan nya dan banyak nya ketersediaan kelor di Indonesia. Mulai banyak negara yang melirik ketersediaan daun kelor di Indonesia. 

0 Response to "Khasiat Hebat Daun Kelor Untuk Kesehatan Manusia"

Posting Komentar