hidroponik sederhana Cabe di Botol

20.38


Lanjut lagi ini hasil laporan praktek hidroponik sederhana saya setelah beberapa bulan mencoba melakukan penanaman cabe dengan menggunakan botol air mineral bekas berukuran 1500 ml.

Mari kita mulai sob dalam tema sharing hidroponik cabe sederhana kali ini.

Pertama mari kita kumpulkan peralatan untuk membuat agar botol air mineral bekas bisa menjadi pot cantik untuk tanaman hidroponik cabe sekaligus tidak usah beli cabe lagi.


Kita List bahan - bahan nya :
  1. Botol air mineral (minimal 1500 ml). 
  2. Gelas bekas air mineral / gelas minuman ringan, minimal yang berukuran 250 ml.
  3. Siapkan kain flannel dengan panjang 15-20 cm dengan lebar 1.5-2 cm (untuk sumbu).
  4. Siapkan Bibit cabe yang telah siap dipindah. (baca link ini  untuk penyemaian benih cabe).
  5. Siapkan nutrisi daun (untuk sebulan pertama tanaman cabe akan menggunakan nutrisi yang fokus ke pembentukan daun.
  6. Nutrisi Buah / Cabe. setelah sebulan atau mulai belajar berbunga baru diganti ke nutrisi khusus buah atau nutrisi hidroponik khusus cabe.


  • Menyiapkan Media Botol Cabe Ponik
Nah sob, kalau sudah siap semua alat-alatnya mari kita kemon lanjutkan ke langkah berikutnya. Telanjangi botol air mineral nya biar merk ga keliatan, ntar di kira promo ya sob. hehehe

Botol Air Mineral yang sudah telanjang tanpa merk
Botol Air Mineral yang sudah telanjang tanpa merk
Potong bagian atas botol, hati-hati motong nya lho ya, potong sekiranya gelas air mineral sebagai netpot nya bisa masuk aja ya sob, jangan kegedean jangan kekecilan nanti seret bin rered.

Botol yang sudah di potong
Botol yang sudah di potong
Besar lubang pas untuk gelas / netpot
Besar lubang pas untuk gelas / netpot
Pada botol air mineral jangan lupa di cat untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam botol, jika banyak cahaya matahari yang masuk air nutrisi akan banyak lumut nya sob, dan juga lubangi di tengah botol untuk membuang air berlebih seperti pada gambar berikut :
Botol di cat dan di luangi 



  • Siapkan netpot dari gelas minuman ringan
Siapin netpot nya, untuk membuat lubang-lubang jaring bisa pakai solder (kalau pakai punya orang tua / saudara / kawan baeknya ijin dulu). Panasin solder dan tusuk tusuk secukupnya, sekalian buat lubang panjang sekitar 3 cm an panjang nya untuk memasukkan dan nyelipin kain flannel untuk sumbu nya.
Netpot dari gelas
  • Potong Kain Flannel
Potong kain flannel secukupnya, panjang kira kira 20 cm dengan lebar 2-3 cm saja, jangan lupa nanti sebelum tanaman masuk ke gelas, basahi dulu kain flannel nya karena terkadang kain flannel tidak bisa merambatkan air karena terlalu kering, jadi harus di pancing ya sob.

Pasang kain flannel untuk sumbu
Pasang kain flannel untuk sumbu

  • Siapkan benih
Di sini saya menggunakan cabe jenis rawit untuk gorengan, sobat hidro bisa pake apa aja sih, cabe dapur juga bisa, mau pakai cabai hias bisa, cabai jumbo bisa, suka-suka aja, hidroponikers mah bebas ga ada yang larang, untuk media tanam cabe hidroponik saya menggunakan rockwool cultilene.

Jika susah mendapatkan rockwool bisa menggunakan busa, sekam bakar atau benda lain yang bisa menyimpan air dalam beberapa waktu dan sekiranya akar mudah menembus nya. Usia bibit cabai dari semai berkisar 15-21 harian dari semai.
Semaian cabe rawit pedessss
Semaian cabe rawit pedessss

  • Siapkan Nutrisi
Berhubung tanaman cabe hidroponik saya ini masih masuk di fase vegetatif (masa pembentukan daun) saya menggunakan nutrisi daun / sayur agar menunjang perkembangan daun dan batang sebelum masuk masa berbuah. Di sini saya menggunakan nutrisi hidroponik racikan sendiri G-Mix Ab-Mix Sayur Batang Daun sebanyak 800 PPM, untuk kedepannya nutrisi saya turunkan sampai 500 ppm dan hasil buah tetap memuaskan (Nutrisi Buah).

Nutrisi Ab-Mix sebesar 800 PPM
Nutrisi Ab-Mix sebesar 800 PPM


Pemberian Air AB-Mix ke dalam tiap botol


  • Penampakan sebelum botol di cat
Kalau sobat bingung ini ada beberapa botol yang sengaja tidak saya cat dulu jadi bisa lihat penampakan nya, di sini setelah pohon cabe lebih tinggi dari gelas saya kasih sekam bakar dan juga ada yang pakai kerikil / pecahan genteng yang berguna untuk pemberat dan penstabil pohon cabe biar gak jatuh.

Penampakan cabe di botolin yang belum di cat
Penampakan cabe di botolin yang belum di cat


  • Peletakan Bibit Cabe
Nah, jika cat sudah kering, sudah di isi nutrisi dan sumbu sudah basah benih bisa dipindah ke botol, pastikan rockwool / akar menempel dengan sumbu dari kain flannel agar air bernutsisi bisa di serap tanaman.


Tanaman saya pindah karena terkena matahari langsung malah membuat air di botol panas sehingga beberapa tanaman tewas karena akar kepanasan. Kelemahan sistem botol adalah saat terpapar matahari terlalu lama. Selain itu saya pindah ke pagar rumah agar mudah mengikat nya jadi pohon cabe nya tidak ambruk.


Ini adalah hasil panen yang entah keberapa dari beberapa pot tanaman cabe hidroponik (5-8 pot) yang saya miliki, untuk sekedar info, tanaman cabe ini diberikan air ber nutrisi AB-Mix sebesar 400-500 ppm saja, penambahan dilakukan secara mingguan.


Berikut ini adalah cabe yang di tanam di stereofoam box bekas anggur yang diberikan nutrisi 500 ppm an saja


Sekian dulu ya sob, cara membuat hidroponik sederhana untuk tanaman cabe di botol bekas minuman 1500 ml, nanti akan saya share lagi hasil percobaan hidroponik sederhana lainnya.

0 Response to "hidroponik sederhana Cabe di Botol"

Posting Komentar