Merubah Word ke PDF dengan Cute PDF

10.00

Kali ini saya mau share ke sobat semua sebuah aplikasi gratisan yang bisa di download dan di install dan di pakai dengan bebas, tanpa watermark tanpa iklan. Sofwtware ini bernama CutePDF yang memiliki kegunaan untuk merubah ke PDF dari file apapun karena cara merubah nya dengan melakukan print out. 

Kenapa sih harus di ubah ke PDF, karena file di PDF akan memiliki format standard yang sama di semua aplikasi apapun baik itu aplikasi PDF Reader dan juga sistem operasinya.

Di kasus saya mengenai alasan saya menggunakan PDF karena pernah saya membuat tulisan di Microsoft Office 2010 dan saya harus menumpang nge print di PC yang menggunakan Microsoft Office 2003 tapi format file nya berubah, tidak ada spasi jadi harus di rubah rubah lagi dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Langsung saja ya sob kita mulai dari link alamat, cara install dan cara penggunaan dari software besutan Acro Software yang satu ini.

  • Link Download.

Software CutePDF ini dapat di download di CutePDF.com, langsung saja klik link di atas untuk memulai download software yang sangat bermanfaat ini.

Penampakan Download CutePDF Writer yang Free
Penampakan Download CutePDF Writer yang Free
  • Install Aplikasi CutePDF Writer Free nya sob


Klik dua kali/ double klik aja ya sob langsung setelah di download, terus klik aja "Run" untuk melanjutkan proses instalasi nya sob.

Setelah klik "Run" akan ada penampakan yang menanyakan apakah anda setuju dengan agreement / perjanjian penggunaan software ini sob, langsung aja klik "I accept the agreement"



Di sini sobat bisa menyesuaikan lokasi penyimpanan aplikasi, mau di rubah atau di simpan dimana terserah sobat dah, kalau mau lokasi default langsung aja klik "Next" dan lanjut klik install untuk memulai instalasi yang sesungguh nya ya sob, yang tadi di atas baru pemanasan alias Warming Up.



Tepat setelah instalasi selesai, CutePDF akan meminta akses untuk mendownload PS2PDF Converter yang berada di website mereka yang hukumnya wajib, silahkan klik Yes untuk memulai download.
setelah selesai instalasi, silahkan sobat buka menu "device and printers" dari start menu. 

Jika sudah ada printer yang bernama CutePDF Writer berarti instalasi sukses sob, untuk menjadikan printer CutePDF Writer sebagai default printer langsung klik kanan di printer dan pilih "set as default printer" sehingga saat melalukan pencetakan / print dari aplikasi apapun akan langsung menghasilkan file PDF. Gampang toooo..


Setting Printer Default
Setting Printer Default


  • Uji Coba Print

Sekarang kita uji coba nih ya sob si software pembuat PDF ini, kita buka file yang akan di buat PDF nya dulu, lanjut tekan menu print dan print seperti biasa apakah 1 halaman saja ataukah semua halaman. Lalu tekan print untuk memulai proses perubahan.


Setelah beberapa waktu akan ada jendela yang terbuka yang menanyakan akan di simpan di mana file PDF hasil konversi tadi. Kalau saya di simpan di My Documents saja biar mudah nyari nya.


Setelah selesai proses nyimpan, lanjut kita cari sob di my document ada tidak file PDF nya sekalian kita coba buka dengan PDF Viewer kesayangan, Acrobat Reader hehehehe... dan ternyata nampaklah di my document sebuah File PDF baru dengan nama yang sama saat proses penyimpanan diatas tadi 64 .


Setelah ada kita coba buka dulu ya sob, dan tampaklah sebuah bentangan file yang ada di bawah ini sob, file nya bisa terbuka dan bisa terbaca.

Keunggulan PDF Writer bernama Cute PDF ini selain bebas dari watermarks, bisa merubah ke PDF dengan jumlah lembaran yang tidak terkira, bebas iklan, adalah bisa di password.


Perhatikan gambar di atas, ada menu yang bertuliskan "Add Passwords" artinya document PDF nya bisa di password sob, jadi file sobat bisa aman saat di distribusikan ke penerima.

Sekian dulu informasi hari ini, Sampai jumpa di tips dan trik Berkomputer lainnya

0 Response to "Merubah Word ke PDF dengan Cute PDF"

Posting Komentar